Resep Agar Agar Santan Telur Buat Keluarga Dirumah

resep agar agar santan telur
Kali ini saya akan membahas tentang resep agar agar santan telur bisa dibilang sangat mudah. kalian cukup membeli agar agar instan dan ikutilah proses cara membuat agar agar santan telur  dibawah ini.

Selain rasanya yang enak dan manis, agar agar santan yang biasa disebut juga agarosa ini juga banyak mengandung kandungan serat atau fiber yang sangat berguna sekali buat sistem pencernaan tubuh kita.

Dan makanan yang berasal dari rumput laut ini juga mengandung kalori dan lemak yang sangat rendah sehingga cocok sekali sebagai makanan pengganti buat teman teman yang lagi menjalani proses pengurusan badan.

Proses melewati saluran pencernaan tubuh, Resep cara membuat agar agar santan telur juga bisa mengangkut dan menyerap sisa sisa lemak jenuh yang ada di dalam tubuh kita untuk dibuang bersama sisa makanan yang lain.

Cek artikel lainya tentang resep udang saus padang gengs yang enak buat keluarga dirumah pasti nya enak dan gurih dijamin yang pastinya mudah membuatnya.

1. Air  Lebih Dulu Masuk ke Bubuk Agar – Agar

Proses pertama dalam resep agar agar santan telur yang benar adalah memasukkan air lebih dulu. Ini pertanyaan pertama dalam membuat agar – agar instan. Di dalam panci, masukkan air lebih dulu atau bubuk agar – agar dahulu? Terlihat sepele kan teman – teman, tapi hal ini penting untuk kita ketahui.

Memangnya  apa pengaruhnya? Yang benar, kita harus masukkan agar – agarnya lebih dulu. Kemudian, baru tuang air sedikit demi sedikit ke bubuk agar – agar sambil terus diaduk.

Dengan begitu, agar – agar dijamin tidak akan menggumpal. Jadi, sekali lagi  kalian harus ingat, air yang harus masuk ke bubuk agar – agar, bukan bubuk agar – agar yang dituang ke dalam panci berisi air. Seandainya terbalik, kemungkinan menggumpal akan jadi makin besar.

2. Aduk Terlebih Dahulu, Barulah Nyalakan Api

Nah, selama proses no. 1 dilakukan, janganlah menyalakan api kompor terlebih dahulu. Pastikan api kompor kalian masih dalam keadaan mati. Pasalnya, kalau sudah dinyalakan, agar – agar bisa keburu mengental sebelum selesai diaduk rata.

Agar – agar pun akhirnya akan menggumpal. Jadi, aduklah dahulu agar – agar, air dan gula sampai rata betul. Lalu baru nyalakan kompor dengan api sedang.

3. Aduk Terus Sampai Mendidih

Proses resep agar agar santan telur yang ketiga adalah aduklah agar – agar hingga mendidih. Jangan pernah meninggalkan agar – agar yang sedang kalian masak, karena apa?

Pertama, agar – agar sangat mudah menggumpal jika kalian diamkan. Kedua, agar – agar bisa menjadi meletup-letup saat mendidih. Takutnya, apabila ditinggalkan, letupannya bisa keluar dari panci, apalagi jika panci yang digunakan kecil.

Jadi, sejak api dinyalakan, pastikan terus mengaduk agar – agar hingga mendidih dan api mati. Jangan lupa juga gunakanlah spatula tahan panas agar tangan tetap aman.

Satu tips lagi tambahan bagi pemula. Agar – agar instan tipe jeli selalu dilengkapi dengan bubuk acid yang terpisah dari kemasan. Nah, untuk kalian yang pemula sering kebingungan, kapan waktu yang tepat untuk memasukan bahan penambah rasa asam dan segar ini.

Waktu yang tepat adalah tambahkan acid setelah api kompor dimatikkan. Jadi, masak agar sampai mendidih, lalu matikkan api kompor, baru masukkan acid. Sudah jelas, kan guys? Selamat mencoba membuat agar – agar nikmat untuk keluarga kalian, yaa.

Resep Membuat Agar – Agar Yang Lezat

Meski sangat populer di Indonesia, agar – agar sebenarnya bukanlah makanan asli dari Indonesia. Sebenarnya, makanan agar – agar berasal dari Jepang, dan dibuat dari rumput laut yang diolah sehingga membentuk gel. Berikut ini kami akan menyajikan beberapa resep cara membuat Agar – Agar telur dan Enak yang pasti anda sukai.

