Resep Kue Bugis Sikaporo Mudah dan Dapat Anda Buat Di Rumah

Resep-Membuat-Kue-Sikaporo-Bugis

Resep Kue Bugis Sikaporo – Kue Bugis adalah salah satu kue tradisional yang memiliki rasa lezat, lembut dan mudah dibuat. Sebenarnya kue yang satu ini hampir sama dengan kue klepon, hanya yang membedakannya adalah ukuran dan bentuknya.

Pada artikel Resep Kue Bugis Sikaporo ini Akan saya bagikan Resep Kue Bugis Sikaporo yang tentunya bisa anda buat sendiri dirumah. Penasaran bagaimana Resep Kue Bugis Sikaporo ? Simak berikut ini

Resep Kue Bugis Sikaporo

Bahan untuk Resep Kue Bugis Sikaporo

  • Tepung beras 10 sendok makan, ayakan terlebih dahulu.
  • 300 ml santan kental.
  • 5 butir telur ayam, hanya putih.
  • 10 butir telur untuk ayam, pisahkan kuningnya saja.
  • 300 gr gula rafinasi.
  • Pewarna makanan 1/2 sendok teh (kuning).
  • Gelatin 1 bungkus berwarna hijau.
  • Gelatin 1 bungkus berwarna kuning.

Langkah dan Cara Membuat Resep Kue Bugis Sikaporo

  1. Untuk campuran pertama, siapkan wadah untuk mencampur 5 sendok makan tepung beras, 150 gram gula, 150 ml santan kental, putih telur, dan gelatin berwarna hijau, aduk hingga merata.
  2. Campuran kedua, siapkan wadah baru untuk mencampur 5 sendok makan tepung beras, sisa gula, sisa santan, kuning telur dan gelatin kuning, aduk kembali hingga merata dan halus.
  3. Selanjutnya masukkan campuran pertama dalam wajan yang disiapkan, kemudian kukus sampai benar-benar kental dan keras.
  4. Angkat uap tadi, lalu tuangkan di atas campuran keras dari campuran kedua, oleskan dan kukus lagi sampai matang.
  5. Kue Sikaporo siap disajikan dan dinikmati

Kue bugis adalah kue Indonesia atau camilan tradisional dari tepung beras ketan lunak, diisi dengan kelapa parut manis. Nama ini disarankan untuk dikaitkan dengan kelompok etnis Bugis Sulawesi Selatan sebagai makanan tradisional mereka, dan itu berasal dari Makassar. Di Jawa kue yang hampir sama disebut kue mendut.

Kue bugis, bersama dengan kue lapis dan nagasari adalah di antara kue populer atau makanan ringan manis tradisional Indonesia, yang biasa ditemukan di pasar tradisional Indonesia sebagai jajan pasar.

Kue ini terbuat dari tepung ketan (beras ketan) sebagai kulitnya, diisi dengan daging kelapa parut yang dimaniskan dengan gula aren. Kulitnya terbuat dari adonan pipih yang terbuat dari campuran tepung ketan, tepung gandum, kentang tumbuk, santan (santan), gula dan garam, dan diwarnai dengan suji atau pandan berwarna hijau.

Isi manisnya terbuat dari parutan kelapa, gula aren, garam, dan daun pandan untuk aroma. Kue bugis tradisional dibungkus dengan daun pisang, biasanya daun pisang muda yang tipis dan berwarna hijau kekuningan, namun versi kontemporer mungkin menggunakan pembungkus plastik.

Tepung Ketan

tepung ketan

Apa itu Tepung Ketan ?

Banyak kue tradisional Indonesia menggunakan tepung ketan dalam pembuatannya. Sebut saja klepon, wingko, kue ketan, kue gambir, pangsit, bubur candil, bulat, dan sebagainya. Teksturnya khas, yaitu berat menempel.

Tepung ketan terbuat dari ketan putih atau ketan hitam yang ditumbuk sampai halus. Untuk tepung ketan putih, warnanya sama seperti tepung beras. Tapi, ketika diencerkan, tepung ketan akan terasa lebih pekat dan lebih tebal dari tepung beras. 

Oleh karena itu, kue yang terbuat dari tepung ketan biasanya akan kenyal dan sedikit lengket karena pati yang tinggi dalam tepung ketan itu sendiri.

