Asal Usul Nasi Goreng dan 6 Resep Nasi Goreng Kampung Aceh

Hai gais, bagi kalian semua yang suka makan nasi goreng. tau nggak sih bagaimana asal usul nasi goreng itu? nah pada artikel kali ini akan dibahas tentang asal usul nasi goreng dan 6 resep nasi goreng kampung Aceh

Asal Usul Nasi Goreng

Nasi goreng ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yakni sekitar tahun 4000 SM. Makanan ini tidak berasal dari Indonesia, melainkan sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa.

Ide memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka makan dengan makanan yang sudah dingin. Oleh sebab itu, mereka mencoba untuk mengolah kembali nasi yang sudah dingin. Agar lebih enak, mereka memasukkan bumbu-bumbu sewaktu memasaknya. Tidak disangka, ternyata nasi goreng yang dibuat menjadi sangat digemari oleh masyarakat Tionghoa.

Karena rasanya yang lezat, resep masakan nasi goreng pun tersebar, mereka pun dapat memanfaatkan nasi yang sudah dingin agar tidak terbuang sia-sia. Dengan adanya ide mengolah nasi goreng, pemborosan beras pun saat itu sudah ada solusinya.

Penyebaran Nasi Goreng ke Negara Lain

Lalu, bagaimana caranya nasi goreng bisa tersebar ke negara-negara lain, termasuk di Indonesia? Dulu, ada banyak masyarakat Tionghoa yang merantau dan tersebar di berbagai negara di dunia dan pastinya dari situlah nasi goreng tersebar.

Sebagian besar masyarakat Tionghoa menetap di daerah-daerah tersebut dan mencoba mengolah nasi goreng dengan bumbu yang tersedia di tempat itu. Sehingga, tercipta banyak jenis nasi goreng dengan variasi rasa yang unik.

Aneka Resep Nasi Goreng Kampung Aceh

  1. Resep Nasi Goreng Kampung Aceh Sederhana

    • Bahan-Bahan

      • 2 piring nasi (saya masak dari 200 gram beras)
      • 3 siung bawang merah
      • 2 siung bawang putih
      • 1/2 sdt terasi yang sudah dibakar
      • 2 butir kemiri
      • 1/8 sdt biji pala
      • 1 sdt kecap manis
      • 1 sdt kecap inggris
        4 sdm minyak
      • 1 sdm saus tiram
      • 1 sdm bumbu masak bubuk (saya pake masako)
      • 1/2 sdt garam
        4 buah cabe rawit merah (bisa lebih sesuai selera)
      • 1/2 sdt lada halus
      • 1/2 sdt sasa (bisa diskip)
      • 1/4 sdt gula pasir
      • 1 batang daun bawang, diiris
    • Cara Membuat Nasi Goreng Kampung Aceh Sederhana

      1. Siapkan bumbu. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, biji pala dan cabe rawit. Campurkan ke dalam.nasi, garam, masako, gula pasir, kecap inggris, kecap manis, sasa, lada halus dan saus tiram, aduk sampai tercampur rata
      2. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus. Masak bumbu sampai matang. Masukkan nasi
      3. Aduk sampai tercampur rata. Masak terus sampai nasinya sudah benar2 tercampur dengan semua bumbu. Masukkan irisan daun bawang, aduk sampai tercampur rata. Nasi goreng aceh sederhana sudah matang. Sajikan
  2. Resep Nasi Goreng Nanas Bumbu Aceh

    • Bahan-Bahan

      • Semangkok nasi
      • iris Nanas
      • 1 ikat sawi, cuci, iris
      • Bumbu mie aceh (resep di postingan mie aceh)
      • Minyak
      • Garam
    • Cara Membuat Nasi Goreng Nanas Bumbu Aceh

      1. Tumis bumbu mie aceh sebentar, masukan nanas dan nasi, aduk, masukan sawi, aduk, masak sampai layu, beri garam sesuai selera

