Manfaat Temulawak Untuk Wajah dan Cara Membuat Masker

Temulawak adalah salah satu tanaman khas yang berasal dari Indonesia yang sering digunakan untuk obat dan juga sebagai penambah stamina.dan biasanya manfaat temulawak untuk wajah.

Temulawak cukup sering diminum karena temulawak memiliki berbagai macam manfaat temulawak untuk wajah serta kesehatan dan dapat menjaga daya tahan pada tubuh.

Selain berkhasiat untuk kesehatan pada tubuh, temulawak juga memiliki manfaat temulawak untuk wajah supaya menjadi cantik kulit dan juga wajah.

Temulawak, atau yang bahasa latin namanya Curcuma zanthorrhiza ini, juga disebut sebagai Java ginger atau jahe Jawa.

Tanaman ini juga termasuk dalam keluarga jahe dan karena berasal dari Pulau jawa, maka disebutlah oleh orang asing sebagai jahenya orang Jawa.

Kami yakin Anda pasti lebih familier dengan nama temulawak, orang Sunda mengenalnya temulawak sebagai koneng gede, dan di Madura disebut dengan nama temu labak.

Meski secara fisik bentuk temulawak lebih mirip dengan kunyit, namun dia memiliki aroma yang sangat khusus.Kali ini saya akan bahas tentang manfaat temulawak untuk kesehatan.

Pastri pada nggak sabarkan apa saja manfaat temulawak untuk wajah berikut daftar manfaat temukawak untuk wajah.

Manfaat Temulawak Untuk Wajah

1.Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat

Dengan padatnya aktvitas setiap hari, maka wajah dan kulit akan sangat mudah terpapar sinar matahari dan juga debu polusi udara.

Bakteri dan kotoran yang menempel pada wajah akan menyebabkan banyaknya bakteri yang akan muncul pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat muncul pada wajah.

Mengatasi jerawat pada wajah bagi sebagian orang tidak lah mudah untuk dilakukan, tapi anda tidak perlu khawatir karena dengan mengonsumsi temulawak .

Secara rutin menggunakan masker temulawak akan dapat mengatasi masalah jerawat yang  membandel pada wajah anda.

2.Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah adalah idaman bagi banyak orang, dengan memiliki warna kulit yang cerah dan bersinar akan menunjang penampilan dan juga menambah rasa percaya diri pada seseorang.

Banyak wanita banyak sekali uyang melakukan berbagai macam perawatan untuk memutihkan kulit mereka mulai dari perawatan alami hingga melakukan perawatan dokter.

Anda yang tidak memiliki banyak waktu, anda dapat melakukan perawatan dengan menggunakan masker yang terbuad dari bahan temulawak.

Temulawak dapat meningkatkan warna cerah pada kulit wajah sehingga kulit wajah dapat lebih tampak cerah.

3.Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat temulawak untuk kulit wajah ialah mencegah penuaan dini. Penuaan dini pada kulit wajah ditandai dengan adanya keriput di wajah dan juga kantung mata yang semakin terlihat pada wajah.

Untuk memperlambat penuaan dini pada kulit wajah anda juga dapat menggunakan masker wajah yang dibuat dari bahan alami yaitu temulawak.

Dengan cara menggunakan temulawak secara teratur akan membantu mencegah penuaan dini pada kulit wajah anda.

4.Menghaluskan Kulit Wajah

Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat temulawak untuk wajah selanjutnya adalah untuk menghaluskan kulit pada wajah.

Dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan temulawak secara rutin maka kita akan mendapatkan kulit yang halus dan tidak lagi terlihat  kasar.

Kulit wajah yang terllihat halus dapat membuat diri kita terlihat lebih terawat dan juga akan membuat make up yang kita gunakan sehari hari lebih sempurna dan terlihat semakin cantik.

5.Menjadi Antioksidan Alami

Temulawak memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan pada kulit. Mengonsumsi temulawak setiap hari akan membuat diri kita memiliki sebuah zat antioksidan alami yang kuat.

Begitu juga halnya dengan kulit wajah, menggunakan masker wajah temulawak secara rutin akan membuat kulit wajah terhindar dari berbagai bahaya radikal bebas karena temulawak bertindak sebagai antioksidan yang alami bagi kulit wajah.

