Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis Dan Tentunya Enak

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara memasak sarden kaleng agar tidak amis yang mudah dan tentunya menyehatkan. Karena ikan terkenal dengan bau amis yang menyengat ketika kita memasak tidak dengan cara yang benar setelah matang pun ikan tetap amis. Oleh karena itu, simak cara memasak yang benar ini.

Ikan Sarden

ikan sarden

 

Sarden adalah ikan yang berukuran relatif kecil dan banyak ditemukan di laut dingin seperti Atlantik, Pasifik, dan Mediterania. Ikan ini tinggi asam lemak omega-3, vitamin D dan beberapa merkuri. Maka itu ikan sarden adalah ikan yang sangat sehat untuk dikonsumsi.

Sarden adalah jenis ikan yang sangat populer. Harganya selai cocok untuk semua orang, tapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bahkan sekarang, sarden dikalengkan seperti sarden, yang membuatnya sangat nyaman dan tidak menghilangkan makanan sarden.

Cara membuat sarden kalengan yang sangat mudah yang biasa dijual di warung makan. Sehingga dalam keadaan darurat bisa menjadi santapan yang cukup praktis untuk disajikan sebagai santapan yang istimewa pula.

Tapi rasa sarden kalengan memang begitu dan beberapa orang bosan. Anda juga bisa membuat kreasi dari sarden kalengan ini agar rasanya lebih enak. Banyak orang menjadikan sarden sebagai menu yang sehat dan enak di rumah karena sarden kaya akan nutrisi dan memiliki rasa yang enak.

Sarden kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, kalsium, fosfor, omega 3 dan natrium. Selain ikan sarden ikan bandeng juga manfaatnya tidak kalah lho simak Resep Bandeng Presto. Baca Juga : Cara Memasak Sarden Kaleng Enak, Mudah, Dan Menyehatkan

Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis

cara memasak sarden kaleng agar tidak amis

Bahan – bahan :

  • 1 kaleng sarden
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang bombay
  • Pemandangan dari atas 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 batang kemangi, petik daunnya
  • 1 buah tomat merah
  • 3 siung bawang putih
  • Jeruk nipis 1 potong
  • Gula sesuka hati
  • Garam 2 sdm
  • Cukup air
  • Minyak goreng 2 sdm

Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis :

  1. Pertama kupas baawang hingga bersih atau bisa menggunakan alat pengupas bawang
  2. Setelah itu kita potong bumbu menjadi irisan. Cincang halus bahan seperti bawang bombay, cabai dan tomat merah. Anda bisa memotongnya menjadi potongan-potongan panjang atau kubus dan kemudian menyimpannya dalam wadah yang bersih.
  3. Haluskan bawang bombay dan bawang putih hingga lembut. Anda dapat menggunakan mortar atau mixer biasa untuk mempermudah pekerjaan.
    Ambil wajan lalu tuangkan sekitar 3 sendok makan minyak goreng secukupnya. Panaskan di atas kompor dengan api kecil, lalu tambahkan bawang bombay dan bawang putih halus. Aduk hingga kedua bahan matang dan harum.
  4. Tambahkan irisan cabai dan bawang bombay. Aduk kembali hingga semua bahan layu dan matang serta mengeluarkan aroma yang harum.
  5. Masukkan sarden ke dalam kaleng dan tuangkan air secukupnya juga. Kadar air bisa diatur sesuai selera. Aduk sesekali agar sarden tidak hancur.
  6. Tambahkan bumbu seperti garam, gula dan tomat, lalu cicipi sesuai selera. Sesaat sebelum diangkat, masukkan air kapur dan daun kemangi. Cukup aduk sekali, matikan api dan sarden spesial akan siap untuk Anda

Manfaat Ikan Sarden

manfaat ikan sarden

1. Membangun otot tubuh

Sarden adalah sumber protein dan asam lemak yang sangat baik. Makanya, dua nutrisi di atas dibutuhkan tubuh untuk membangun otot yang kuat. Protein dan asam lemak sama-sama berperan penting, protein sebagai komponen utama dan asam lemak sebagai sumber energi dalam pembentukan otot tubuh.

2. Baik Untuk Fungsi otak

Sarden tinggi omega-3 dan sangat berguna untuk pemeliharaan memori dan fungsi otak. Makan sarden secara rutin juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit otak.

3. Jaga kesehatan jantung Anda

Selain baik untuk Otal, omega-3 dalam sarden dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan sarden dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penggumpalan darah.

Selain itu, dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik bila kebutuhan asam lemak omega-3 terpenuhi.

4. Menjaga kesehatan tulang

Ikan sarden merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang bila dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

Selain itu juga dapat melindungi tulang dari berbagai penyakit bila kebutuhan kalsium dan vitamin D terpenuhi, seperti: B. penyakit tulang keropos dan osteoporosis.

5. Dukung kehamilan yang sehat

Ada omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan balita. Ini sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Saat kebutuhan omega-3 janin terpenuhi, perkembangan janin menjadi sehat dan kuat.

Demikianlah cara memasak sarden kaleng agar tidak amis, semoga dapat mengispirasi dan anda dapat mencobanya dirumah masing-masing.