5 Peluang Usaha Makanan Ringan Khas Indonesia Paling Menguntungkan

Indonesia adalah sebuah negara yang besar dan kaya akan keragaman, baik budaya maupun kulinernya. Di Indonesia setiap daerah pasti mempunyai makanan khasnya sendiri, termasuk juga makanan ringan. Tak khayal jika pergi ke suatu daerah pasti menemukan jajanan yang berbeda-beda. Alasan itulah yang menjadikan peluang usaha makanan ringan khas Indonesia begitu menjanjikan.

Walaupun disebut jajanan tradisional, mengenai rasa dan gizi tidak kalah dengan makanan modern. Bisa dijamin sehat untuk dikonsumsi, apalagi jika dibandingkan dengan makanan cepat saji banyak di jual di mana-mana. Harganya pun ramah di kantong dan sangat terjangkau. Anda bisa memanfaatkannya sebagai daya tarik untuk menjual makanan ringan khas daerah.

Keunikan makanan ringan atau jajanan tradisional bisa menjadi faktor penting yang akan menarik masyarakat untuk membelinya. Biasanya makanan tradisional lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia seperti pengawet dan pewarna makanan, kalaupun menggunakan bahan pewarna yang digunakan adalah pewarna alami, misal pewarna alami dari tumbuhan.

Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri bagi usaha makanan ringan khas Indonesia. Berikut kami berikan rekomendasi beberapa ide peluang makanan ringan tradisional.

5 Peluang Makanan Ringan Tradisional untuk Ide Usaha

peluang usaha makanan ringan

Melihat fakta bahwa jajanan tradisional masih banyak diminati masyarakat. Bisa dijadikan pertimbangan untuk memulai usaha baru dan sebagai peluang menambah pendapatan anda. Sebaiknya sebelum memutuskan usaha makanan ringan anda perlu tahu tips memulai usaha makanan ringan dan jenis makanan khas yang bisa dijadikan usaha.

Berikut 5 ide peluang usaha makanan ringan khas Indonesia yang bisa anda jadikan referensi dalam memulai usaha.

1. Lumpia

Lumpia merupakan jenis makanan yang cara memsakanya dengan digoreng, makanya disebut juga sebagai gorengan. Pada umunya lumpia memiliki rasa gurih dan tekstur renyah. Makanan ini sebenarnya berasal dari daratan Tiongkak, namun sekarang sudah dikenal menjadi makanan Indonesia, khususnya Semarang.

Lumpia dipercaya memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, karena perpaduan antara karbonhidrat, sayuran, daging ataupun telur. Lumpia yang paling terkenal adalah lumpia Semarang, bahkan sudah menjadi oleh-oleh khas Semarang. Biasanya lumpia Semarang mempunyai isian berupa rebung, udang, dan telur. Penyajiannya lumpia Semarang ada dua versi yakni goreng dengan tekstur renyah dan kukus yang bertekstur lembut.

Kemudian bagaimana mengenahi peluang usahanya. Peluang usaha makanan ringan lumpia masih terbuka lebar bagi anda yang berminat memulai usaha ini. Lumpia memang cukup menjanjikan untuk dibuat usaha, dimana kuntungan yang dihasilkan tidak sedikit, sehingga patut dikembangkan. Dan juga usaha ini memiliki prospek bagus kedepannya.

Meski usaha lumpia sudah banyak dilakukan orang sejak dahulu, namun peminat makanan ini juga semakin bertambah. Bahkan diyakini usaha lumpia akan mengalami perkembangan dengan segala inovasinya. Inovasi lumpia contohya berupa banyaknya variasi yang sekarang mulai ditawarkan oleh para penjual.

Dengan banyaknya variasi lumpia yang ditawrakan diharapkan mampu menarik konsumen lebih banyak dan mendatangkan keuntungan yang maksimal. Bagi yang ingin memperoleh pendapatan tambahan ataupun ingin memulai usaha baru. Anda bisa memulai usaha lumpia ini.

2. Peluang Usaha Makanan Ringan Klepon

Jajanan tradisional yang diprediksi akan populer salah satunya adalah klepon. Klepon adalah termasuk jenis kue yang mirip seperti onde-onde. Makanan ringan tradisional berbentuk bulat hijau dengan isian gula merah manjadi jajanan yang banyak disukai orang. Memiliki rasa yang manis dan gurih deng tekstur kenyal saat digigit membuat setiap orang ketagihan untuk menikmatinya.

Kue klepon dibedakan menjadi dua jenis yakni kue klepon yang dibuat dari ubi dan klepon yang dibuat dari tepung ketan. Dari dua jenis klepon tersebut, kue klepon yang terbuat dari tepung ketan paling banyak disukai masyarakat karena memiliki tekstur yang lebih kenyal. Jajanan ini termasuk makanan yang sehat karena pewarna yang digunakan berasal dari bahan alami, sehingga tidak berbahaya bagi tubuh.

Berbisnis kue klepon saat ini masing menjadi salah satu peluang usaha makanan ringan yang sangat menguntungkan. Dengan mengeluarkan modal yang tidak terlalu besar, anda bisa memperoleh keuntungan yang menjanjikan. Banyak masyarakat juga yang memilih membeli klepon dari pada membuatnya sendiri.

