Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi Mudah, Sederhana, Buat Di Rumah !

Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu

Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi – Perkembangan zaman membuat makanan ringan tradisional semakin langka di pasar. Klepon adalah salah satu jajanan tradisional yang berbentuk bulat dan gula Jawa ditaburi parutan kelapa.

Biasanya, orang kuno menjual klepon di pasar tradisional atau membuat sendiri di rumah. Nah, bagi Anda yang ingin makan klepon, di mana Anda bingung, jangan khawatir. Pada artikel Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi kali ini, saya akan bagikan resep dan Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi yang mudah.

Pada artikel Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi ini Akan saya bagikan Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi yang dapat anda lakukan di Rumah sendiri. Penasaran bagaimana Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi ? Simak Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi berikut ini

Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi

Kue Klepon adalah salah satu jajanan pasar asli Indonesia yang telah cukup terkenal di seluruh nusantara dan masih populer di kalangan banyak orang saat ini. Kue klepon terdiri dari dua jenis, yaitu kue klepon yang terbuat dari tepung ketan dan juga kue klepon yang terbuat dari ubi.

Bahan untuk Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi

  • Tepung beras ketan 250 g.
  • Tepung beras 50 g.
  • 1350 ml air mineral.
  • Daun pandan secukupnya.
  • Garam 1 sdt.
  • Buah kelapa, diparut lalu dikukus.
  • Gula merah secukupnya, sisir halus.
  • Gula 3 sdm.

Langkah dan Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi

  1. Siapkan wadah bersih untuk meremas campuran.
  2. Daun pandan yang sudah dibersihkan kemudian diblender dengan 200 ml untuk digunakan sebagai pewarna alami. Sisihkan.
  3. Tambahkan tepung beras ketan, tepung beras dan garam.
  4. Aduk sampai tercampur rata. Tuang sedikit demi sedikit pewarna air, tuangkan sambil terus diaduk.
  5. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit 150 ml air mineral, tuangkan sambil terus diaduk. Jika campuran cukup kental, tidak perlu menambahkan air.
  6. Aduk sampai campuran mencapai ketebalan yang tepat untuk kemudian dibentuk dan diisi dengan gula merah.
  7. Ambil sedikit campuran, ratakan, dan beri sedikit gula cokelat yang sudah disisir sebelumnya. Tidak perlu terlalu banyak sehingga nanti ketika direbus tidak tumpah.
  8. Bentuk adonan menjadi bola. Ulangi poin 6 dan 7 sampai adonan habis.
  9. Rebus 1 L air, tunggu sampai mendidih.
  10. Masukkan klepon yang sudah terbentuk. Tunggu sampai klepon mengapung. Sambil menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa.
  11. Campur kelapa parut dengan gula dan garam secukupnya. Sisihkan.
  12. Kuras klepon yang sudah melayang.
  13. Lalu gulung atau taburi klepon dengan kelapa parut.
  14. Klepon siap disajikan. Lebih baik makan selagi masih hangat.

Kue klepon dapat disajikan kapan saja dan dalam suasana apa pun sesuai dengan kebutuhan kita. Biasanya Kue Klepon sangat populer di kalangan semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kue Klepon

Klepon atau kelepon adalah jenis makanan tradisional atau tradisional Indonesia yang termasuk dalam kelompok makanan ringan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah dan kemudian direbus dalam air mendidih.

Klepon yang sudah dimasak kemudian digulung kelapa parut sehingga melekat, sehingga klepon tampaknya memiliki kelapa parut. Biasanya klepon diletakkan dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Di Sumatera dan di Malaysia, klepon disebut “onde-onde”, sedangkan di Jawa dan bagian lain dari Indonesia makanan ringan yang disebut Onde-onde adalah tepung beras bebola yang mengandung kacang hijau yang diaduk dengan biji wijen.

Kita lebih terbiasa melihat telepon hijau, tetapi sekarang seiring dengan perkembangan zaman dan agar klepon tidak terkikis, maka ada banyak penjual yang menjual klepon dengan warna lain atau dibuat warna-warni juga bisa disebut klepon pelangi.

