Modal Usaha Roti Bakar Yang Mudah Dan Cocok Untuk Usaha

Kali ini kita akan membahas mengenai modal usaha roti bakar. Nah disini kami berharap bisa jadi ide untuk kalian. Yuk simak ulasan dibawah ini !

Peluang Usaha

Peluang usaha terdiri dari dua kata yakni kata Peluang dan Usaha. Mana kata peluang yaitu kesempatan yang datang atau sesuatu yang dapat terjadi dan bisa menghasilkan keuntungan. Sedangkan arti kata usaha yaitu suatu perbuatan untuk mengarahkan tenaga dan pikiran dalam meraih target atau tujuan.

Peluang usaha diartikan sebagai kesempatan yang muncul di waktu tertenu yang dapat memberikan kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan apabila dalam kesempatan tersebut dilakukan suatu perbuatan dengan mengarahkan tenaga dan pikiran.

Ciri – Ciri Peluang Usaha Yang Baik

  1. Peluang usaha yang dciciptakan tidak meniru orang lain tetapi asli hasil riset dan pemikiran diri sendiri
  2. Peluang harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan di pasar
  3. Adanya keyakinan dapat mewujudkannya
  4. Peluang itu harus sesuai dengan kehendak
  5. Kelayakan usaha tersebut telah teruji
  6. Adanya rasa senang apabila menjalankannya

Peluang Usaha Roti Bakar

Peluang usaha roti

Roti bakar adalah cemilan yang tebuat dari roti tawar di tambah dengan bahan lain sebagai isinya seperti coklat, selai, keju, susu, pisang atau kornet. Roti bakar banyak disukai semua orang dari  tua, muda bahkan anak – anakpun sangat suka. Keberadaan Roti bakar dimana saja dan tidak mengenal waktu / musim.

Selain itu Roti Bakar dapat dinikmati semua kalangan karena harganya yang relatif murah. Oleh karena itu Roti Bakar dapat dijadikan referensi untuk memulai berwirausaha.

Kunci keberhasilan pada usaha roti bakar terletak pada inovasi-inovasi dalam hal rasa, tampilan dan pelayanan yang diberikan. Bagi anda yang ingin membuka usaha Roti Bakar, Kali ini akan saya bagikan tips, analisa usaha dan resep untuk membuat Roti Bakar untuk membantu anda dalam memulai usaha Roti Bakar.

Tips Usaha Roti Bakar Agar Laris :

Inovasi untuk menciptakan roti bakar yang tidak ada ditempat lain contohnya seperti membuat kombinasi cita rasa, membuat roti bakar rangkap tiga, membuat roti bakar dengan pelayanan sesuai pesanan pembeli, memberi diskon bagi yang membeli lebih dari  5 buah

Membuat daftar menu yang jelas, unik  dan mudah di lihat  pembeli akan lebih tertarik untuk mencoba, dapat juga memberi daftar menu dengan bentuk yang lain dari pada yang lainnya

Asumsi Analisa Usaha Roti Bakar Dengan Tenda

  1. Pertama periode masa pakai alat pembakaran 2 tahun
  2. Kedua periode masa pakai etalase 6 tahun
  3. Ketiga periode masa pakai tenda 2 tahun
  4. Keempat periode masa pakai peralatan masak 2 tahun
  5. Kelima periode masa pakai peralatan makan, minum 3 tahun
  6. Keenam periode masa pakai Kompor gas 2 tahun
  7. Ketujuh periode masa pakai meja, kursi  5 tahun

Perkiraan Biaya Investasi Yang Dibutuhkan

Alat pembakaran dari alumunium Rp.       800.000
Etalase ukuran sedang Rp.    2.000.000
Tenda Rp.    2.500.000
Peralatan makan minum : piring, garpu, sendok, gelas dan lain – lain Rp.       500.000

 

Peralatan masak : kipas, kompor, capitan roti Rp.    1.000.000

 

Meja . kursi dan lain – lain Rp.    1.500.000

 

