Cara Memilih PK AC yang Cocok untuk Dibeli

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara memilih PK AC yang cocok untuk anda beli. Pendingin ruangan atau AC ( air conditioner ) mungkin sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan. Ya tentu karena tinggal di daerah perkotaan sangat memiliki hawa yang panas ditambah dengan pabrik dan kendaraan yang ada.

Mungkin dengan menggunakan AC adalah salah satu jalur alternatif yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan udara yang sejuk di dalam rumah. Tentu sangat nyaman bukan setelah keluar dari rumah dan terkena udara yang sangat panas langsung masuk ke dalam rumah yang udaranya dingin. Sangat menyenangkan dan sangat nyaman bukan berada pada ruangan yang terpasangi dengan AC tersebut.

Nah jika anda belum mempunyai AC dan ada rencana akan membeli AC. Hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli AC adalah dengan memilih ukuran PK yang pas dengan ruangan yang akan dipasangi dengan AC. Mengapa harus memperhatikan hal tersebut ? Sebab jika anda tidak memperhatikan hal tersebut maka anda akan mendapatkan AC yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan yang anda perlukan.

Hal tersebut bisa menjadikan anda sia – sia sebab AC yang anda beli tidak mengeluarkan udara yang dingin ke seluruh ruangan. Nah sangat penting bukan memperhatikan ukuran PK pada AC yang akan anda beli tersebut. Agar nantinya anda tidak menyesal dan kecewa setelah membelinya.

Jika anda bertanya – tanya bagaimana cara memilih ukuran PK yang pas untuk ruangan anda ? Disini saya akan menjelaskan cara memilih PK AC yang cocok untuk anda beli. Tak perlu panjang lebar lagi berikut cara memilih PK AC yang cocok untuk dibeli.

Cara Memilih PK AC

Nah untuk memilih PK AC yang cocok untuk anda beli ada dua rumus yang bisa anda gunakan.

1. Rumus Pertama

Rumus yang pertama yaitu dengan cara menghitung menghitung kebutuhan AC yang akan anda gunakan di rumah.

Cara memghitung = ( Panjang x Lebar x Tinggi ruangan x Faktor 1 x 37 ) + ( Jumlah orang yang ada di rumah x Faktor 2 )

Untuk angka faktor 1 yaitu untuk kamar tidur = 5, untuk kantor = 6 dan jika digunakan untuk restoran, salon, warnet ataupun digunakan untuk mini market = 7. Nah jika untuk angka faktor 2 yaitu untuk orang dewasa = 600 btu dan untuk anak – anak = 300 btu.

2. Rumus Kedua

Untuk menghitung PK AC dengan menggunakan rumus yang kedua ini jauh lebih simple dibandingkan degan rumus pertama. Dan rata – rata kebanyakan orang menggunakan rumus ini untuk menghitung kebutuhan AC meskipun rumus ini tidak seakurat rumus yang pertama.

Untuk menghitung kebutuhan AC yang akan digunakan anda hanya perlu menggunakan rumus berikut :

Panjang x Lebar ruangan x 500 sampai 1000 btu tergantung dengan lokasi yang akan dipasangi ac, lantai dasar atau lantai atas ruangan, arah sinar matahari dan juga dengan tingkat suhu dingin yang anda suka.

Dikalikan dengan 500 btu jika AC dipasang di koridor kantor, koridor lift ataupun juga dengan tempat yang sama sekali tidak membutuhkan udara dingin. Dengan 600 btu untuk AC yang dipasang pada kamar yang tidak terkena sinar matahari. Untuk 700 btu jika AC dipasang pada kamar yang terkena dengan sinar matahari.

Dikalikan dengan 800 btu untuk AC yang dipasang pada kamar yang atapnya cor beton. Yang terakhir dikalikan dengan 1000 btu jika AC tersebut memang diinginkan dingin sekali.

Jika anda membutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan dengan luas 3 x 3 m maka AC yang harus terpasang pada ruangan tersebut memiliki ukuran PK minimal 1/2 PK atau sama dengan AC yang memiliki BTU sebesar 5000.

Itulah cara memilih PK AC yang cocok untuk anda beli. Jadi sangat penting bukan memilih PK AC yang sesuai dengan kebutuhan anda di rumah apalagi jika AC tersebut akan anda pasangi pada kamar tidur anda yang menjadi tempat istrahat anda. Tentu sangat tidak nyaman bukan jika PK yang ada pada AC yang ada di kamar tidak sesuai dengan luas ruangan tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli AC

Jika anda bertanya selain memperhatikan ukuran PK AC hal apa yang harus diperhatikan saat akan membeli AC bukan ? Nah saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda akan membeli AC agar nantinya anda tidak menyesal.

  1. Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu jenis AC yang akan anda gunakan nanti. Jika anda akan menggunakan AC di rumah maka AC yang cocok untuk anda beli yaitu AC dengan jenis AC split.
  2. Penempatan AC setelah anda membelinya. Hal ini harus benar – benar diperhatikan karena hal ini juga bisa mempengaruhi kinerja pada AC. Jangan pasang AC didepan pintu ya.
  3. Pilihlah unit AC yang menggunakan fitur mudah untuk digunakan. Seiring dengan berjalannya waktu ada berbagai merk AC yang dijual dipasaran. Pada setiap merk AC tentu memiliki kelebihan fitur yang berbeda – beda.
  4. Belilah AC yang hemat listrik. Nah pada sekarang ini ada tipe AC yang bisa anda beli yaitu tipe low watt, standar dan juga dengan tipe inverter.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda akan membeli AC. Nah pembaca sekalian jika anda sudah mempunyai AC anda juga jangan sampai lupa untuk tetap menjaga dan merawat AC yang anda punyai. Sebab jika anda tidak rawat AC yang anda punyai maka AC akan mengalami beberapa masalah yang bisa datang dengan tiba – tiba.

Masalah AC Tidak Dirawat
  • Filter pada AC akan menjadi kotor. Jika hal ini terjadi maka bisa mempengaruhi aliran udara yang ada pada AC dan menjadikan penurun kemampuan dalam mendinginkan ruangan.
  • AC bocor merupakan salah satu masalah yang mungkin sudah umum dijumpai. Kebocoran pada AC bisa terjadi karena saluran pembuangan pada AC tersebut tersumbat degan kotoran ataupun juga dengan debu.
  • Mengeluarkan suara yang berisik. AC juga bisa mengeluarkan suara yang brisik jika AC tersebut tidak dirawat secara rutin. Hal ini bisa terjadi karena adat baut ataupun skrup yang sudah kendur ataupun dengan hal lain sebaginya.
  • AC tiba – tiba mengalami mati hidup saat dinyalakan. Nah untuk hal ini anda bisa menggunakan jasa teknisi service AC Jogja untuk membantu menangani masalah tersebut.

Beberapa masalah AC yang tidak dirawat terbut bisa terjadi pada anda jika anda tidak merawat AC secara rutin dan dengan baik dan benar. Jadi anda harus tetap merawat dan menjaga kebersihan ruangan yang terpasangi degan AC tersebut agar AC tetap berjalan degan normal.

Jika mempunyai masalah dengan AC dan anda tidak bisa memperbaikinya sendiri. Anda bisa menggunakan teknisi service AC Jogja untuk membantu menangani masalah AC yang ada di rumah anda.