6.Mengencangkan Kulit

Seiring bertambahnya usia pada seseorang, kulit akan semakin tidak kencang. Hal ini sangat dikhawatirkan bagi setiap banyak wanita yang sudah memasuki usia awal 30-an.

Mereka tetap menginginkan kulit wajah yang kencang dan sehat walaupun umur mereka sudah tidak lagi muda. Banyak wanita yang memilih berbagai macam perawatan untuk memiliki kulit yang kencang.

Anda juga dapat menggunakan bahan bahan alami untuk menjaga kulit wajah anda agar tetap lebih kencang.

Salah satunya ialah menggunakan masker temulawak, temulawak dipercaya sangat dapat membantu mengencangkan kulit kembali sehingga terus tetap tampak  muda.

7.Mengatasi Noda Hitam

Mengatasi Noda Hitam

Noda Hitam merupakan salah satu mimpi buruk bagi sebagian wanita. Memiliki noda hitam pada wajah membuat mereka harus menggunakan makeup yang lebih untuk menutupi noda noda hitam pada wajah.

Noda hitam yang ada di wajah juga dapat membuat diri kita terlihat lebih tua daripada umur kita sebenarnnya. Namun, anda tidak perlu lagi khawatir.

Untuk menghilangkan noda hitam pada wajah anda dapat mengonsumsi temulawak atau juga dapat menggunakan masker yang terbuat dari bahan temulawak secara rutin untuk hasil terbaik.

8.Menghilangkan Bekas Luka pada Wajah

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sering sekali terlihat dan diperhatikan oleh banyak orang lain. Oleh sebab itu memelihara kebersihan dan kecantikan kulit wajah adalah hal yang sangat perlu diperhatikan.

Namun, adakalanya kulit kita memiliki masalah pada kulit wajah seperti mengalami bekas luka. Bekas luka pada wajah bisa didapatkan akibat kecelakaan atau terbentur benda tajam.

Bekas luka yang ada di wajah ini pasti sangat menganggu penampilan. Untuk menghilangkan bekas luka.Anda juga dapat menggunakan masker yang terbuat dari temulawak secara rutin.

Maka, secara alami dan bertahap bekas luka yang ada pada wajah anda akan menghilang secara permanen.

9.Mencegah Kanker Kulit

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi manusia dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Sel sel kanker akan sangat mudah menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya, salah satunya pada kulit.

Dengan mengonsumsi temulawak akan mencegah adanya sel kanker dalam tubuh dan mencegah penyebaran sel kanker termasuk yang menyebabkan penyakit kanker kulit.

10.Membuat Kulit Wajah Awet Muda

Siapa sih yang tidak mengiginkan kulit wajah yang selalu tampak lebih awet muda. Setiap orang pasti menginginkan kulit wajah yang tetap muda untuk meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang.

Meminum temulawak secara rutin akan membantu anda untuk memiliki kulit wajah yang akan tampak lebih awet muda.

Anda juga bisa mengolah temulawak menjadi sebuah masker untuk mempertahankan kulit pada wajah anda agar terlihat lebih awet muda dari biasanya.

11.Melembabkan Wajah

Memiliki wajah yang lembab dan tidak kering merupakan idaman bagi setiap banyak wanita.

Padatnya aktivitas sehari hari akan membuat kita harus sering berpapasan dengan sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah kita menjadi akan menjadi lebih kering dan berminyak.

Anda dapat menggunakan masker yang terbuat dari bahan temulawak untuk melembabkan kulit pada area kulit wajah anda.

12.Menghilangkan Keriput

Keriput merupakan salah satu tanda penuaan keriput pada wajah.lipatan lipatan yang seringkali timbul di daerah pada mata dan juga di daerah pada jidat.

Keriput juga dapat terjadi pada mereka yang berusia masih muda karena beberapa faktor.

Untuk mencegah terjadinya keriput dengan cara mengonsumsi temulawak dan juga menggunakan masker temulawak. Anda juga dapat mengunakan masker temulawak di daerah yang rawan timbulnya keriput.

