Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh & Wanita Serta Khasiatnya

Baiklah teman teman pada artikel kali ini saya menjelaskan tentang manfaat jahe merah bagi tubuh & wanita serta khasiat jahe merah itu sendiri

Jahe adalah jenis tanaman herbal yang bermanfaat dan berkhasiat bagi tubuh anda.

Wedang jahe yang kini banyak diperjual belikan dalam bentuk kemasan, dan masih banyak lagi produk yang berbahan jahe misalnya minyak jahe, dan bumbu jahe.

Produk wedang jahe memang sangat mudah cara membuatnya, namun alangkah lebih baiknya anda sendiri yang membuat minuman  untuk manfaat wedang jahe yang alami.

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

manfaat jahe merah untuk kesehatan

Setelah kemarin saya bahas tentang resep bubur merah putih khas jawa kali ini berbeda lagi tetapi sama manfaatnya, langsung saja kita bahas manfaat jahe merah yang sangat beragam.

1. Meredakan Nyeri dan Sakit

Manfaat jahe merah yang pertama adalah Gingerol dan fenol, senyawa kimia yang terkandung dalam jahe, bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit.

Keduanya sangat berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga atau bekerja keras.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa pengidap migrain melaporkan bahwa air jahe bekerja lebih baik meredakan gejala migrain jika digunakan sebagai terapi tambahan, dibanding hanya minum obat pereda nyeri saja.

2. Menghilangkan Mual

Manfaat jahe merah  sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut sudah tidak perlu diragukan lagi.

Minum air jahe merah  juga sangat bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness)

3. Melawan Peradangan Rematik & Osteoarthritis

Rutin minum air jahe dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Satu penelitian menemukan bahwa jahe dapat mengurangi gejala peradangan yang diakibatkan oleh reaksi alergi.

4. Antioksidan Untuk Perangi Resiko Penyakit      Kronis

Jahe merah  kering adalah sebagai sumber antioksidan tinggi yang berpotensi melindungi kalian dari efek buruk radikal bebas.

Tubuh akan mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Radikal bebas ditengarai menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga gangguan saraf terkait usia (Alzheimer, Parkinson, dan penyakit Huntington).

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air jahe bisa mencegah atau memperlambat gagal ginjal.

Radikal bebas juga menyebabkan penuaan dini.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah Diabetes

Sudah banyak penelitian yang melaporkan  jahe sangat ampuh menurunkan kadar gula darah dan membantu untuk  mengatur respon insulin pada penderita diabetes.

Nah, sebuah penelitian dari Iran menambahkan bahwa di Iran menemukan bahwa jahe khususnya menurunkan gula darah puasa dan kadar HbA1c dalam darah.

Orang-orang pengidap diabetes tipe 2 yang minum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Selain itu, sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati, penyakit jantung, dan stroke. Peneliti melaporkan bahwa manfaat ini akan terasa lebih menguntungkan apabila air jahe dicampur dengan bubuk kayu manis.

6. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 orang  pria yang  melaporkan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dari pada hanya makan pagi saja.

Sebuah artikel yang ada di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak.

Meski begitu, perlu penelitian lebih mendalam oleh pera peneliti yang handal dan dengan jangkauan yang lebih luas guna memastikan manfaat jahe untuk penurunan berat badan.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Jahe Merah Untuk Kecantikan Wajah

khasiat jahe – Selain banyak mengandung manfaat dan khasiat dalam kehidupan, jahe juga benyak memiliki manfaat pada kecantikan wajah.

1. Mencegah jerawat

Jerawat merupakan masalah yang  sangat mengganggu sekali dalam penampilan, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan jahe sebagai masker wajah.

Untuk penggunaanya cukup 2 kali dalam satu minggu, dengan menggunakan cara alami ini maka wajah anda akan kembali terhindar dari jerawat.

2. Mengankat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati pada wajah dapat memicu pertumbuhan jerawat atau juga dapat mengakibatkan wajah berminyak. untuk mengatasinya dengan membuat jahe merah sebagai masker wajah.

