Manfaat Coconut Oil Untuk Kulit Muka dan Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

manfaat coconut oil untuk kulit muka

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan manfaat coconut oil untuk kulit muka dan untuk kesehatan. Namun sebelum itu, tahukah kamu apa itu coconut oil ?. Simak penjelasannya disini.

Apa Itu Coconut Oil ?

apa itu coconut oil ?

Coconut oil atau minyak kelapa merupakan minyak yang dihasilkan dari buah pohon kelapa yang masih segar. Minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk menenangkan dan anti inflamasi serta anti jamur dan mikroba.

Kandungan asam laurat yang tinggi dikenal dengan anti bakteri, anti oksidan dan anti virus serta nutrisi lainnya seperti vitamin E yang juga terkenal sebagai anti oksidan alami.

Dengan demikian minyak kelapa sangat efektif dalam memperbaiki kulit dan jaringan lunak yang rusak agar tubuh terlihat segar dan sehat.

Manfaat Coconut Oil Untuk Kulit Wajah

manfaat coconut oil untuk kulit wajah

  • Kulit Muka Akan Lebih Halus

Sekarang kamu tak perlu lagi perawatan mahal untuk membuat kulit muka kamu lebih halus. Selain itu, minyak kelapa mampu membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengembalikan kelembapan kulit.

Dengan demikian kulit muka kamu akan menjadi lebih lembut, halus dan lembap.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Muka

Bekas makeup harus dibersihkan dengan benar apabila kamu ingin mendapatkan kulit yang sehat, dan untuk membersihkannya tidak cukup hanya menggunakan air.

Kamu bisa mencoba menggunakan minyak kelapa untuk membantu menghilangkan bekas makeup kamu. Gunakan minyak kelapa pada wajah dan menggunakan gerakan jari memutar untuk melarutkan makeup.

Kemudian, bilas dengan air hingga bersih atau kamu bisa menggunakan kapas yang dicelupkan kedalam air hangat untuk membantu mengangkat makeup yang sudah dilarutkan.

Sehingga wajah akan bebas dari makeup dan kotoran yang menempel, bahkan terdapat sensasi lembap yang terasa pada wajah setelahnya.

  • Awet Muda

Kata penuaan merupakan kata yang menjadi momok pada wanita, apabila mulai muncul kerutan, kulit terasa lebih kering dari biasanya dan garis halus pada wajah.

Menggunakan perawatan anti aging seringkali mengintimidasi karena terdapat stigma produk anti penuaan pastilah mahal.

Dengan menggunakan minyak kelapa juga bisa digunakan untuk membantu melawan tanda penuaan yang muncul. Kamu hanya perlu menggunakan minyak kelapa seperti memakai pelembap pada umumnya.

Apabila kamu menggunakan minyak kelapa secara rutin dan teratur, maka kulit akan terasa lebih kenyal dan kencang, bahkan kerutan pun akan berkurang.

  • Membantu Jaringan Kulit Makin Kuat

Manfaat coconut oil yang berikutnya yaitu memberi nutrisi jaringan kulit. Coconut oil kaya akan vitamin E dan antioksidan membuat coconut oil menjaga pertahanan kulit semakin kuat sehingga tidak mudah kering dan kulit terlihat lebih muda.

Caranya cukup gunakan minyak kelapa 3-5 tetes langsung ke kulit wajah dan gunakan secukupnya pada kulit tubuh agar senantiasa sehat dan bercahaya.

Manfaat Coconut Oil Untuk Kesehatan

manfaat coconut oil untuk kesehatan

  • Coconut Oil Baik Untuk Jantung

Kandugan polifenol dalam coconut oil memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Disebabkan karena polifenol mampu membantu mencegah terjadinya aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan suatu kondisi dimana terjadinya pengerasan pada dinding pembuluh darah yang disebabkan penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

Artinya, resiko penyakit jantung juga ikut berkurang dan dalam kondisi normal, sangat memungkinkan untuk menambahkan minyak kelapa kedalam menu diet.

