Cara Membuat Jus Kurma Spesial Buat Anda yang Ada di Rumah

Semua orang yang tinggal di Arab pasti  tau dengan buah yang satu ini, iya siapa lagi kalo bukan buah kurma. Tapi buah ini tidak hanya di arab saja di indonesia juga sudah banyak yang jual.

Kurma sering muncul di saat lagi bulan puasa, karena buah ini di jadikan untuk takjil pada saat buka puasa. Dan buah ini sudah ada pada jaman terdahulu sejak nabi Muhamad SAW.

Nah, pada artikel kali saya akan menjelaskan tentang cara membuat jus kurma spesial yang gampang dan bikin ngiler. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu daerah mana yang memiliki kebun kurma terbesar.

 

Kurma

cara membuat jus kurma spesial

Buah yang sering kita jumpai di negara arab yaitu buah kurma adalah buah yang berasal dari pohon Kurma Phoenix dactylifera yang telah banyak dibudidayakan di berbagai negara yang beriklim tropis dan subtropis.

Dalam penanaman nya, Pohon Kurma yang juga merupakan keluarga dari pohon palem ini membutuhkan kondisi arid gersang dan semi-kering di wilayah yang musim panasnya panjang.

dengan curah hujan yang seminimal mungkin serta tingkat kelembabannya relatif rendah selama periode pematangan.

Berdasarkan kebutuhan iklim and kondisi lingkungan, kawasan geografis yang paling cocok untuk membudidayakan pohon. Kurma ini adalah kawasan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sehingga kawasan tersebut dikenal sebagai kawasan pengekspor buah kurma untuk seluruh dunia.

Buah Kurma yang berbentuk lonjong silinder dengan panjang sekitar 3-7cm dan diameter 2-3cm ini merupakan makanan tradisional umat Islam untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan.

 

Berikut Cara Membuat Jus Kurma Asli Enak, dan Simple

cara membuat jus kurma spesial

1.Cara Membuat Jus Kurma Spesial

Bahan-Bahan:

  • 4-5 butir butir kurma yang sudah matang dan sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berkuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Pisau tajam

Cara Membuat Jus Kurma Asli:

  1. Pertama yang harus di perlukan adalah dengan menyiapkan semua bahan dan alat seperti di atas
  2. Jika sudah semua, mari ke cara membuat nya
  3.  pertama, buang biji pada kurma, potong-potong mangga, peras jeruk untuk mendaptkan airnya.
  4. Kedua, masukan semua bahan kurma, mangga, air perasa jeruk, yogurt, madu dan air ke dalam belender.
  5. Ketiga, belender semua bahan sampai halus lalu tuangkan ke dalam gelas, jus kurma mangga jeruk telah siap dinikmati.
  6. Cara membuat resep jus kurma mudah bukan hanya perlu waktu kurang dari 10 menit minuman yang bernutrisi untuk bisa anda nikmati bersama keluarga di rumah.

2.Cara Membuat Jus Kurma Spesial Campur Susu

Bahan-Bahan:

  • 5 butir kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Susu coklat sesuai selera masing masing
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat Jus Kurma Asli Susu:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua bahand alat yang harus di perlukan seperti di atas
  2. Jika semua alat dan bahan nya sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya dan di potong menjadi beberapa bagian
  4. Masukan kurma ke dalam blender dan masukan juga potongan buah pisang ke dalam blender, tambahkan gula, susu kental manis sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 2 menit sampai bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan jus ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus kurma
  8. Jus kurma Arab siap di sajikan

 

Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Tinggi Serat

Tingginya kandungan serat pada kurma dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat dapat mencegah terjadinya konstipasi, sehingga memperlancar buang air besar.

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya di tubuh. Ada tiga jenis antioksidan utama yang terdapat pada kurma, yaitu flavonoid, carotenoid, dan asam fenolat.

Ketiganya dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti Alzheimer, degenerasi makula, hingga kanker dan penyakit jantung.

3. Sumber Gula yang Baik

Kurma memiliki rasa manis alami sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pemanis dalam makanan maupun minuman.

Kandungan gula pada kurma juga membuatnya berguna untuk memperbaiki kadar gula darah yang menurun akibat puasa, sehingga tubuh terasa lebih berenergi.

4. Membantu Persalinan

Mengonsumsi kurma saat akhir kehamilan dipercaya dapat mengurangi kemungkinan ibu hamil memerlukan augmentasi saat proses persalinan.

Augmentasi dalam proses kelahiran merupakan suatu metode yang dilakukan oleh dokter untuk meningkatkan terjadinya kontraksi saat proses kelahiran.

5. Baik Untuk Kesehatan Otak

Mengonsumsi kurma dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, kurma dianggap dapat membantu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, untuk memastikan manfaat kurma yang satu ini.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kurma mengandung banyak mineral termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral tersebut mampu membantu tubuh terlindungi dari kondisi kelainan tulang seperti osteoporosis.

7. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Kurma dianggap dapat membantu untuk mengontrol gula darah. Manfaat ini didapatkan dari kandungannya yang rendah akan indeks glikemik. Kandungan serat dan antioksidannya juga dapat membantu kadar gula darah menjadi lebih terkontrol.

 

1. Perhatikan tampilan fisik kurma

Kurma yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kurma yang tampilannya tidak terlalu basah, terlalu kering atau mengerut.

Hal ini disebabkan kandungan gula pada kurma yang basah menjadi cukup tinggi, selain itu kurma yang basah atau lengket kulitnya saat dipegang rentan mendapatkan pemanis berupa madu atau gula cair untuk menciptakan rasa manis berlebih pada kurma.

Sedangkan kurma yang kulitnya mengerut hingga kering menunjukkan kualitas yang sudah turun karena ukurannya mengecil yang disebabkan kurma sudah cukup lama.

Dari segi tampilan fisik, pilih kurma yang segar, tidak terlalu lengket atau basah saat dipegang, dan kulit ari yang masih menempel dengan baik.

Kurma dengan tampilan tersebut kualitasnya masih baik. Selain itu, memilih kurma yang masih menempel pada batangnya dinilai cukup baik karena mampu menjaga rasa manis dan kandungan gula menjadi tidak berlebihan.

2. Perhatikan warna

Meskipun ada berbagai jenis kurma, namun sebagian besar kurma memiliki warna kuning, merah, cokelat hingga kehitaman.

Perhatikan kualitas dan tampilan kurma dari warna untuk memastikan kurma masih segar dan berkualitas untuk dikonsumsi. Pilih kurma yang warnanya merata dan tidak tampak bagian rusak di permukaan kurma.

3. Pastikan tekstur dan rasa kurma

Mencicipi kurma menjadi salah satu cara jitu untuk mengetahui kualitasnya. Pastikan teksturnya masih segar, tidak kering dan berpasir. Mencicipi kurma Anda juga bisa mengetahui rasa manis kurma yang sesuai dengan selera Anda, ‘kan?

4. Perhatikan kemasan dan tempat penjualan

Jika Anda membeli kurma dalam kemasan, maka perhatikan tampilan fisik kemasan, pastikan terjaga dengan semua bagian tertutup rapat, tidak terbuka atau ada bagian yang berlubang. Jangan lupa pastikan tanggal kedaluwarsa kurma pada kemasan, ya.

Sedangkan jika Anda memilih kurma tidak dalam kemasan, maka usahakan memilih kurma yang dijual di wadah tertutup dan tidak ada kontaminasi fisik, seperti debu atau kotoran lainnya.

 

 

Nah, itu lah tadi artikel yang menjelaskan cara membuat jus kurma spesial dan beberapa khasiat buah kurma. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)