Atau anda juga bisa dengan memarut jahe kemudian di tempelkan rata ke wajah. selain mengangkat sel kulit mati jahe juga bisa menghilangkan bintik bintik hitam pada bagian wajah.

3. Menghilangkan Bekas Luka

Selain dapat mencegah dari jerawat dan mengangkat sel kulit mati, jahe merah juga bisa digunakan menghilangkan bekas luka pada wajah lho.

tapi di jaman sekarang sudah banyak obat kecantikan yang sudah beredar, tetapi kan dari pada mengeluarkan uang yang cukup banyak lebih baik dengan memakai obat alami.

4. Menghaluskan Wajah

Mempunyai wajah yang bersih dan halus adalah dambaan bagi semua orang, dengan memiliki wajah yang bersih maka kita akan percaya diri.

Nah jika anda mau memiliki wajah yang halus maka dengan menggunakan jahe ini sebagi masker akan membuat wajah anda menjadi halus. selain itu juga wajah anda akan putih dan juga kulit wajah anda akan sehat.

5. Mengatasi Minyak Pada Wajah

mempunyai wajah yang berminyak juga salah satu penyebab ketidak percaya dirian kita dalam berpenampilan.

Dengan muka yang berminyak akan terasa tidak nyaman sekali. Untuk mengatasi masalah itu semua anda harus membuat masker dari jahe merah ini, dan melakukanya secara rutin.

Manfaat Jahe Merah Untuk Wanita

Manfaat Jahe Merah Untuk Kecantikan Wajah

Jahe merah memiliki ukuran rimpang yang kecil dengan warna kulit merah dan juga serat yang lebih besar dibandingkan jenis jahe jahe lainya.

Di antara jahe lainnya, jahe merah termasuk yang paling pedas dengan kandungan minyak atsiri, gingerol, dan oleoresin tertinggi.

Ada berbagai macam manfaat jahe merah yang bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinyaatau di olah menjadi minuman.

1. Meredakan Nyeri Haid

Tidak sedikit jumlah wanita yang sering mengalami kram perut pada periode menstruasinya atau haid. Dan diperkirakan 1 dari 2 wanita selalu mengalami kram perut saat terjadi rutinitas bulanan tersebut.

Jahe merah dapat menjadi salah satu solusi untuk meredakan nyeri-nyeri pada saat masa haid.

Dalam sebuah studi oleh National Center for Biotechnology (NCBI), jahe merah sama efektifnya dengan asam mefenamat atau ibuprofen dalam meredakan nyeri haid.

Penyebab nyeri haid diperkirakan karena meningkatnya produksi prostaglandin pada dinding rahim atau (endometrium).

Obat seperti ibuprofen dan asam mefenamat menghalangi pembentukan prostaglandin. Begitu pula dengan prinsip kerja jahe merah yang menghambat sintesis prostaglandin.

Kandungan salisilat dalam jahe merah merupakan hal yang membuat reda nyeri haid pada wanita.

2. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat jahe merah lainnya adalah dapat mencegah kemandulan pada wanita. Jika Anda merupakan wanita yang sedang berusaha untuk mendapatkan kehamilan, maka ada baiknya untuk mengonsumsi jahe merah.

Jahe merah mengandung komponen L-arginine yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Dengan lancarnya sirkulasi darah, maka aliran darah yang kaya akan oksigen dapat lebih banyak mencapai rahim dan ovarium tempat sel telur diproduksi.

Jika aliran darah lancar, maka akan lebih tinggi kemungkinan untuk terjadinya pembuahan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat jahe merah berikutnya adalah dapat mencegah proses penuaan dengan adanya asam klorogenat (chlorogenic acid) yang terdapat tidak hanya pada rimpang jahe, melainkan pada seluruh bagian tanaman jahe.

Selain itu, jahe juga mengandung zat gingerol yang merupakan zat aktif untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit.

Dengan mengonsumsi jahe merah, maka akan ada sekitar 40 jenis antioksidan yang mencegah radikal bebas menyerang, meratakan warna kulit, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Jahe juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk masker wajah dengan kemampuannya mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit ini.