13.Antipigmentasi

Manfaat temulawak untuk wajah yang selanjutnya adalah sebagai antipigmentasi. Temulawak juga mengandung antiseptic dan juga anti inlfflmasi.

Untuk membuat masker temulawak sebagai antipigmentasi anda dapat mencampurkan air mentimun dan juga temulawak setelah itu gunakan sebagai masker  pada wajah.

14.Membantu Mengangkat Sel Sel Kulit Mati

Sel sel kulit mati pada wajah anda akan membuat kulit wajah anda terlihat lebih kusam dan juga gelap. Sel sel kulit mati ini bisa dihilangkan dan dibersihkan dengan cara menggunakan bubuk temulawak.

Caranya dengan mencampurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun, lalu gosokkan pada area wajah hingga sel sel kulit mati semuanya terangkat.

15.Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Tidak hanya jerawat yang cukup sulit untuk dihilangkan. Namun,juga bekas jerawat pun tidak mudah untuk dihilangkan pada wajah.

Bekas jerawat yang semakin banyak yang ada di wajah akan membuat kulit wajah tidak mulus dan banyak noda noda hitam.

Untuk menghilangkan noda bekas jerawat anda dapat menggunakan masker alami yang terbuat dari temulawak. Gunakan masker temulawak  secara rutin untuk menghilangkan noda pada wajah akibat bekas jerawat.

16.Mengatasi Masalah Kulit Belang

Kulit wajah yang gelap juga bisa disebabkan karena beberapa hal, misalkan karena penggunaan kacamata ataupun masker wajah untuk menghindari kotoran dan debu pada wajah.

Untuk mengatasi masalah kulit belang ini anda dapat  menggunakan masker yang terbuat dari temulawak secara rutin.

17.Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit wajah yang berminyak disebabkan karena produksi pada kelenjar minyak yang berlebih.

Untuk mengatasi masalah kulit berminyak yang cukup menganggu ini anda dapat menggunakan masker yang terbuat dari temulawak sehingga masalah kulit berminyak akan segera hilang.

18.Mengecilkan Pori Pori Wajah

Pori pori wajah akan dapat tersumbat ketika terkena debu dan juga menggunakan makeup. Hal ini menyebabkan pori pori pada wajah anda akan semakin terlihat.

Dengan menggunakan masker yang terbuat dari temulawak secara rutin akan membantu mengecilkan pori pori wajah anda.

19.Mengatasi Kulit Wajah Kusam

Kulit wajah yang kusam disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga kotoran kotoran serta debu serta polusi.

Hal lainnya yang dapat menyebabkan kulit wajah kusam ialah jarang membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas akibat terkena debu dan juga sinar matahari.

Dengan cara menggunakan masker wajah yang terbuat dari temulawak, anda dapat mengatasi masalah pada kulit kusam ini dan kulit wajah anda akan terlihat lebih tampak cerah.

20.Menyamarkan Flek Hitam

Flek flek hitam yang ada pada wajah dapat menganggu penampilan pada diri anda.

Untuk mengatasi masalah ini anda juga dapat menggunakan masker yang terbuat dari temulawak yang alami dan pastinya aman untuk menyamarkan flek flek hitam pada wajah anda

Gimana guys udah taukan manfaat temulawak untuk wajah.TadiKan kita sudah membahas manfaat temulawak untuk wajah nah sekarang kita akan bahas nih cara membuat jamu dari bahan temulawak

Cara Membuat Jamu Temulawak

Cara Membuat Jamu Temulawak

Bagi Anda yang tertarik dengan manfaat temulawak untuk wajah dan kesehatan dapat mencoba cara berikut ini untuk membuat sendiri ramuan tradisional yang memiliki banyak manfaat ini:

  1. pertama-tama Iris temulawak tipis-tipis dan jemur di bawah sinar matahari selama dua hari
  2. Setelah kering, rebus irisan tersebut dengan air selama 10 menit
  3. Anda dapat meminum air rebusan tadi secara langsung tanpa campuran apa pun Anda dapat mencampurnya dengan gula palem dan daun pandan untuk menambah rasa dan aroma.