Untuk pangsa pasanya jajanan klepon disukai oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang tua menyukai kue dengan rasamanis ini. Ketika anda memilih menjalankan usaha kue klepon sebaiknya anda memikirkan bagaimana strategi penjualan yang ingin anda gunakan. Karena klepon termasuk jenis kue basah yang tidak bisa bertahan lama, makan jangan sampai dagangan anda tidak habis.

Agar usaha klepon menarik bagi konsumen, anda bisa membuat variasi kue klepon misal dengan memasukkan buah sebagai pelngakap klepon. Selain itu, anda bisa menggunakan cokelat sebagai isi klepon menggantikan gula merah, agar lebih terlihat unik dan lebih kekinian.

3. Kue Putu

peluang usaha makanan ringan

Ide peluangĀ  usaha makanan ringan khas daerah selanjutnya adalah kue putu. Siapa yang dengan kue satu ini? hampir semua orang Indonesia mengenal dan pernah menikmati kue putu. Kue putu merupakan olahan jajanan tradisonal jawa yang masih tetap eksis hingga saat ini. Makanan ringan ini dubuat dari tepung berasndan dicampur dengan parutan kelapa.

Sedangkan isian kue putu biasanya menggunakan gula jawa, sehingga menimbulkan cita rasa manis nikmat. Untuk mencetak kue putu bisa menggunakan cetakan plastik maupun cetakan bambu. Cetakan bambu lebih banyak dipilih oleh masyarakan karena lebih mudah menggunakannya serta menghasilkan cita rasa kue putu yang lebih nikmat. Kue putu sendiri hingga saat ini mudah untuk didapatkan, banyak yang menjual makanan ini, terutama di pinggir jalan.

Berbisnis kue putu bisa dikatakan mudah untuk dilakukan, karena tidak memerlukan bahan dan alat yang terlalu banyak dalam proses pembuatannya. Proses pembuatan kue putu sangat mudalh dilakukan, sehingga semua orang bisa membuatnya. Usaha kue putu memang sudah ada sejak dahulu, biasanya penjual berjualan dengan cara berkeliling.

Namun sekarang banyak para penjual kue putu menjual daganganya dengan membuka sebuah kedai maupun stand. Untuk menarik minat pembeli kue putu bisa di diolah secara kreatif serta penyajiannya dibuat semenarik mungkin. Kue putu bisa anda jadikan pilihan memulai usaha, sebab peluang usaha makanan ringan ini masih terbuka lebar. Dan juga sebelum memulai usaha kue putu perhatikan analisis usahanya agar keuntungan yang anda peroleh bisa maksimal.

4. Onde – Onde

Onde – onde merukan jajanan tradisional yang hingga saat ini masih eksis dipasaran. Penggemar dari makanan berbentuk bulat ini juga masih banyak ditemui, hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa onde-onde masih tetap eksis dimana-mana. Onde-onde termasuk makanan yang disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Makanan ini dibuat dari bahan utama tepung beras yang dicampur dengan beberapa bahan lain dan biasanya diisi dengan kacang hijau. Memasaknya dengan cara digoreng. Ciri khas onde-onde selain berbentuk bulat juga ada taburan wijen dibagian luarnya. Taburan wijen membuat cita rasa onde-onde tambah gurih dan nikmat.

Mengingat banyaknya orang yang menyukai makanan ini, membuat usaha makanan ringan onde-onde menjadi bisnis yang menguntungkan. Usaha onde-onde bisa dilakukan dengan mudah sebab bahan-bahan nya mudah didapatkan. Selain itu juga proses pembuatanya tidak membutuhkan keahlian khusus, siapa saja bisa membuatnya jika dilakukan dengan serius.

5. Serabi

peluang usaha makanan ringan

Peluang usaha makanan ringan selanjutnya yaitu serabi. Serabi atau juga di beberapa daerah disebut surabi merupakan jajanan tradisional berupa sejenis kue. Kue serabi berbentuk bulat pipit seperti kue cucur yang terbuat dari tepung beras, santan, dan parutan kelapa. Jika dulu kue serabi hanya dikenal dengan rasa manis, sekarang banyak dijumpai serabi dengan variasi rasa yang beragam.

Kue serabi banyak ditemukan bebrapa daerah, namun yang paling terkenal dan khas adalah serabi Bandung dan Solo. Sama halnya seperti lumpia, serabi sudah menjadi oleh-oleh khas Kota Bandung dan Solo. Di beberapa kota banyak penjual yang mendirikan gerai-gerai hanya khusus menjual kue serabi. Biasanya sebagai sebagai tempat nongkrong bersama teman atau keluarga. Dengan penyajian yang lebih kekinian membuat serabi jauh dari stigma jajanan kuno.

Ya itulah beberapa peluang usaha makanan ringan khas daerah yang masih eksis sampai sekarang. Bahkan jika dikelola dengan baik makanan-makanan daerah tersebut akan menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat. Jika anda berminat bisnis makanan ringan sebaiknya terlebih dahulu belajar resep makanan ringan. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk anda.