      2. Nasi goreng nanas bumbu aceh siap dihidangkan. Enaaak seger

  3. Resep Nasi Goreng Bumbu Mie Aceh

    • Bahan-Bahan

      • 1 Piring nasi
      • 1 batang daun bawang
      • 2 siung bawang merah
      • 3-5 ekor udang di cincang kasar
      • 1 potong daging (udah direbus) cincang kasar
      • 1/4 sdt bubuk kari
      • 1/4 sdt merica bubuk
      • 1/2 sdm kecap asin
      • 2 sdm kecap manis
      • secukupnya Kaldu jamur dan garam
      • Minyak untuk menumis
      • 1 butir kemiri
      • 2 siung bawang putih
      • 1/2 cm jahe
      • 2 rawit merah (skip kalo ngga suka pedes)
      • 3 buah cabe merah
    • Cara Membuat Nasi Goreng Bumbu Mie Aceh

      1. Siapkan bahan-bahan
      2. Setelah semua tercampur, bumbu matang dan harum masukkan nasi dan daun bawang serta tambahkan bumbu kari, merica bubuk dan kaldu jamur
      3. Iris-iris bawang merah, daun bawang dan haluskan bumbu-bumbu
      4. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah hingga setengah matang, kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan tumis hingga bumbu matang kemudian masukkan potongan daging dan udang aduk-aduk hingga merata
      5. Aduk-aduk kembali hingga tercampur rata kemudian masukkan kecap asin dan manis, koreksi rasa bila dirasa kurang asin tambahkan sedikit garam lalu lanjutkan terus sampai teraduk rata dan matang
      6. Setelah matang angkat dan sajikan.
  4. Resep Nasi Goreng Kampung Aceh Toping Sosis Bakso

    • Bahan-Bahan

      • 5 siung bwg merah
      • 3 siung bwg putih
      • 5 buah cabai merah
      • 4 buah cabai rawit domba
      • 1/2 Biji pala
      • 4 Buah kemiri
      • seujung kuku terasi
      • Garam
      • merica bubuk
      • Kecap manis
      • Bubuk kari
      • 2 Butir telur ayam yang sudah d ceplok mata sapi
      • 4 buah sosis ayam yang sudah d iris dan d goreng
      • 5 buah bakso yang sudah diiris dan digoreng
      • 1/2 sdt saus tiram
      • 1 buah tomat
      • Daun bawang ,seledri iris halus
      • Acar timun (potongan timun yg d beri perasan jeruk nipis,garam dan gula lalu rendam ke dalam 50 ml air panas)
      • 2 piring nasi
      • Bawang goreng
    •  Cara Membuat Nasi Goreng Kampung Aceh Toping Sosis Bakso

      1. Haluskan bawang merah,bawang putih,cabai,terasi,kemiri,biji pala

      2. Aduh nasi dingin dengan kecap manis di wadah terpisah ,aduk hingga kecap tercampur merata

      3. panaskan minyak goreng,lalu tumis bumbu yang sudah di haluskan,garam,merica bubuk,kari bubuk,saus tiram.Tumis hingga harum

      4. Masukan nasi aduk rata dengan api kecil,kemudian cicipi nasi untuk memastikan rasa

      5. Setelah hampir matang,masukan irisan daun bawang dan seledri,aduk rata,kemudian angkat

      6. Sajikan bersama dengan telur mata sapi,sosis dan bakso goreng,taburi dengan bawang goreng tak lupa juga acar timun dan irisan tomat segar.