Klepon Jajanan Tradisional Indonesia

Klepon, salah satu dari ribuan jenis jajanan pasar tradisional di Indonesia yang siap memanjakan lidah Anda dengan rasanya yang manis dan manis. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau atau putih, kemudian diisi dengan gula merah dan kemudian dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih.

Akhirnya, ditutupi dengan kelapa parut. Klepon tidak hanya ditemukan di Indonesia, bahkan Malaysia, Brunei dan Singapura juga ada. Memberi nama telepon Anda sendiri hanya di Jawa. Di Sumatera dan Malaysia, klepon lebih dikenal sebagai Onde-onde.

Bahkan jika di Jawa, kue adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras yang mengandung adonan kacang hijau yang dibungkus dengan biji wijen dan kemudian digoreng. Karena penamaan yang berbeda, terkadang kesalahpahaman dan ambiguitas sering terjadi ketika merujuk dan menafsirkan kue.

Kita lebih terbiasa melihat telepon hijau, tetapi sekarang seiring dengan perkembangan zaman dan agar klepon tidak terkikis, maka ada banyak penjual yang menjual klepon dengan warna lain atau dibuat warna-warni juga bisa disebut klepon pelangi.

Bahkan isinya tidak lagi hanya gula merah, ada yang diisi dengan cokelat, stroberi, nanas, dan banyak lagi. Harga klepon murah, sehingga tidak jarang banyak orang memilih untuk membeli daripada membuatnya. Tetapi tidak ada salahnya mencoba membuat telepon sendiri di rumah.

Tepung Ketan

tepung ketan

Apa itu Tepung Ketan ?

Banyak kue tradisional Indonesia menggunakan tepung ketan dalam pembuatannya. Sebut saja klepon, wingko, kue ketan, kue gambir, pangsit, bubur candil, bulat, dan sebagainya. Teksturnya khas, yaitu berat menempel.

Tepung ketan terbuat dari ketan putih atau ketan hitam yang ditumbuk sampai halus. Untuk tepung ketan putih, warnanya sama seperti tepung beras. Tapi, ketika diencerkan, tepung ketan akan terasa lebih pekat dan lebih tebal dari tepung beras. 

Oleh karena itu, kue yang terbuat dari tepung ketan biasanya akan kenyal dan sedikit lengket karena pati yang tinggi dalam tepung ketan itu sendiri.

Fungsi Tepung Ketan

Tepung ketan digunakan sebagai bahan makanan. Biasanya digunakan untuk membuat makanan yang kenyal dan liat. Tepung ketan memiliki kandungan pati yang sangat tinggi.

Di dalamnya ada amylopectin, yang membuat tepung lengket lebih empuk, lebih empuk dari tepung lainnya. Karena mengandung pati, makanan yang terbuat dari tepung ketan biasanya cenderung mengenyangkan. Bisa dijadikan makanan alternatif bukan nasi.

Cara Mengolah Tepung Ketan

Seperti halnya tepung beras, tepung ketan juga termasuk tepung yang rentan terhadap bau dan kutu pengap. Oleh karena itu, penyimpanan harus sebaik mungkin. Jika tepung ketan tidak segera digunakan, Anda harus memasukkannya ke dalam wadah seperti tupperware dan menyimpannya di lemari es bawah.

Nah, jika Anda ingin membeli tepung ketan, pilihlah tepung ketan yang terbuat dari 100% tepung ketan, bukan campuran. Karena biasanya, campuran tepung ketan akan menghasilkan kue dengan tekstur lebih sedikit.

Konsumsi tepung ketan dengan aturan dan porsi yang sesuai maka anda akan mendapat manfaat yang baik. Tapi mengonsumsi sesuatu yang berlebih justru dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Mungkin sekian dahulu artikel Cara Membuat Kue Klepon dari Ubi dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Cara Membuat Kue Klepon Kreasi yang dapat Anda Buat Sendiri di Rumah yang tentunya uenak banget. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.