Resep Bandeng Presto Semarang Mudah

resep bandeng presto semarang

Bandeng presto adalah salah satu makanan khas daerah yang bisa anda pilih menjadi makanan yang tepat untuk anda konsumsi. Kali ini saya akan membagikan resep bandeng presto semarang mudah yang bisa anda coba.

Salah satu jenis ikan yang sering digunakan menjadi masakan presto adalah bandeng, hal ini dikarenakan bandeng memiliki duri-duri yang kecil sehingga mudah untuk dimasak.Anda juga bisa simak 10 resep bandeng presto dan cara memasaknya untuk mengetahui resep bandeng presto lainya.

Selain bisa digunakan untuk bahan masakan yang mudah dalam pengolahannya, bandeng juga menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki vitamin yang sangat tinggi. Protein dan Omega3 didalamnya adalah kandungan yang bisa menjadi asupan gizi untuk tubuh. Daripada semakin penasaran dengan masakan bandeng presto, langsung saja dipraktekan didapur anda dengan cara yang sederhana dan bahan yang mudah.

Resep Bandeng Presto Semarang

Bahan-bahan:

  • 2 kg ikan bandeng segar
  • Daun pisang secukupnya
  • 700 ml air

Bahan bumbu:

  • 2 sdm garam
  • 8 lbr daun salam
  • 200 gr lengkuas yang diparut
  • 12 siung bawang merah
  • 80 gr kunyit
  • 2 sdm ketumbar yang disangrai
  • 12 siung bawang putih

Cara membuat Resep bandeng presto semarang:

1. Langkah pertama dalam resep bandeng presto semarang ini adalah haluskan terlebih dahulu bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar dan garam
2. Setelah itu campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan lengkuas yang sudah diparut kemudian aduk rata
3. Kemudian siapkan terlebih dahulu ikan bandeng dengan cara membersihkan isi perut dari ikan.
4. Jika sudah bersih kemudian lumuri ikan dengan bumbu hingga merata
5. Siapkan panci presto yang ditutupi dengan daun pisang.
6. Masukan ikan bandeng kedalam panci presto
7. Setiap tumpukan ikan bandeng baiknya untuk juga dilapisi dengan daun pisang. Hal ini bertujuan supaya kulit dari ikan tidak lengket
8. Tambahkan daun salam pada panci kemudian isi dengan air hingga menutupi bandeng
9. Tutup rapat kemudian masak selama 20 menit.
10. Matikan api hingga suara yang mendesis hilang.
11. Angkat dan bandeng presto siap untuk dinikmati.

Kandungan Gizi Dalam Ikan Bandeng

Sesudah  membahas resep masak ikan bandeng, kami mau mengajakmu untuk mengenal beberapa gizi penting di dalam ikan bandeng.

1. Omega 3

Omega 3 dalam ikan bandeng sebesar 14,2 persen. Sementara itu, kandungan Omega 3 dalam ikan salmon hanya sekitar 2,6 persen, ikan sarden sebesar 3,9 persen, dan ikan tuna hanya 0,2 persen. Omega 3 adalah bagian dari asam lemak Omega. Tubuh manusia juga memproduksi Omega 3 yang termasuk dalam jenis lemak tak jenuh ganda.

Namun, konsumsi makanan yang mengandung Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, Omega 3 bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan memori anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, mengurangi stres, dan menyehatkan mata.

2. Protein

Selain Omega 3, Kadar protein dalam bandeng sebesar 20,38 persen. Jumlah protein dalam ikan bandeng ini dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang kita ketahui, protein diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Selain itu, protein juga dipercaya dapat membantu pembentukan massa otot.

Tak hanya itu saja, protein juga sangat diperlukan untuk memaksimalkan proses pembakaran lemak.Menariknya lagi, segudang nutrisi lainnya pun turut melengkapi kandungan ikan bandeng, seperti: Kalsium: 20 miligram (mg) Fosfor: 150 mg Zat besi: 2 mg Natrium: 67 mg Kalium: 271,1 mg Vitamin A: 45 mikrogram (mcg) Vitamin B1: 0,05

mg Vitamin B2: 0,2 mg dan bagi penggemar ikan bandeng presto, wajib berbahagia karena kandungan ikan yang telah dimasak ini pun tak kalah bergizi. Dengan memakan 100 gr ikan bandeng presto, kita akan memperoleh: Energi: 296 kalori Protein: 17,1 gram Lemak: 20,3 gram Karbohidrat: 11, 3 gram Kalsium: 1.422 mg Fosfor: 659 mg

Zat besi: 1,9 mg Sama halnya seperti nutrisi pada ikan bandeng mentah, makan ikan bandeng presto juga menyumbang sejumlah vitamin A, vitamin B1, bahkan vitamin C.

