Resep Perkedel Jagung Udang Yang Gurih Dan Enak

resep perkedel jagung udang

resep perkedel jagung udang atau juga disebut bakwan adalah makanan yang dibuat dari jagung, terigu, telur ayam, dan digoreng. Makanan ini berasal dari Indonesia. Beberapa variasi menggunakan bawang daun, cabe merah, bawang merah, dan bawang putih.

Perkedel jagung, di daerah Manado, dimakan bersama dengan sambal yang disebut dabu-dabu. Berikut ini saya akan menunjukan resep perkedel jagung udang , serta hal-hal lainnya mengenai cara membuat perkedel jagung yang gurih ini. Selamat Mencoba di rumah anda masing masing.

Sejarah Perkedel Jagung Renyah

Sejarah Perkedel Jagung

Perkedel sebetulnya merupakan suatu hidangan yang populer di negara Jerman, di mana makanan ini dikenal dengan sebutan Frikadellen. Bukan hanya itu.

Makanan ini juga merupakan salah satu kuliner khas di beberapa negara-negara Eropa, contohnya Denmark, Kepulauan Faroe, Norwegia, Polandia, Rusia, Estonia, Ukraina, Belanda, dan juga Lithuania.

Sementara di negara Afrika Selatan, perkedel telah menjadi bagian dari warisan kuliner bangsa Afrika lho.
Apa bedanya Perkedel dengan Frikadellen?

Perkedel terbuat dari campuran daging dan juga kentang. Tak jarang, bahan utama untuk membuat perkedel, seperti kentang, diganti dengan umbi-umbian, misalnya dengan singkong atau juga bisa dengan ubi jalar.

Namun, ada pula yang memakai tahu atau jagung sebagai pengganti kentang. Sementara itu, Frikadellen secara tradisional terbuat dari bahan daging sapi.

Juga bisa daging babi cincang atau campuran dari keduanya, yang kemudian diberi dengan bumbu dari bawang, telur, susu (atau air), remah-remah roti (atau oatmeal atau tepung), garam, dan merica.

Intinya, makanan perkedel versi Eropa menggunakan 100 persen daging, sedangkan perkedel versi Indonesia menggunakan campuran antara kentang dan daging

Asal Kata Perkedel?

Perkedel merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa Belanda yaitu Frikadel. Mungkin dulu saat orang Belanda mengatakan Frikadel, lidah orang Indonesia agak keseleo saat menirukan kata  Frikedel. Alhasil, sekarang ini kita menyebut makanan ini dengan nama perkedel.

Perkedel Bule Masa Kini

Erika Penzer Kerekes berkebangsaan Amerika memiliki ide untuk mengolah kentang yang diberi nama Mash Potato Pops. Secara tampilan, Mash Potato Pops ini benar-benar bulat dengan lapisan renyah di luarnya. Isiannya pun bervariatif seperti bacon, keju dan bisa apapun sesuai selera.

Akan tetapi, dari bahan yang digunakan dan proses pembuatannya, makanan ini bisa juga dikategorikan sebagai Perkedel atau Frikadellen meskipun saya tidak yakin Erika tahu Perkedel Indonesia itu seperti apa.

Resep Perkedel Jagung Udang Yang Gurih Dan Enak

Kali ini saya akan membahas artikel tentang resep perkedel jagung udang mungkin ibu-ibu sudah tidak asing dengan bakwan jagung ini.
bahkan jagung juga digunakan sebagai minyak makan, tepung maizena bahkan pada industri-industri kimia dan kosmetika serta farmasi.
Jagung merupakan tanaman pangan yang masih sekeluarga dengan rerumputan ini pada awalnya berasal Amerika Tengah namun saat ini telah banyak dibudidayakan diberbagai negara di dunia.

Rahasia resep perkedel jagung udang dan juga kriuk adalah sedikit tepung beras dan juga cara menggorengnya. Adonan Perkedel dituangkan melebar agar nantinya Perkedel bisa matang dengan permukaan yang renyah.

Penggunaan telur juga sebaiknya dihindari, karena bahan yang satu ini akan dapat membuat Perkedel jadi lembek. Bagi Anda yang segera ingin tahu resep perkedel jagung renyah, berikut ini kami akan tampilkan resep perkedel jagung udang.

