Berikut Ini Masker Madu Untuk Wajah dan Kegunaannya yang Wajib Dicoba

masker madu untuk wajah

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan masker madu untuk wajah dan kegunaanya. Oke, sebelum kita membahas cara pembuatannya, tahukah kamu apa itu madu ?. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Madu ?

apa itu madu ?

Seperti yang kamu ketahui bahwa madu merupakan makanan yang manis dan lengket yang dibuat oleh lebah. Madu juga merupakan cairan yang bersifat alamiah dan mengandung zat gula dari nektar bunga.

Saat musim panas terdapat lebah pekerja yang terbang dari bunga ke bunga untuk mengisap cairan manis yang disebut dengan nektar dengan menggunakan lidahnya yang panjang seperti sebuah pipa.

Setelah lebah pekerja ini mengisap nektar, mereka membawa nektar tersebut kembali ke sarang dalam kantong madunya yang beratnya hampir mencapai setengah kali berat dari lebah itu sendiri.

Mereka menyimpan nektar ini didalam sarang madu, dan apabila sudah cukup kental, ditutuplah madu tersebut dengan lilin lebah.

Nah, madu ini memiliki beragam manfaat yang sangat berguna untuk tubuh loh. Berikut ini merupakan cara menggunakan masker madu untuk wajah dan kegunaanya.

Masker Madu Untuk Wajah

masker madu untuk wajah

Kandungan antimikroba dan antioksidan pada madu, mampu memberikan efek menenangkan untuk kulit wajah kamu.

Selain itu, dengan kandungan antioksidan pada madu juga dibutuhkan oleh kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Nah, madu selain mengandung antioksidan juga mengandung antiseptik dan antibakterial yang bisa membantu mengatasi jerawat, bahkan kulit kering.

Cara menggunakan masker madu untuk kulit wajah sangat mudah, kamu hanya perlu membilas muka dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit kamu.

Setelah itu, kamu bisa mengoleskan madu ke bagian wajah dan diamkan selama sekitar 30 menit. Kemudian, bilas kembali dengan air hangat dan basuh dengan air dingin, supaya pori-pori kulit tertutup kembali.

Perlu diingat, sebelum mengoleskan madu pada kulit wajah disarankan untuk membasuh wajah dengan air hangat, agar pori-pori kulit terbuka.

Gunakan juga madu alami yang yang tidak memiliki campuran bahan-bahan kimia.

Kegunaan Madu Untuk Kecantikan dan Kesehatan

kegunaan madu untuk kecantikan dan kesehatan

Tahukah kamu, bahwa madu sudah digunakan sejak dahulu untuk digunakan sebagai makanan ataupun obat-obatan.

Kandungan senyawa yang bermanfaat dan menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan sangat tinggi didalam madu ini. Selain itu, madu juga bisa dijadikan sebagai pengganti gula, dengan 100% zero kalori.

Bagaimana ?, madu ini sangat sehat bukan untuk digunakan. Nah, berikut ini merupakan kegunaan dari madu berdasarkan ilmu pengetahuan.

    • Sebagai scrub alami

  • Apakah kamu suka melakukan scrub wajah ?, maka kamu wajib untuk mencoba campuran madu, sedikit minyak kelapa dan gula pasir sebagai scrub alami untuk wajah kamu.

Dengan ramuan ini, juga ampuh mengangkat sel kulit mati sekaligus membantu menjaga kulit wajah kamu tetap lebut dan halus.

    • Membantu menyamarkan bekas jerawat

Kandungan senyawa antioksidan dalam madu, bisa membantu memperbaiki warna kulit. Nah, untuk kamu yang memiliki bekas jerawat membandel di wajah, ramuan ini sangat cocok untuk digunakan.

Kamu bisa mengoleskan madu ini secara rutin sebagai masker untuk mendapatkan hasil yang optimal.

    • membantu mengatasi bekas luka

Masker madu, selain untuk bekas jerawat juga bisa membantu menyamarkan bekas luka di bagian kulit lainnya.

Bahkan bekas luka bakar pun bisa diatasi dengan madu yang berfungsi sebagai pendingin yang meredakan sensasi perih di sekitar luka.

