Aneka Resep Kue Lapis Manis Lezat dan Bisa Dicoba Di Rumah Sendiri

cara membuat kue lapis

Aneka Resep Kue Lapis – Kue lapis adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan rasanya yang khas. Kue lapis ini memiliki tekstur kenyal yang biasanya memiliki warna menarik dan berbeda yang disusun berlapis-lapis.

Makanan ini dibuat dengan campuran bahan, dengan bahan utama adalah tepung beras. Kue lapis ini cocok untuk dihidangkan di berbagai acara atau untuk camilan di sore hari. Manisnya kue ini akan selalu memanjakan lidah dan keluarga Anda.

Pada artikel Aneka Resep Kue Lapis ini Akan saya bagikan Aneka Resep Kue Lapis yang bisa anda buat sendiri di Rumah pastinya. Penasaran bagaimana Aneka Resep Kue Lapis ? Simak berikut ini

Aneka Resep Kue Lapis

Bahan untuk Aneka Resep Kue Lapis

  • 185 gram tepung beras.
  • 150 gram gula.
  • 12 sendok teh garam.
  • 7 tetes pewarna hijau.
  • 800 ml santan diambil dari 1/2 kelapa.
  • 1/8 sendok teh bubuk vanili.

Langkah dan Cara Membuat Adonan Kue Lapis

  1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat campuran.
  2. Kemudian masukan bahan-bahan seperti tepung beras, garam, gula, dan bubuk vanila.
  3. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Ambil santan yang sudah Anda siapkan.
  5. Kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran sambil diaduk sampai merata dan campuran menjadi licin.
  6. Ketika campuran selesai, silakan bagi menjadi dua bagian.
  7. Tambahkan pewarna makanan hijau ke salah satu adonan.
  8. Lalu aduk hingga merata.
  9. Sedangkan adonan lainnya dibiarkan putih.
  10. Jika Anda telah menyisihkan adonan terlebih dahulu.

Langkah dan Aneka Resep Kue Lapis

  1. Siapkan loyang yang akan dipakai untuk mengukus kue lapis ini.
  2. Kemudian oleskan wajan menggunakan minyak dan tutupi dengan tikar plastik.
  3. Setelah itu, panaskan wajan di dalam uap yang sudah Anda siapkan.
  4. Tunggu sampai wajan benar-benar panas. Setelah panas, tuangkan sedikit campuran putih ke dalam wajan.
  5. Kukus campuran tersebut selama sekitar 5 menit atau hingga tekstur campuran menjadi keras.
  6. Jika sudah seperti itu, tuangkan campuran lagi. Namun campuran kedua yang dituang kali ini adalah adonan hijau.
  7. Tuang campuran hijau ini di atas campuran putih. Dikukus sampai teksturnya keras. Jika campuran hijau telah mengeras, tambahkan lagi campuran putih.
  8. Kukus lagi sampai mengeras.
  9. Lakukan langkah yang sama dan ulangi dengan adonan bergantian sampai campuran habis.
  10. Setelah campuran selesai, sehingga kue lapis yang Anda buat benar-benar matang, Anda harus mengukusnya selama sekitar 10 menit.
  11. Kemudian setelah kue matang, matikan kompor dan angkat.
  12. Diamkan sebentar sampai kue dingin.
  13. Setelah dingin potong menjadi ukuran dan bentuk sesuai selera Anda.
  14. Terakhir, Anda bisa langsung menyajikannya ke piring atau tempat makanan yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Saran Penyajian untuk Aneka Resep Kue Lapis

Setelah kue lapis dimasak, potong-potong.

Anda dapat memotongnya sesuai selera atau sesuai dengan kebutuhan Anda.

Siapkan tempat saji atau piring saji yang akan dipakai untuk menyajikan kue lapis kali ini.

Ambil beberapa potong kue lapis dan sajikan di tempat saji yang telah Anda siapkan.

Jika Anda membuat kue lapis ini sebagai makanan ringan untuk menghibur tamu atau orang-orang istimewa, sehingga terlihat lebih menarik, Anda dapat menatanya dengan rapi di piring saji.

Kue lapis ini memiliki rasa manis. Yang menambah kesenangan, saat makan kue ini Anda bisa menemaninya dengan teh hangat. Karena kue lapis sudah memiliki rasa yang manis, disarankan untuk memilih teh yang hangat sebagai teman. Jika suka, Anda bisa menyajikan kue lapis ini dalam kondisi dingin.

