Resep Masak Udang Asam Manis yang Mudah dan Praktis

Udang merupakan salah satu kekayaan laut yang banyak terdapat di Indonesia.masak udang asam manis pun sangat mudah. Selain dikonsumsi sebagai lauk pauk, udang juga dikonsumsi sebagai bahan makanan lain, contohnya terasi dan kerupuk.

Nah kali ini saya akan kasih tau cara masak udang asam manis yang bisa kamu buat dirumah.Sebelum saya kasih tau cara masak udang asam manis,kita harus tau dulu manfaat memakan udang.

Kandungan Gizi dan Manfaat Makan Udang

Salah satu manfaat makan udang yaitu kandungan proteinnya yang termasuk rendah lemak. Dalam takaran 3 ons (kurang lebih 15 sampai 16 udang besar) mengandung 101 kalori, 19 gram protein dan hanya 1,4 gram lemak total.

Di dalam daging udang juga terdapat kandungan kalsium, potassium dan fosfor yang merupakan sumber vitamin A dan E baik untuk tubuh.Selain itu, lemak pada udang merupakan sumber lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh.

Lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Sama halnya dengan ikan, udang pun merupakan sumber makanan dari laut yang mengandung asam lemak omega 3.

Lemak omega 3 alami diketahui dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantungU.S Department of Agriculture menyarankan publik untuk makan minimal 8 ons makanan laut segar yang dimasak setiap beberapa kali dalam seminggu.

Bahaya Makan Udang Kalau Kebanyakan

Meskipun mengandung protein baik bagi tubuh, makan udang juga mengandung kolesterol yang tinggi, lho! Seporsi kecil 3,5 ons udang memasok sekitar kurang lebih 200 mg kolesterol untuk tubuh dalam sekali makan.

Bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung, angka ini berarti sudah sangat memenuhi jatah asupan kolesterol untuk sehari penuh. Untuk orang lain, 300 mg kolesterol adalah batasan wajarnya.

Selain itu, mengingat udang merupakan hasil makanan laut yang sering banget di ekspor-impor ke berbagai wilayah belahan dunia, kadang dalam proses pengiriman pada udang, udang harus diawetkan menggunakan bahan-bahan tertentu.

Salah satu pengawet yang biasanya digunakan untuk udang adalah 4-heksilresorinol, pengawet ini digunakan untuk mencegah perubahan warna pada udang.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Chemical Society menemukan, bahwa 4-heksilresorinol ini mengandung zat yang namanya zat xenoestrogen.

Zat ini memiliki efek yang terbukti untuk meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita dan mengurangi jumlah sperma pada pria.

Sedangkan sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan di Environmental Health menemukan bahwa paparan lingkungan terhadap xenoestrogen dikaitkan dengan beberapa bahaya kanker seperti kanker paru-paru, ginjal, pankreas dan otak.

Makan Udang Kebanyakan Bisa Bikin Tubuh Kelebihan Sodium

Memang banyak manfaat saat anda memakan udang yang bisa didapatkan untuk kesehatan .Namun, kebanyakan memakan udang juga bisa berbahaya bagi tubuh. Pasalnya, udang adalah sumber makanan yang mengandung sodium cukup tinggi.

Tiga ons udang memiliki kira-kira 805 mg sodium. Sebagai perbandingan, satu sendok teh garam mengandung sebanyak 2.000 miligram sodium. Jadi, hati-hati saat akan menambahkan garam dalam menu udang Anda.

karena sedikit saja menambakan sodium bisa membuat Anda melewati batas yang dianjurkan setiap hari.Mengonsumsi sodium kebanyakan bisa meningkatkan risiko hipertensi, penyakit jantung dan osteoporosis.

WHO merupakan organisasi kesehatan dunia, merekomendasikan batasan asupan sodium pada orang dewasa dalam sehari hanya butuh 2.300 mg. Itu pun belum terhitung untuk lauk pauk lainnya.

Manfaat Udang Untuk Kesehatan Manusia

1. Mencegah Penyakit Kanker

Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker sangat ditakuti oleh banyak orang karena sangat mematikan. Untuk mencegah penyakit ini beragam cara dilakukan salah satunya dengan mencukupkan kebutuhan mineral tubuh seperti selenium yang banyak juga terkandung pada udang goreng.

2.Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Protein pada udang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku,Supaya tidak cepat menua.

3. Baik Untuk Kesehatan Otak

Baik Untuk Kesehatan Otak

Mengonsumsi udang goreng dapat memberikan nutrisi penting pada otak seperti omega-3 sehingga menjadikan otak menjadi sehat dan berkembang  sangat dengan baik.