Resep Cara Membuat Agar – Agar Santan Telur

Bahan – Bahan Untuk Membuat Agar – Agar Santan Telur

  • 1 bungkus agar-agar swallow warna hijau
  • 3 gelas air
  • 10 sdm gula pasir
  • 65 ml santan kara
  • Telur

Cara Membuat Agar – Agar Santan telur

  1. Tuangkan air ke dalam panci, masukkan agar-agar swallow dan gula pasir ke dalam air, kemudian diaduk dan tambahkan aduk dengan telur yang sudah di kocok.
  2. Taruh panci diatas kompor lalu masalalu matikan api.
  3. Tuang ke dalam cetakan, tunggu sampai dingin kemudian sajikan.

Bagaimana teman – teman, cukup mudahkan cara membuat agar – agar santan telur. Bahkan kalian bisa membuat berbagai resep agar – agar yang kalian sukai dan kalian juga langsung mengetahui manfaat apasajakah yang ada dalam agar – agar yang kalian konsumsi.

Tips Cara Membuat Agar Agar Santan

Pasti hampir semua teman teman sudah membayangkan dan mempunyai gambaran bahwa cara membuat agar agar santan ini sangat sederhana dan mudah sekali untuk dilakukan.

Ya, sama seperti resep makanan yang menggunakan bahan baku bubuk agar agar yang lain, cara pembuatan agar agar santan telur memang sangat mudah sekali dan praktis.

Tidak perlu seorang koki atau orang yang hobi masak untuk bisa membuat resep sederhana ini karna siapapun bisa membuatnya.

Bahkan buat remaja putri yang masih sekolah pun dengan mudah bisa membuat agar agar sendiri di rumah tanpa dibantu oleh orang lain/orang tua.

Tentu saja, ada beberapa macam tips membuat agar agar yang harus diperhatikan, seperti

  1. Komposisi air dan serbuk agar agarnya harus benar benar pas supaya didapat tekstur yang kenyal dan nikmat dan enak.
  2. Setelah agar selesai direbus dan dicampur dengan bahan-bahan lain, resep makanan ini sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan agar tingkat kekenyalannya tepat dan  teksturnya lembut saat dikunyah.
  3. Apabila teman teman berniat menambahkan bahan yang lain, seperti buah buahan sebaiknya di dimasukkan saat agar agar masih panas supaya bisa menyatu sempurna dengan adonan agar agarnya.
  4. Lebih baik menggunakan santan dari perasan buah kelapa supaya hasilnya lebih gurih dan enak lezat. Kalau tidak ada, bisa menggunakan santan instan yang banyak di jual di toko atau pasar.

Oke, itu tadi sedikit penjelasan tentang tips cara membuat agar agar santan telur sederhana.

Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Agar-Agar

Nama Bahan Makanan : Agar-Agar
Nama Lain / Alternatif : – 
Fod weight = 100 gr
Bdd / Food Edible= 100 %
Energi Agar-Agar = 0 kkal
Protein Agar-Agar = 0 gr
Lemak Agar-Agar = 0,2 gr
Karbohidrat Agar-Agar = 0 gr
Kalsium Agar-Agar = 400 mg
Fosfor Agar-Agar = 125 mg
Zat Besi Agar-Agar = 5 mg
Vitamin A Agar-Agar = 0 IU
Kandungan Vitamin B1 Agar-Agar = 0 mg
Vitamin C Agar-Agar = 0 mgdia)
Khasiat / Manfaat Agar-Agar : – (Belum Terse
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : A
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber-sumber lainnya.

Keterangan 

Riset/penelitian pada Agar-Agar yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi hasilnya.

Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Agar-Agar ini karna saya mendapat dari sumber tertentu.

Anda juga bisa membuat resep cara membuat agar agar santan coklat dengan menambahkan coklat ke dalam bahan bahan yang sudah di siapkan di atas.

Selain itu, teman teman bisa juga menambahkan beberapa macam potongan buah buahan seperti strawbery, anggur, melon dan buah buahan yang lain.

Selamat mencoba Untuk ide memasak yang lain, silahkan mencoba sedikit artikel tentang cara membuat agar agar santan coklat  semoga artikel ini bermamfaat bagi pembaca.

Jika ingin lebih jelas lagi cek cara membuat agar agar yang enak dan lezat yang pasti sehat untuk keluarga dirumah.

Yahh, jadi itulah tadi artikel resep agar – agar santan telur dilengkapi dengan resep dan manfaat agar – agar semoga bisa menjadi manfaat untuk kalian yaaa. Sekian dan selamat mencobanya sendiri.