    • membantu mencerahkan kulit

Apakah kamu ingin mengetahui rahasia dari kecantikan para wanita kerajaan mesir kuno ?. Wanita pada zaman mesir kuno ini rajin mengenakan madu sebagai masker alami untuk wajah.

Madu mengandung antioksidan yang didalamnya mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari.

Nah, artinya madu ini juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah sekaligus memberikan efek rileks pada sel-sel didalamnya.

    • Nutrisi alami untuk mencegah penuaan dini

Kegunaan madu, sama seperti sebagai suplemen makanan, juga bisa menutrisi kulit secara alami. Madu juga mengandung vitamin C dan kadar air ang cukup untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi.

    • ¬†Mencegah Kanker dan penyakit jantung

Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam madu, mampu membantu mengurangi resiko beberapa penyakit kanker dan jantung.

    • Mengurangi Bisul dan gangguan gastrointestinal lainnya

Terdapat penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa perawatan dengan menggunakan madu dapat membantu mengatasi gangguan seperti bisul dan gastroenteritis bakteri.

    • Madu sebagai antibakteri dan antijamur

Peter molan dari direktur unit penelitian madu di university of waikato di selandia baru menuturkan bahwa, semua madu adalah anti bakteri karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida.

    • kegunaan madu untuk meningkatkan kinerja atletik

Dahulu, atlet olimpiade kuno akan makan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan kinerja mereka.

Hal ini telah diverifikasi dengan studi modern, yang menunjukkan bahwa madu lebih unggul dalam menjaga kadar glikolen dan meningkatkan waktu pemulihan.

    • membantu mengurangi iritasi batuk dan tenggorokan

Manfaat madu yaitu mampu membantu mengatasi batuk terutama jenis madu soba.

Salah satu penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak yang diberikan satu dosis madu soba sama efektifnya dengan satu dosis dextromethorpan dalam meredakan batuk malam hari.

    • membantu menyeimbangkan 5 elemen

Madu telah digunakan dalam metode pengobatan ayurdevic di india selama sekitar 4000 tahun dan dianggap mempengaruhi tiga ketidakseimbangan material primitif tubuh secara positif.

Selain itu, madu juga dikatakan sangat bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan, menyembuhkan ejakulasi dini dan impotensi, asma bronkial, mual, gangguan saluran kemih dan penurunan berat badan.

Madu juga disebut dengan yogavahi karena memiliki sebuah kualitas yang menembus jaringan terdalam dari tubuh. Saat madu digunakan dengan herbal yang lainnya, maka kualitas obat tersebut akan meningkat.

    • membantu pengaturan gula darah

Walaupun madu mengandung gula sederhan, namun itu tidak sama dengan gula putih ataupun pemanis buatan yang lainnya.

Kandungan fruktosa dan glukosa merupakan kombinasi yang tepat untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Terdapat juga beberapa jenis madu yang memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyentak gula darah kamu.

    • membantu menyembuhkan luka dan luka bakar

Dengan penggunaan madu diluar tubuh telah terbukti efektif sebagai perawatan konvensional dengan sulfadiazin perak.

Bisa diperkirakan juga bahwa efek dari pengeringan gula sederhana dan sifat antibakteri dari madu bergabung untuk menciptakan efek ini.

Sebuah studi juga telah menunjukkan bahwa sangat berhasil dalam membantu menyembuhkan luka.

    • probiotik

Terdapat beberapa varietas madu yang memiliki sejumlah besar bakteri ramah. Hal ini juga termasuk hingga 6 spesies lactobacili dan 4 bifidobacteria.

Hal ini juga mungkin menjelaskan banyak dari sifat-sifat terapeutik misterius dari madu.

    • Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di school of medicine, cardiff university di inggris menunjukkan bahwa jenis madu manuka dari australia mampu membantu merangsang sel-sel kekebalan tubuh.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai masker madu untuk wajah dan kegunaanya. Artikel yang tak kalah menarik adalah cara membuat madu asli tanpa campuran bahan lain. 

Akan sangat bermanfaat untuk anda yang ingin membuat madu asli sebagai peluang usaha yang menguntungkan.