4.Mencegah Anemia

Mencegah Anemia
Udang memiliki vitamin 21% vitamin B12. Vitamin ini berfungsi untuk nutrisi pendukung memproduksi sel-sel darah merah dan mencegah penyakit  anemia.

5. Membantu Menyeimbangkan Kadar Hormon Dalam Tubuh

Membantu Menyeimbangkan Kadar Hormon Dalam Tubuh

Tingginya kandungan protein pada udang goreng sangat bermanfaat untuk membantu tubuhnya dalam memproduksi hormon.

Tidah hanya sampai disitu protein juga sangat membantu menyeimbangkan kadar hormon pada tubuh sehingga tidak ada yang berlebihan. Untuk memaksimalkan sebaiknya konsumsi udang dibarengi dengan melakukan olahraga secara teratur.

6.Meningkatkan Energi

Meningkatkan Energi

Udang kaya akan zat besi yang bermanfaat sebagai meningkatkan energi. Selain itu, niacin (vitamin B3) pada udang dapat memproses lemak, karbohidrat, dan protein dalam tubuh kita menjadi energy, sehingga mengkonsumsi udang secara teratur dapat meningkatkan kinerja kita sehari-hari

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk mencegah tubuh dari berbagai penyakit diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sangat baik. Ini bisa kita dapatkan dengan cara memakan udang goren, karena kandungan mineralnya yang cukup tinggi dan beragam.

8.Kesehatan Tulang

Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor merupakan dua zat yang bekerja sama untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Disarankan untuk memakan udang dengan kulitnya karena mengandung glukosamin yang bermanfaat untuk membentuk tulang yang rawan.

Bagi wanita menopause, memakan udang secara rutin akan menurunkan risiko menderita penyakit arthritis.

9. Sumber Omega-3

Sumber Omega-3

Omega 3 sangat penting dan bermanfaaat bagi tubuh namun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan yang kita makan.

Salah satunya dari udang goreng yang mengandung beragam omega-3 sehingga kebutuhan omega-3 tubuh kita terpenuhi dengan baik.

10. Mengurangi risiko depresi

Salah satunya dari udang goreng yang mengandung beragam omega-3 sehingga kebutuhan omega-3 tubuh kita terpenuhi dengan baik.

11.Mengurangi Resiko Hypothyro

Udang juga mengandung sejumlah tembaga tambahan yang bermanfaat bagi tubuh kita,apabila tubuh kita kekurangan asupan tembaga dapat menyebabkan penyakit hypothyroid.

Hypothyroidism adalah kerusakan kelenjar tiroid dimana kelenjar berhenti memproduksi jumlah normal hormon pada tubuh.

12. Diet Atau Menurunkan Berat Badan

Umumnya orang mengira bahwa udang sebagai makanan yang dapat menggemukkan karena tingginya kolesterol yang terdapat pada udang.

Hal ini sebenarnya keliru karena justru kandungan kalori pada udang tergolong rendah, yang menjadikan kalorinya melonjak naik adalah penggunaan minyak goreng yang sangat tidak tepat dan berlebihan.

Hal ini menjadikan udang yang diolah dengan benar dapat dimasukkan dalam daftar menu diet karena kaya nutrisi yang diperlukan bagi tubuh namun rendah kalori.

13.Menjaga Kesehatan Mata

Udang mengandung astaxanthin yang  bermanfaat bagi mata untuk mengurangi efek buruk dari sinar matahari terhadap mata atau menjaga mata dari sinar radiasi.

14. Sumber Lemak Sehat

Udang mengandung mengandung lemak tapi jenis lemaknya yaitu lemak sehat sehingga dapat dijadikan sumber asupan lemak bagi tubuh.

Yang perlu dipehatikan ketika memakan udang goreng adalah pemilihan jenis minyak dan jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng udang sehingga yang masuk kedalam tubuh tetaplah jenis lemak sehat.

Tips Memilih Udang Segar 

Indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang sehingga hampir setiap propinsi berhubungan langsung dengan laut. Hidangan khas laut juga ikan dan lainnya yang hidup didalam air adalah jamak dihampir semua daerah.

Dan khusus jenis udang, negeri kita pernah  menjadi eksportir utama dunia dengan kualitas yang terbaik.Selama kualitas dan kesegarannya dapat dijaga, udang merupakan bahan hidangan asal laut memiliki protein tinggi dan segudang kebaikan untuk dikonsumsi.