Kue Lapis

Kue Lapis

Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini biasanya terdiri dari dua lapis, ini memberikan nama kue ini. Terbuat dari tepung beras, tepung, santan, gula pasir, garam dan pewarna.

Kue ini dikukus setiap lapisan sebelum kemudian lapisan atas ditambahkan. Kue ini ditemukan di banyak daerah di Indonesia. Pewarna yang digunakan untuk kue lapis dapat terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup mawar (merah).

Lapis Legit

Lapis legit

Lapis legit atau spekuk adalah salah satu tipe kue basah tradisional dari Indonesia. Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi oleh kue lapis Eropa.

Lapis legit terbuat dari berbagai macam rempah yang sangat disukai oleh orang Eropa, termasuk kapulaga, kayu manis, cengkeh, biji bunga, dan adas manis, sehingga rasanya sangat kaya akan aroma rempah-rempah.

Kue ini terbuat dari kuning telur, tepung, gula, dan mentega / margarin memiliki rasa manis dengan tekstur lembut namun kokoh. Adonan kue dipanggang dalam oven secara bertahap hingga membentuk lapisan yang umumnya berjumlah 18 lapisan atau lebih.

Karena banyaknya lapisan pada lapisan yang sah, kue ini juga dikenal sebagai kue seribu lapis. Di Indonesia kue ini sangat populer. Lapis legit biasanya disajikan pada acara-acara dan hari libur tertentu, seperti Tahun Baru Cina, Idul Fitri dan Natal. Kue ini juga disajikan sebagai hadiah di perayaan lokal, seperti pernikahan dan ulang tahun.

Manfaat Tepung Beras untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya susu yang memiliki kandungan kalsium. Tepung beras juga memiliki kalsium di dalamnya, yang tentu saja kalsium sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan tulang.

Mengkonsumsi tepung beras dapat digunakan sebagai cara untuk melengkapi kebutuhan kalsium harian jika Anda tidak suka atau alergi terhadap protein susu.

Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium untuk tulang, tulang dapat terhindar dari osteoporosis. Anda juga bisa memanfaatkan seledri untuk tulang.

2. Perkuat Gigi

Tidak hanya tulang dan mencegah tulang terkena osteoporosis, kalsium juga dibutuhkan oleh gigi.

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium seperti tepung beras dapat membantu memperkuat gigi dan menjaga kepadatan gigi sehingga gigi tidak mudah mengalami perforasi.

3. Cegah Anemia

Tidak hanya bayam yang mengandung zat besi. Tepung beras juga memiliki manfaat zat besi di dalamnya. Banyak makanan yang mengandung tepung beras dapat membantu sel darah untuk mengikat oksigen.

Dengan sirkulasi oksigen di dalam darah lancar, tubuh akan terhindar dari anemia yang sering dialami karena kekurangan zat besi.

4. Sumber Energi

Kandungan karbohidrat dalam tepung beras bisa menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh.

5. Tingkatkan metabolisme

Energi tubuh yang cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Karbohidrat dalam tepung beras sebagai sumber energi tubuh, dapat membantu membakar kalori dalam lemak di dalam tubuh. Kalori akan terbakar ketika tubuh sedang menjalani berbagai aktivitas.

6. Mencegah Panas Dalam

Panas dalam tidak hanya bisa diatasi dengan jeruk dan alang-alang. Tapi itu juga bisa diatasi dengan menggunakan tepung beras.

Manfaat vitamin C dalam tepung beras dapat membantu mengurangi dan mencegah panas dalam menyerang tubuh.

6. Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi tepung beras sesuai dengan levelnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Jika jumlah kalori yang dikonsumsi oleh tepung beras tidak terlalu banyak, maka kalori tersebut juga dapat dibakar karena aktivitas metabolisme yang dialami tubuh disebabkan oleh kandungan karbohidrat yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat membantu menjaga berat badan.

Mungkin sekian dahulu artikel Aneka Resep Kue Lapis dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Cara Membuatt Kue Lapis dan Aneka Macam Kue Lapis, Mudah dan Lezat yang tentunya uenak banget dan mudah. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.