Bahan-Bahan

  • 100 gram temulawak
  • 40 gram asam
  • 200 ml air mineral
  • 4 lembar daun pandan
  • 200 gram gula palem
  • 20 gram jintan
  • 50 gram jahe
  • 2 liter air

Cara Membuat Jamu Temulawak:

  1. Iris temulawak dan jahe secara tipis, lalu panggang
  2. Setelah itu campurkan temulawak dan jahe tadi dengan asam, jintan, dan 200 ml air mineral, lalu blender semua bahan tersebut
  3. KEmudian rebus gula palem dan daun pandan dengan 2 liter air
  4. Kemudian campurkan nomor (2) dan rebusan nomor (3), lalu saring
  5. Resep ini menghasilkan 6 gelas jamu temulawak

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan pada tubuh, temulawak ternyata juga manfaat temulawak untuk wajah. Di antaranya adalah untuk:

  • Melembutkan kulit
  • Membantu mengelupas sel-sel kulit mati
  • Membantu mengobat jerawat
  • Melawan efek radikal bebas
  • Memutihkan kulit

KIta tadi sudah bahas kan manfaat temulawak untuk wajah di atas berikut adalah manfaat temulawak untuk wajah selanjutntya

Masker Temulawak dan Susu

Masker Temulawak dan Susu

Masker temulawak dan susu merupakan salah satu kombinasi yang tepat untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan putih alami. Untuk membuat masker ini mudah kok, caranya

  1. Potong-potong temulawak lalu haluskan.
  2. Setelah halus, lalu tambah beberapa sendok susu.
  3. Masker sudah jadi dan siap untuk dioleskan pada area pada wajah.
  4. Sebelum diaplikasikan pada wajah, terlebih dulu bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka.
  5. Setelah itu baru deh oleskan masker pad wajah dan tunggu sekitar 15 menit. Kemudian bilas menggunakan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

Masker Temulawak dan Tepung Beras

Masker Temulawak dan Tepung Beras

Sama halnya seperti masker temulawak dan susu, masker temulawak tepung beras juga berfungsi untuk memutihkan kulit.

Masker ini sangat cocok digunakan untuk anda yang terus terpapar terik mentari karena berada di luar ruangan akan tapi menginginkan kulit yang cerah. Nah, cara membuatnya juga mudah.

  1. Terlebih dulu siapkan 1sdt bubuk temulawak,
  2. 2 sdm tepung beras dan madu secukupnya.
  3. Campurkan ketiganya dan aduk hingga rata.
  4. Setelah itu oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.

Masker Temulawak dan Minyak Zaitun

Temulawak yang dipadukan dengan minyak zaitun dan kuning telur akan menghasilkan sebuah masker yang sangat ampuh untuk memberikan perawatan yang maksimal bagi wajah.

Masker temulawak dan minyak zaitun berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati sekakigus melembabkan kulit. Caranya,

  1. Pertama-tama campurkan 1 kuning telur, 1 sdm bubuk temulawak, dan 1 sdm minyak zaitun.
  2. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah.
  3. Kemudian tunggu hingga mengering setelah itu bilas dengan air dingin.

Masker Temulawak dan Air Rendaman Beras

Untuk mendapatkan kulit wajah yang tampak halus dan cantik alami, anda juga bisa membuat masker dari temulawak dan juga air rendaman beras. Caranya,

  1. rendam beras pada air selama 8 jam.
  2. Setelah itu siapkan temulawak dan kunyit yang sudah dihaluskan, lalu campur dengan air endapan beras tersebut.
  3. Setelah itu, bentuk adonan masker menjadi sebuah bulatan-bulatan kecil dan jemur di bawah terik matahari hingga kering.
  4. Meski pembuatannya agak sedikit rumit, tapi masker ini awet disimpan untuk digunakan di waktu berikutnya.
  5. Untuk menjadikannya masker temulawak, anda hanya perlu menambahkan air dan mengoleskannya pada area pada wajah.
  6. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

Itulah artikel tentang manfaat temulawak untuk wajah.semoga artikel tentang manfaat temulawak  untuk wajah ini bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba cara membuat masker dari bahan temulawak.

Mampir juga ke artikel saya yang berjudul Cara Membuat Bumbu Pecel Dirumah Dengan Mudah dan Praktis