  5.   Resep Nasi Goreng Kampung Aceh Spesial Pedas

    • Bahan-Bahan

      • Cabe merah, sesuai selera pedas
      • Terasi , sesuai selera
      • 3 siung bawang merah
      • 2 siung bawang putih
      • Merica, sesuai selera
      • 4 biji kemiri
      • Sedikit pala
      • 1 biji tomat
      • Saus tiram boleh ditambahkan waktu menumis bumbu halus kalau suka
      • Minyak makan (minyak goreng) secukupnya
      • 2 piring nasi putih
      • Kecap Asin/ kecap manis, sesuai seleraBahan-Bahan
      • Cara Membuat Nasi Goreng Kampung Aceh Spesial Pedas
        1. Cara Membuat Acar Bawang Merah : Cincang 4 siung bawang merah hingga halus. Cabe rawit Rendam dalam air panas, kemudian berikan cuka, kalau tidak suka pakai cuka, boleh juga diganti dengan jeruk nipis untuk acar bawang merah tanpa cuka.
        2. Cara Membuat Nasi Goreng : Masukkan kecap dengan nasi kemudian diaduk rata dan didiamkan sebentar, kemudian tumis bumbu halus sampai harum tambahkan garam, baru masukkan nasi yang sudah dicampur kecap.
        3. Aduk-aduk terus sampai bumbu dan nasi tercampur rata. Hati-hati jangan sampai gosong nasinya.
        4. Ketika hampir masak masukkan potongan daun bawang dan seledri.
        5. Siap untuk dihidangkan dengan pelengkap acar bawang merah cabe rawit ijo, irisan tomat, bawang goreng dan kerupuk atau emping melinjo.
        6. Sajikan.
    • Cara Membuat Nasi Goreng Kampung Aceh Spesial Pedas

      1. Cara Membuat Acar Bawang Merah : Cincang 4 siung bawang merah hingga halus. Cabe rawit Rendam dalam air panas, kemudian berikan cuka, kalau tidak suka pakai cuka, boleh juga diganti dengan jeruk nipis untuk acar bawang merah tanpa cuka.
      2. Cara Membuat Nasi Goreng : Masukkan kecap dengan nasi kemudian diaduk rata dan didiamkan sebentar, kemudian tumis bumbu halus sampai harum tambahkan garam, baru masukkan nasi yang sudah dicampur kecap.
      3. Aduk-aduk terus sampai bumbu dan nasi tercampur rata. Hati-hati jangan sampai gosong nasinya.
      4. Ketika hampir masak masukkan potongan daun bawang dan seledri.
      5. Siap untuk dihidangkan dengan pelengkap acar bawang merah cabe rawit ijo, irisan tomat, bawang goreng dan kerupuk atau emping melinjo.
      6. Sajikan.

  6. Resep Nasi Goreng Kampung Aceh Khas Penuh Rempah

    • Bahan-Bahan

      • 2 piring Nasi Putih
      • 1 ons Udang kupas
      • 2 butir Telur, di bikin dadar
      • sejumput Garam
      • 1/2 sachet kecil Kaldu bubuk
      • 1 sachet kecil Pala bubuk (harga 500 rupiah)
      • 1/2 bungkus kecil Terasi (harga 500 rupiah)
      • 3 siung Bawang Merah
      • 2 siung Bawang Putih
      • 1 buah Cabe Merah besar
      • Sejumput Lada
      • Sejumput Ketumbar
      • 1 butir Kemiri
      • Sepuas jari Lengkuas
      • Seruas jari Kunyit
      • 12 potong daging Gulai (sisa masak kemarin)
    • Cara Membuat Nasi Goreng Kampung Aceh Khas Penuh Rempah

      1. Haluskan Bawang Merah + Bawang Putih + Ketumbar + Lada + Kemiri + Cabe Merah + Kunyit + Lengkuas. Tumis Terasi + bumbu halus sampai harum. Masukkan Udang dan sisa daging Gulai. Masak sampai Udang berubah warna. Lalu masukkan Nasi Putih + Garam + Kaldu bubuk + Pala bubuk. Koreksi rasa.

      2. Sajikan hangat dengan pelengkap irisan Telur dadar + irisan Timun + irisan Tomat + Taburan bawang goreng + Kerupuk. Lebih nikmat di tambah Acar mentah.