Peluang usaha budidaya ikan bandeng? Ikan bandeng? Siapa yang belum pernah mengetahui ikan bandeng? Hampir sebgaian besar masyarakat yang berada di Indonesia sudah pernah mengetahui ikan bandeng bahkan ada beberapa diantaranya yang pernah menikmati masakan dari ikan bandeng.

Ikan bandeng terkenal sebagai ikan yang memiliki banyak duri namun memiliki banyak kandungan nutrisi yang dimiliki oleh ikan bandeng.Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh ikan bandeng membuat sebagian besar masyarakat memikirkan cara penggolahan ikan bandeng dengan cara yang tepat.

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam penggolahan ikan bandeng yaitu dengan membuat bandeng presto. Tekstur duri jika dimasak dengan cara dipresto akan semakin lunak sehingga sangat aman jika dikonsumsi.

Kandungan protein yang dimiliki ikan bandeng lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan bandeng lainnya.Anda juga bisa simak cara membuat thai tea sederhana untuk menjadi minuman yang bisa anda santap dirumah

Banyaknya kandungan protein yang dimiliki oleh ikan bandeng membuat sebagian besar masyarakat ingin mengkonsumsi ikan bandeng.

Kebutuhan ikan bandeng yang semakin terus meningkat membuat potensi dari budidaya ikan bandeng sangat menguntungkan untuk dijalani. Bagi Anda yang belum memiliki usaha dapat mencoba menjalankan budidaya ikan bandeng. Untuk cara budidaya ikan bandeng dapat Anda perhatikan di bawah ini.

  1. Persiapam Kolam

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang hidup berkelompok dan bisa dibudidayakan di air tawar, air laut dan air payau. Jika ingin budidaya ikan bandeng hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tempat budidaya.

Pemilihan tempat akan berpengaruh terhadap keberhasilan dari budidaya ikan bandeng. Budidaya ikan bandeng sering di lakukan di tambak karena lebih luas. Tambak yang akan digunakan sebagai lokasi sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu hingga beberapa hari hingga bagian dasarnya retak.

  1. Pemupukan Dasar Kolam

Saat lahan tambak retak-retak sebagian segera diberi pupuk agar menjaga kesuburan tanah. Ikan bandeng mengkonsumsi lumut sehingga tanaman lumput yang ada dikolam akan tumbu subur. Pupuk yang digunakan harus bersifat organik.

  1. Pemberian Pakan

Setelah proses pemupukan tahap berikutnya adalah pengisian air. Isi tambak hingga tiga kali isi kemudian biarkan selama 2 minggu. Setelah 2 minggu masukan benih kolam dengan plastiknya agar ikan bandeng dapat beradaptasi dan tidak stres. Apabila sudah 2 jam buka plastik. Proses penebaran benih sebaiknya dilakukan saat pagi dan sore hari.

  1. Pemberian Pakan

Setelah 2 minggu benih di tebar tidak perlu ikadih makan karena benih akan bandeng akan memakan lumput yang ada di kolam. Setelah itu pemberian pakan dapat dilakukan dengan menaruh karung goni yang dilubangi lemudian dimasikan ke dalam tambak ntuk memicu pertumbuhan lumut.

  1. Pemanenan

Tindakan pemanenan ikan bandeng dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara selektif ataupun panen total. Panen selektif yaitu dilakukan dengan menguras air tambak terlebih dahulu sampai tersisa 70 %. Setelah itu dapat dilakukan penyisiran dengan menggunakan jaring.

Ukuran ikan bandeng dipisahkan sesuai kebutuhan konsumen. Sedangkan cara panen total dilakukan dengan menguras air hingga 90 % dan tidak mempertimbangkan ukuran ikan yang dipanen.

Adapun cara budidaya ikan bandeng dapat Anda perhatikan di atas. Dengan proses yang mudah pasti akan membuat Anda ingin mencoba untuk menjalankan peluang bisnis budidaya ikan bandeng.

Demikian artikel tentang Resep Bandeng presto. Semoga saja dengan adanya penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi semua.