Jumlah investasi

 

Rp.    8.300.000

 

Biaya Operasional Selama 1 bulan / 30 hari :

Biaya variabel Satuan Harga satuan Jumlah hari Total
Roti tawar 10 bungkus Rp.  10.000 30 hari Rp.   3.000.000
Selai kacang , nanas , coklat , dl 5 botol Rp.  10.000

 

30 hari

 

Rp.   1.500.000

 

Keju

 

5 Pak

 

Rp.  20.000

 

30 hari

 

Rp.   3.000.000

 

Mentega / margarin

 

1 Kg

 

Rp.  10.000

 

30 hari

 

Rp.      300.000
Susu kental manis

 

10 Kaleng

 

Rp.  10.000

 

30 hari

 

Rp.   3.000.000

 

Mie  instan rebus 1/2 Dos

 

Rp.  70.000

 

30 hari

 

Rp.   2.100.000

 

Mie  instan goreng

 

1/2 Dos

 

Rp.  70.000

 

30 hari

 

Rp.   2.100.000

 

Kornet , Meses , pisang , telur, dll

 

Rp.100.000

 

30 hari

 

Rp.   3.000.000

 

Kayu arang Rp.  15.000

 

30 hari Rp.      450.000

 

Keamanan dam tukang sampah

 

Rp.      100.000
Listrik

 

Rp.        50.000

 

Karyawan / tenaga kerja

 

3 orang

 

Rp. 50.000

 

30 hari

 

Rp.   7.500.000

 

Jumlah biaya operasional Rp. 26.100.000

 

 

Catatan : 1 bungkus roti tawar menghasilkan 10 porsi roti bakar .

Penerimaan Selama 1 bulan :

Roti bakar 100 porsi Rp. 8.000 30 hari Rp.  24.000.000
Mie rebus 24 porsi Rp. 5.000 30 hari Rp.    3.600.000
Mei goreng 24 porsi Rp. 5.000 30 hari Rp.    3.600.000
Minuman 100 porsi Rp. 2.000 30 hari Rp.    6.000.000
Total penerimaan Rp.  38.200.000

Keuntungan selama 1 bulan :

Pertama jumlah penerimaan                              =  Rp.  38.200.000 .

Kedua jumlah biaya operasional                    =  Rp.  26.100.000 .

Ketiga jumlah keuntungan bersih                   =  Rp.  12.100.000 .

 

Kiat Dalam Usaha Roti Bakar Modal Kecil Untuk Besar :

  1. Pertama dalam membuat usaha Roti Bakar siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti Tempat pembakaran terbuat dari alumunium biar kidak lengket, Peralatan membakar (kipas tangan atau kipas angin tergantung selera, capitan), Untuk menyimpan bahan – bahan kita buat etalase ukuran sedang saja, Kompor gas, Meja, kursi, Perlengkapan makan minum ( gelas, piring, garpu dan pisau ), Tenda, Penerangan yang terang sekali untuk menarik mata memandang
  2. Selanjutnya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam usaha Roti Bakar seperti Roti tawar, Margarin, Susu kental manis, bahan isian (Meses, Cokelat, Keju, Selai, Pisang, Kacang, Sosis, Kornet)
  3. Menentukan tempat usaha misal ditepi jalan yang ramai lalu lalang orang atau kendaraan umum, lingkungan kampus, sekolahan, perumahan atau tempat keramaian yang lain, dapat juga digabungkan     dengan usaha yang lain misalnya : kacang hijau ketan hitam, tahu aci, gorengan.
  4. Merekrut Karyawan, karyawan yang di butuhkan tidak terlalu banyak sekitar 2 sampai 3 orang saja sudah cukup, pemilik langsung tambah 2 orang
  5. Menentukan harga jual dengan survei tempat di daerah itu agar kita dapat     menentukan harga yang cocok untuk usaha roti bakar, kalau bisa harga jual lebih murah sedikit tapi laku keras dari pada mahal kurang laku, jangan lupa harga jual tergantung dari segi rasa roti yang dipesan
  6. Lakukan promosi seperti memasang spanduk keliling agar rapi dan kelihatan jelas, bisa juga dengan promosi dari mulut kemulut