Fungsi Tepung Ketan

Tepung ketan digunakan sebagai bahan makanan. Biasanya digunakan untuk membuat makanan yang kenyal dan liat. Tepung ketan memiliki kandungan pati yang sangat tinggi.

Di dalamnya ada amylopectin, yang membuat tepung lengket lebih empuk, lebih empuk dari tepung lainnya. Karena mengandung pati, makanan yang terbuat dari tepung ketan biasanya cenderung mengenyangkan. Bisa dijadikan makanan alternatif bukan nasi.

Cara Mengolah Tepung Ketan

Seperti halnya tepung beras, tepung ketan juga termasuk tepung yang rentan terhadap bau dan kutu pengap. Oleh karena itu, penyimpanan harus sebaik mungkin. Jika tepung ketan tidak segera digunakan, Anda harus memasukkannya ke dalam wadah seperti tupperware dan menyimpannya di lemari es bawah.

Nah, jika Anda ingin membeli tepung ketan, pilihlah tepung ketan yang terbuat dari 100% tepung ketan, bukan campuran. Karena biasanya, campuran tepung ketan akan menghasilkan kue dengan tekstur lebih sedikit.

Konsumsi tepung ketan dengan aturan dan porsi yang sesuai maka anda akan mendapat manfaat yang baik. Tapi mengonsumsi sesuatu yang berlebih justru dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Manfaat Tepung Ketan untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah Sembelit

Dalam ketan, sebagian besar bahan adalah jenis serat tidak larut yang sangat berguna untuk mencegah sembelit. Dalam 1 gelas nasi ketan mengandung setidaknya 1,7 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

2. Cegah Keringat Berlebihan

Organ paru-paru memiliki peran penting dalam membuka dan menutup pori-pori pada kulit.

Jika Qi paru berkurang dan tidak mencukupi, maka paru-paru akan kehilangan kendali atas pori-pori kulit, menyebabkan seseorang berkeringat lebih banyak walaupun hanya melakukan aktivitas ringan.

Mengkonsumsi tepung ketan bisa menjadi solusi yang tepat untuk memperkuat organ paru-paru sehingga dapat mengontrol pori-pori kulit untuk mencegah produksi keringat berlebih.

3. Menjaga Kesehatan Limpa

Tepung ketan memiliki sifat menghangatkan sehingga dapat membantu limpa, lambung dan organ pencernaan dan sirkulasi.

Jika organ limfatik kekurangan Qi dan darah, limpa akan gagal dan tubuh lebih rentan terhadap flu, tangan dan kaki sering terasa dingin, sesak napas, kembung, memperlambat usus, sering lelah dan juga mengiritasi usus besar.

Mengkonsumsi tepung lengket lebih sering akan membantu memperkuat organ limpa dan juga baik untuk pemulihan rasa sakit yang lebih cepat.

4. Mengatasi Insomnia

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa jika seseorang mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung glikemik tinggi, itu akan membantu tidur lebih cepat.

Semakin tinggi kandungan karbohidrat dalam camilan seperti tepung ketan, semakin banyak serotonin yang diproduksi sehingga dapat memberikan efek menenangkan dan mengatasi insomnia dengan lebih baik.

5. Menyembuhkan Flu

Kandungan seng yang tinggi dalam beras ketan juga memiliki peran penting dalam memperpendek durasi flu yang menyerang seseorang.

Seng berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit seperti flu dan pilek dapat disembuhkan lebih cepat.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam satu cangkir tepung ketan mengandung setidaknya 4 persen dari asupan harian tiamin dalam tubuh, niasin dan vitamin B6.

Tiamin dan niasin akan menjadi sumber energi tubuh sehingga dapat membantu memetabolisme asupan makanan menjadi bahan bakar.

7. Mengandung Vitamin B6 tinggi

Vitamin B6 tinggi yang terkandung dalam beras ketan berguna untuk mencegah anemia dengan memproduksi lebih banyak sel darah merah sambil memproduksi neurotransmitter serotonin yang akan mengatur suasana hati dan selera seseorang.

Dalam banyak dosis, vitamin B6 efektif untuk menghilangkan gejala sindrom pramenstruasi dan juga mual di pagi hari sehingga dikonsumsi dengan baik oleh wanita.

Mungkin sekian dahulu artikel Resep Kue Bugis Sikaporo dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Cara Membuat Kue Bugis Tradisional dan Kreasi Kue Bugis Mudah, Lezat yang tentunya uenak banget. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.