4. Merangsang Keluarnya ASI

Jahe mengandung komponen keton yang dapat merangsang keluarnya ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Komponen keton tersebut antara lain 10-dehydroginger-dione, 10-ginger-dione, serta 6–gingerdione.

Jahe merah juga  salah satu asupan yang dapat meningkatkan laju produksi ASI secara efektif.

Sebuah penelitian lain dari NCBI yang dilakukan di Thailand juga telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi jahe, volume ASI lebih tinggi dan tanpa efek samping.

5. Memperkuat Fungsi Liver

Jahe merah kaya akan mineral seperti kalium, mangan, kromium, magnesium dan seng yang dikenal sebagai zat anti-peradangan. Jahe sudah banyak dikenal untuk  penguat fungsi hati agar hati tetap berfungsi dengan baik.

Minyak yang terkandung dalam jahe juga efektif untuk menurunkan risiko terkena penyakit liver.

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Dalam sebuah peneitian yang dipublikasikan pada Journal of Microbiology and Antimicrobials pada tahun 2011, jahe diuji kemampuannya untuk membunuh bakteri Staphyllococcus aureus dan Sreptococcus pyogenes, dibandingkan dengan penggunaan antibiotik.

Hasilnya mengejutkan, ternyata jahe jauh lebih unggul untuk mematikan bakteri-bakteri tersebut. Selain itu, tentu saja konsumsi jahe lebih alami sehingga tidak ada efek samping dibandingkan dengan antibiotik.

7. Meredakan Nyeri Pegal Linu

Manfaat jahe merah ternyata  juga dapat meredakan nyeri pegal linu. Pegal linu dapat disebabkan oleh tubuh yang kurang bergerak maupun akibat otot-otot terlalu keras bekerja.

Dengan mengonsumsi jahe merah, dapat membantu meredakan nyeri pegal linu, karena kandungan dalam jahe membantu melancarkan sirkulasi darah serta membantu relaksasi tulang dan otot dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Terdapat pula banyak shampo yang menggunakan ekstrak jahe sebagai salah satu komponennya. Hal ini karena  agar mendapatkan manfaat jahe merah yang dapat menjaga kesegaran kulit kepala anda.

Selain dengan shampo, mengonsumsinya secara langsung juga dapat melancarkan sirkulasi pada kulit kepala, sehingga rambut tumbuh lebih lebat. Vitamin, mineral, dan asam lemak pada jahe yang dapat menjaga menguatkan rambut agar tetap kuat dan tidak mudah patah.

Untuk Anda yang memiliki masalah ketombe, ada baiknya pula mengoleskan kulit kepala dengan parutan jahe yang dicampurkan dengan minyak zaitun selama 15-25 menit.

Dengan rutin melakukannya satu minggu sekali, besar kemungkinan ketombe tidak lagi betah berkembang di kepala Anda.

9. Menghangatkan Tubuh

Saat hari-hari terasa lebih dingin dan banyak turun hujan, salah satu minuman yang banyak dicari-cari orang adalah jahe.

Minuman jahe dapat berupa wedang, teh, maupun kacang hijau. Tentunya badan menjadi lebih hangat dan nyaman setelah mengonsumsinya.

Bahan yang menyebabkan tubuh menjadi hangat ada 2 macam dari komponen jahe merah, yaitu gingerol dan shaogaol.

Sebetulnya kedua jenis komponen ini sama. Gingerol yang  terdapat di dalam jahe yang masih segar, kemudian ketika dikeringkan, gingerol mengalami perubahan menjadi shaogaol.

Saat mengonsumsi jahe, aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga tubuh terasa lebih hangat.

10. Mencegah Selulit

Dengan kemampuannya sebagai agen detoksifikasi dalam tubuh, jahe juga dikenal untuk mencegah timbulnya selulit pada wanita, dengan melancarkan sirkulasi darah.

Anda bisa dengan mudah membuat sendiri adonan pencegah selulit ini dari parutan jahe sebanyak satu sendok makan, dikombinasikan dengan setengan cup gula dan seperempat cup minyak zaitun.