Cara Memilih Udang yang Masih Lengkap Dengan Kepala ( utuh )

Udang yang dijual dengan bentuk seperti ini umumnya mempunyai kesegaran yang paling prima. Sebab semua bagian tubuhnya masih utuh.
Jadi udang dalam bentuk ini merupakan pilihan yang terbaik.
Kepala udang merupakan bagian tubuh yang paling mudah menunjukkan apakah udang masih segar atau tidak.

Udang Utuh yang Masih Segar, Ciri-Cirinya Kurang Lebih Sebagai Berikut

– Udang yang masih segar bagian kepalanya maish kuat dan tidak mudah putus dari bagian badannya.
– Isi kepala belum pecah.
Bila kepala udang terlihat memerah itu berarti isi kepala sudah pecah.
( dan anda tentu tidak suka jika sampai keluar “otak udang” nya ).
– Kulit udang masih terasa keras, berkilat, kesat bila diraba dan tidak ada cacat pada kulit, seperti berupa kulit terkelupas atau noda hitam ( black spot ) pada kulit
– Bagian dagingnya masih terasa kenyal dan tidak lembek bila ditekan
– Tidak berbau amis yang menyengat dan busuk seperti Ammonia.

Cara Memilih Udang Tanpa Kepala yang Belum Dikupas

– isi kepala udang ( meski konon isinya cuma sedikit ) merupakan tempat sumber pertumbuhan bakteri perusak makanan. Karena itulah, udang yang sudah pecah isi kepalanya, kepala itu harus dibuang.
Sebab bila tidak, kepala udang akan memerah dan menjalar ke bagian tubuh sehingga akan lebih cepat busuknya.
– Karena sudah tidak punya kepala, pengecheckan harus dilihat pada bagian tubuh yang lainnya.
– Caranya, seperti yang di atas : kulit keras mengkilat, kesat, tidak cacat, daging kenyal, tidak lembek, dan tidak berbau amis menyengat.

Cara Memilih Udang Tanpa Kepala yang Sudah Dikupas Kulitnya

Udang dalam bentuk ini seharusnya menjadi pilihan yang terakhir atau karena terpaksa.Karena kesegaran udang dalam bentuk ini tentu saja, dibawah kedua bentuk udang di atas.
– Tubuh udang tidak memerah
– Dagingnya masih terasa kenyal.
Bila tidak ( agak keras ) ada kemungkinan udang ini berasal dari udang beku yang dicairkan secara cepat. Bila sudah lembek sebaiknya jangan dipilih.
– Tidak berbau amis menyengat.

Memilih dan Menyimpan Udang Beku

Jika memilih dan membeli udang beku, sebaiknya proses “thawing” ( pencairan ) dilakuan secara perlahan dengan mendiamkannya dalam lemari dingin bersuhu 5 – 10 ° C.
Dengan cara ini akan membuat tekstur daging udang tidak menjadi rusak, tetap kenyal ketika digigit, dan tidak kehilangan rasa, aroma yang alami dan tentu yang paling penting, nilai gizinya.
Udang dapat disimpan dalam lemari es bersuhu 5 – 10 ° C selama 2 hari.
Dan jika disimpan dalam rak pembeku ( freezer ) bisa bertahan sampai 1 bulan.

Gimana guys udah tau kan manfaat udang,tapi ingat guys jangan banyak-banyak makannya nggak baik buat tubuh.Setelah kalian tau manfaat udang,saya akan jelaskan cara masak udang asam manis yang mudah dan praktis.

Resep Masak Udang Asam Manis yang Praktis

Resep Masak Udang Asam Manis yang Praktis

Bahan-Bahan

  • 2sdm margarin
  • 500g udang pacet, belah punggung
  • 2sdm Bango Kecap Manis
  • air jeruk nipis 2sdm
  • 1sdm air asam jawa
  • 1sdt gula merah
  • Royco Kaldu Ayam 1sdt 

Bumbu halus

  • 8butir bawang merah
  • 6buah cabai merah
  • 4siung bawang putih
  • 1buah bawang bombay
  • 1buah tomat, buang biji

Cara Masak Udang Asam Manis

  1. Bumbu halus: Masukkan semua bahan ke dalam blender. Proses hingga halus.
  2. Panaskan margarin, tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Masukkan udang dan masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan Kecap bango Manis, air jeruk nipis, air asam jawa, gula merah, dan Royco Kaldu Ayam. lalu Aduk rata.
  5. Masak hingga udang matang. Angkat dan sajikan.