Namun, apabila kamu memiliki penyakit jantung maka sangat disarankan untuk konsultasi ke dokter terkait dengan konsumsi coconut oil atau minyak kelapa ini.

  • Membantu Menghindari Resiko Penyakit Hati

Coconut oil mengandung kandungan trigliserida dan asam lemak yang akan membantu mencegah resiko penyakit hati.

Konsumsi coconut oil dalam jangka panjang akan membantu mengurangi beban kerja organ hati dan menghindari terjadinya penumpukan lemak dalam hati.

  • Membantu Mengontrol Berat Badan

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa ada hubungan antara penurunan berat badan dengan konsumsi coconut oil dan dilakukan pada wanita yang mengurangi obesitas abdominal.

Caranya tambahkan minyak kelapa sebanyak satu sendok teh untuk diet per hari.

  • Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang bisa merusak fungis otak dan dapat menyebabkan penderitanya lupa akan banyak hal. Coconut oil mengandung kandungan zat keton yang perannya adalah untuk kesehatan otak.

Selain itu, zat keton juga dapat membantu untuk meningkatkan memori dan dapat membantu penderita alzheimer.

  • Membantu Meningkatkan Energi

Kadar kalori yang terkandung dalam coconut oil cukup tinggi, yang artinya bisa menjadikannya sebagai salah satu sumber nutrisi herbal yang dapat meningkatkan energi secara rutin.

  • Mampu Membantu Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh

Zat seperti asam kaprat, liquid anti mikroba, asam laktat dan asam kaplat yang bersifat anti jamur dan anti virus yang terkandung didalam coconut oil, sehingga baik bagi kesehatan imun dalam tubuh.

Kandungan asam laurat yang ada didalam coconut oil akan diubah menjadi monolaurin dalam tubuh manusia.

Penelitian menunjukkan bahwa monolaurin yang dihasilkan sangat bagus untuk membasmi virus dan bakteri yang menjadi penyebab utama penyakit flu, HIV dan herpes.

  • Membantu Mencegah dan Mempercepat Pengobatan Penyakit Kanker

Kandungan asam lemak rantai sedang ( MCT ) merupakan salah satu sifat yang paling menguntungkan dari minyak kelapa.

Selain itu, MCT tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati, tetapi juga lebih mudah diserap oleh metabolisme. Yang artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton.

Biasanya, sel tumor membutuhkan energi dari glukosa untuk dapat berkembang biak dan bertahan hidup dalam tubuh.

Selain itu, saat dilakukan dengan pola diet rendah karbohidrat tubuh jadi memiliki simpanan energi yang lebih banyak dari keton dan bukannya glukosa. Akibatnya, sel tumor tidak dapat mengakses sumber makanan utamanya.

Maka dari itu, keton dapat bertindak sebagai penghalang pertumbuhan tumor.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika minyak kelapa disuntikkan ke sel-sel kanker adenokarsinoma dalam usus besar, maka keton benar-benar mampu mengahambat pertumbuhan sel kanker tanpa memengaruhi se-sel usus normal.

  • Membantu Membasmi Kutu Rambut

Dengan menggunakan kombinasi coconut oil dengan minyak teh sangat ampuh untuk membantu mengusir rambut. Dilihat dari segi harganya coconut oil lebih murah dibandingkan dengan pembasmi kutu rambut yang dijual dengan harga mahal dipasaran.

  • Membantu Mengobati Luka Bakar

Luka bakar merupakan luka yang sering terjadi dan memiliki dampak yang cukup mengganggu penampilan, salah satu contohnya adalah luka yang diakibatkan terkena knalpot. Kamu bisa menggunakan coconut oil sebagai salah satu solusinya.

Cara menggunakannya cukup oleskan coconut oil pada area yang terkena luka bakar, supaya tidak terjadi bekas luka yang merusak penampilan kulit.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat coconut oil untuk kulit muka. Artikel yang tak kalah menarik adalah manfaat vco untuk diet dan untuk kesehatan.

Akan sangat berguna untuk kita yang ingin mengetahui manfaat dari minyak ini lebih jauh lagi, apalagi untuk kita yang sedang ingin melakukan program diet. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.