Aplikasikan pada kulit yang mulai terlihat tanda-tanda selulit atau yang berisiko mengalami selulit seperti pada kulit paha

Khasiat Jahe Merah

Jahe merah merupakan jahe yang banyak memiliki khasiat. Dengan mengkonsumsi jahe secara otomatis tubuh kita akan mendapat sumber zat yang dapat mengebalkan sistem imun tubuh.

Dengan kebalnya sistem pertahanan tubuh, kita akan terjauhkan dari penyakit. dengan mengkonsumsi jahe juga secara tidak langsung kita telah menerapkan pola hidup sehat yang di dambakan semua orang.

Selain mengkonsumsi jahe juga tentunya kita juga harus mengkonsumsi banyak buah-buahan. hal ini bertujuan agar gizi pada tubuh anda akan seimbang.

1. Menyembuhkan Penyakit Asma

Asma merupakan bukan sebuah penyakit yang sembarangan, karena menyangkut dengan sistem pernafasan manusia. Bila mana penyakit asma kambuh maka sebagai taruhanya adalah bisa jadi kematian.

Oleh karena itu dengan mengkonsumsi jahe merah setiap hari insyaAllah penyakit asma anda akan reda bahkan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur penyakit asma anda akan sembuh.

2. Menyembuhkan Rematik

Kebanyakan orang yang sudah berumur di atas 40 tahun maka sangat rentan sekali terkena penyakit ini. Maka dari itu di anjurkan untuk mengkonsumsi wedang jahe agar  menjauhkan tubuh anda dari penyakit rematik

3. Mampu Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi anda yang mempunyai anak kecil yang susah makan, salah satu solusinya adalah dengan memberikan wedang jahe kepada anak anda.

Ataupun jika anda sendiri yang mengalami tidak nafsu makan, nah dari pada beli obat penambah nafsu makan dengan harga mahal.

Lebih baik anda membuat sendiri dengan jahe, membuat rebusan jahe yang kemudian ditambahkan gula sehingga memiliki rasa yang nikmat ketika di minum.

4. Menghilangkan Rasa Nyeri Pada Tulang

Penyakit ini tidak asing lagi bagi orang yang sudah tua, namun yang masih muda pun bisa terserang penyakit ini.

Zat yang terkandung di dalam jahe merah mampu meredakan rasa sakit pada tulang.

5. Mematikan Bakteri Yang Menyerang Tubuh

Mengkonsumsi jahe merah secara rutin ternyata  bisa mencegah bakteri hidup dalam tubuh anda kandungan anti oksidan yang terkandung pada jahe.

Selain dapat mengebalkan sistem imun tubuh khasiat jahe ini dapat mematikan pertumbuhan bakteri jahat pada tubuh manusia.

6. Mengatasi Rasa Nyeri Ketika Haid

Ketika wanita sedang haid kebanyakan dari mereka mengalami rasa sakit. Dengan meminum jahe merah ketika haid maka akan sangat membantu sekali dalam kelancaran keluarnya darah.

Selain dapat mengatasi rasa nyeri juga jahe merah teryata juga dapat mengatasi telat datang bulan .

Bahaya Efek Samping Minuman Jahe Merah

Minum air jahe umumnya aman namun ketika  dikonsumsi secara berlebihan, jahe dapat membuat perut kembung terasa panas, hingga mulas dan diare.

Maka dari itu  tak dianjurkan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari.

Konsumsi jahe dalam bentuk apa pun juga dikhawatirkan menimbulkan interaksi berbahaya jika Anda sedang minum obat pengencer darah.

Maka jika Anda adalah salah satunya, konsultasi dulu dengan dokter sebelum minum air jahe agar dapat manfaatnya air jahe marah .

Begitu juga untuk ibu hamil. Meski minum air jahe merah  tidak membahayakan apalagi meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Tetapi  sebaiknya tetap konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda sebelum minum air jahe saat hamil.

Itu tadi ulasan tentang manfaat jahe merah yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat .

Sekian terimakasih 🙂