Resep Masak Udang Asam Manis yang Praktis

Resep Masak Udang Asam Manis yang Praktis

Bahan-Bahan

  • 300 gr udang, kupas kepala dan kulitnya
  • 1 buah jeruk nipis

Bumbu Halus

  • 1 buah wortel, potong korek api1 buah paprika, potong korek api (optional)
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah cabai merah, potong-potong
  • 1 buah cabai hijau, potong-potong
  • 5 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus tiram
  • Gula, garam dan merica secukupnya.

Cara Masak Udang Asam Manis

  1.  Lumuri udang dengan air jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 10 menit, bilas sampai bersih.Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu.
  2. Masukkan cabai merah dan hijau serta sayuran lain. Tumis sebentar, lalu tuang sedikit air.
  3. Masak sampai mendidih dan air habis.
  4. Masukkan udang kemudian masak hingga matang atau berubah warna.
  5. Tuang semua bahan saus dan tuang sedikit air. Masak sampai mendidih dan tercampur rata.
  6. Tambahkan gula, garam dan merica bubuk secukupnya. Masak hingga bumbu meresap dan sedap.

Resep Masak Udang Asam Manis Saus Tiram

Resep Masak Udang Asam Manis Saus Tiram

Bahan-Bahan 

  • 1/2 kg udang basah yang bagus
  • 3 siung bawang merah, diiris iris dulu
  • 2 siung bawang putih, diiris iris dulu
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 siung bawang bombay, diiris iris tipis dulu
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan mentega
  • 3 sendok makan kecap manis merek apa saja
  • bumbu penyedap secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Masak Udang Asam Manis Saus Tiram  Pedas

  1. Pertama-tama Udang dibersihkan dulu dengan cara dipotong potong sedikit pada ujung kepalanya, jangan dikupas kulitnya.kemudian Cuci bersih dan sisihkan.
  2. kemudian Bawang merah dan bawang putih dicuci terlebih dahulu sampai bersih kemudian digiling halus menggunakan blender.
  3. Siapkan wajan,kemudian masukan minyak goreng,lalu tambahkan mentega juga, tumis bawang bombay dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, hingga  tercium bau harum.
  4. Masukkan udang.
  5. kemudian Berikan kecap manis, saus tiram, garam dan bumbu penyedap, lalu aduk hingga merata.kemudian Goreng hingga matang.

Resep Masak Udang Asam Manis Saus Tiram Ala Restoran

Bahan-Bahan

  • 200 gr Udang segar
  • 1 genggam Kacang Kapri muda
  • 1/4 siung Bawang Bombay, iris tipis
  • 80 ml Air
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Udang Saus Tiram

  • 1 ruas Jahe, memarkan
  • 1 sdm Saus Tomat
  • 2 sdm Saus Sambal
  • 3 sdm Saus Tiram
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Udang Asam Manis Saus Tiram

  1. Goreng Bawang bombay hingga layu.
  2. Tambahkan jahe, kemudian tumis sampai harum.
  3. kemudian Masukkan kacang kapri dan 2 sdm air, masak sampai matang.
  4. Tambahkan udang segar, masak sampai berubah warna.
  5. lalu Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, merica, garam dan sisa air.
  6. Masak hingga bumbu merasuk dan agak kental.
  7. Angkat dan sajikan hangat.

Tips Cara Memasak Udang dengan benar

  1. Jika menumis atau menggoreng udang, masaklah udang dengan cara cepat menggunakan api besar untuk mempertahankan rasa asli manis dan gurih pada udang.
  2. Jika memasak udang dengan kulitnya sekaligus, masaklah udang agak lebih lama dibanding memasak udang yang sudah dikupas kulitnya.
  3. Untuk memasak udang rebus, masukkan udang ke dalam panci yang berisi air mendidih, tambahkan sedikit garam, dan tutup panci.kemudian Masak hingga mendidih sebentar sampai warna udang berubah menjadi kemerahan.
  4. Jika udang yang sudah direbus sudah matang, jangan diamkan terlalu lama didalam panci yang berisi air mendidih tadi. Langsung celupkan udang ke dalam air dingin atau air dengan suhu yang sedang agar proses masaknya terhenti. Jika didiamkan terlalu lama pada panci, udang akan mengeras dan menjadi matang.
  5. Jika udang sudah digoreng atau ditumis, setelah udang matang langsung letakkan di piring untuk mencegah proses masak yang berlanjut.
  6. Pilihlah bumbu masak yang tepat untuk membuat udang supaya menjadi semakin lezat.

Sudah tahu bagaimana tips dan apa saja jenis Udang yang akan digunakan, langsung saja dicoba memasak Udang asam manis ya guys dirumah. Cara masak Udang asam manis menjadi rekomendasi masakan Udang yang Enak dan mudah dibuat.so,selamat mencoba di rumah guys..