Resep Roti Bakar

Bahan – bahan :

  • Roti tawar
  • Margarin
  • Susu kental manis
  • Isian : Meses, Cokelat, Keju, Selai, Pisang, Kacang, Sosis, Kornet

Cara Membuat Roti bakar :

  1. Permukaan roti tawar olesi menggunakan margarin ( satu porsi terdiri dari dua irisan roti ). Tidak semua pembuatan roti memerlukan bantuan mixer roti.
  2. Tambahkan isi bahan seperti  : selai , keju , meses , lalu di siram dengan susu manis kental dan bakar hingga kelihatan kecoklat – coklatan
  3. Jika bahan isinya menggunakan pisang , pisang sebelumnya di bakar dulu hingga kelihatan coklat dan harum bahunya , setelah itu di letakan dalam roti tersebut dan dipanggang bersamaan roti itu selama 3 sampai 4 menit
  4. Selama proses pembakaran, kedua sisi roti harus di bolak balik agar tidak gosong, kalau sudah kecoklat coklatan angkat, roti sudah siap dibungkus. Dalam proses membuat roti bakar juga tidak membutuhkan oven gas, karena rotinya dibakar bukan di panggang.
  5. Saran Penyajian : Roti dipotong – potong menjadi beberapa bagian sajikan di atas piring hidangkan selagi panas bersama minuman hangat, Jika dibungkus ambil kertas lilin kermudian potong – potong menjadi beberapa bagian lalu bungkus yang rapi

Jenis – Jenis Roti

1. Roti Gandum

Jenis roti ini banyak diproduksi di Australia dan Amerika. Tekstur roti gandum merupakan roti kasar dengan warna coklat. Roti gandum kaya akan serat dan mempunyai warna coklat yang berasal dari serealin yaitu lapisan sel yang terdapat pada sereal. Biasanya roti ini cocok untuk diet karena kandungan serat yang banyak. Roti gandum cocok dikonsumsi dengan salad, baik sayur ataupun buah.

2. Baguette

Baguette adalah roti tradisional Prancis yang sangat terkenal di dunia. Baguetter atau roti tongkat memiliki panjang hingga mencapai 50 cm. Tekstur roti ini memiliki kulit keras, berwarna coklat dan bagian dalamnya banyak terdapat lubang-lubang. Baguette biasanya diiris tipis-tipis lalu disajikan dengan sup atau dipanggang dan diberi aneka macam topping sesuai selera.

3. Croissant

Salah satu lagi roti yang berasal dari Prancis yaitu, croissant. Croissant berbentuk mirip bulan sabit. Roti ini dibuat dari adonan yang berlapis, teksturnya renyah, dan empuk. Croissant biasanya disajikan saat sarapan dengan diolesi mentega dan selai buah.

4. Bagel

Kini kita bergeser ke Eropa timur. Bagel adalah roti khas dari Eropa Timur yang bentuknya bulat seperti donat, tapi bagian dalam lebih padat. Biasanya roti bagel disajikan pada saat makan pagi, dibelah, dibakar dan diolesi keju krim. Pada adonan roti bagel biasanya ditambahkan kismis, blueberry, bawang, atau wijen.

5. Crumpet

Crumpet adalah sejenis roti muffin namun memiliki tekstur lebih lembab dan berasal dari Inggris. Biasanya crumpet sering disajikan dengan diolesi krim padat atau mentega dan dimakan pada saat minum teh. Sebelum dihidangkan, roti ini terlebih dahulu dipanggang atau dibakar terlebih dahulu.

Itulah modal usaha roti bakar yang bisa kalian lakukan. Semoga contoh yang kami ambil bisa memberikan ide usaha untuk kalian.