Cara Membuat Bakwan Jagung Udang

Sudah pernah mencicipi bakwan jagung Udang, Gorengan ini memiliki tampilan beda, karena menggunakan jagung yang dihaluskan dan bumbu rempah yang lebih beragam.
Rasanya pun cenderung pedas dan bagi yang pecinta pedas recomanded jika ingin mencoba membuat bakwan jagung pedas ini.
Bagaimana resep perkedel jagung udang ala ala sendiriyang enak? Berikut ini kami tampilkan resepnya.
Menjadi ibu rumah tangga, tentu kerap dibuat  bingung dengan dilema memasak karna malas.
Sebelum mengetahui bahan apa saja yang digunakan untuk resep cara membuat perkedel jagung udang ini ada hal.
Jagung yang digunakan harus keadaan fresh atau segar, hal ini agar bakwan yang dihasilkan lebih enak dan renyah dan rasanya yang gurih.

Bahan Utama Bakwan: 

– 100 gram jagung manis
– 200 gram jagung manis
– 75 gram udang kupas

Bahan dan Bumbu perkedel : 

-100 gram tepung terigu
– 3/4 sendok teh gula pasir
– 1 butir telur
– 1 tangkai daun seledri, diiris
– 30 gram tepung beras
– 1/4 sendok teh merica bubuk
– 3/4 sendok teh garam minyak untuk menggoreng

Bumbu Perkedel yang Dihaluskan: 

– 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
– 2 siung bawang putih
– 3 butir bawang merah
– 2 buah cabai merah keriting

 Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Diolah: 

1. Untuk yang pertama bisa dilakukan adalah dengan membersihkan jagung manis dan membuang beberapa bagian yang tidak akan digunakan, seperti diantaranya adalah bagian cangkang jagung, rambut jagung dan juga bonggol jagung. Bersihkan bagian ini secara bertahap, mulai dari membersihkan cangkang jagung dnegan ditarik kebagian belakang dan bersihkan dengan membuang bersama dengan bagian bonggolnya. Tarik     dengan perlahan hingga bagian ini bersih secara merata.
2. Setelah itu, bersihkan pula bagian rambut jagung dengan menggunakan tangan secara merata. Setelah bagian luar dibersihkan, jagung manis yang ukurannya 200 gram kita akan sisir dengan menggunakan pisau dan tempatkan hasil sisirannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
3. Sementara untuk jagung dengan ukruan 100 gram silahkan parut dengan   menggunakan parutan hingga halus secara merata. Masukkan hasil parutan ini dalam wadah yang berbeda dari jagung sebelumnya dan sisihkan sementara.
4. Sekarang kita akan bersihkan udangnya. Udang dibersihkan terlebih dahulu dari kepala dan juga kulitnya. Sisakan bagian ekor dan daging udang saja.
5. Lalu setelah itu, cincang udang dengan menggunakan pisau secara merata dan masukkan hasil cicangannya dalam wadah.

Cara Membuat Perkedel Jagung Udang: 

1. Campurkan jagung manis bersama dengan udang, terpung terigu, telur, daun selederi, merica bubuk, gula pasir, bumbu halus dan juga tepung beras.
2. Aduk-aduk semua bahan ini hingga tercampur merata dengan menggunakan sendok sayur atas sendok dengan ukuran lebih besar agar anda lebih mudah melakukannya.
3. Siapkan wajan diatas kompor yang menyala dan masukkan minyak goreng kedalamnya     tunggu hingga minyak ini panas secara merata.
4. Bentuk bulat pipih adonan jagung manis dan goreng kedalam minyak panas hingga perkedel matang dan berwarna keemasan. Setelah itu, jangan lupa untuk membalikannya.
5. Angkat perkedel jagung dengan menggunakan serokan dan spatula. Tunggu sementara sambil ditiriskan minyaknya dan sajikan dalam pirig saji.
Hidangan ini akan lezat dijadikan lauk bersama dengan nasih hangat dan nikmati selagi masih panas dengan sambal pedas yang enak.
Sekian artikel tentang resep perkedel jagung udang terimakasih. Jika anda ingin mengetahui artikel lainya seperti resep black forest ekonomis yang lembut dan enak dijamin lah bunda.