Resep Butter Cake Lembut yang Enak dan Sederhana Membuatnya

Butter cake adalah salah satu kue yang banyak digemari orang. Namun tak jadi masalah bila anda tak memiliki oven sebab Resep Butter Cake Lembut kali ini dibuat dengan mengukus.

Rasanya tidak kalah enak dengan yang dipanggang. Sekilas, Resep Butter Cake Lembut cheese cake ini terlihat seperti bolu.

Tapi dengan rasa yang sangat ‘ngeju’. Rasa kejunya berasal dari penggunaan cheese spread. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di supermarket.

Bila tak menemukannya, cheese spread bisa diganti dengan keju cheddar parut yang dilarutkan dengan susu cair tawar.

Topping yang digunakan olesan butter cream dan parutan keju. Tapi anda bisa menggantinya sesuai dengan selera, misalnya dengan lelehan coklat atau selai blueberry.

Resep Butter Cake Lembut Chesee Cake

Bahan

  • Telur 3 butir
  • Gula Pasir 100 gram
  • Emulsifier 1 sdt
  • Terigu 80 gram
  • Maizena 20 gram
  • Susu Bubuk 30 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Susu Cair 50 ml
  • Cheese Spread 180 gram
  • Butter 70 gram

Toping

  • Butter Cream 2 sdm
  • Keju Parut 50 gram

Membuat Resep Butter Cake Lembut Chesee Cake

  1. Petama Campur Terigu 80 gram, Maizena 20 gram, Susu Bubuk 30 gram, Garam 1/4 sdt, lalu ayak. Sisihkan.
  2. Kemudian kocok , Telur 3 butir, Gula Pasir 100 gram, Emulsifier 1 sdt sampai mengembang dan berbuih
  3. Masukan bahan Pertama ke hasil kocokan tadi, aduk balik sampai merata.
  4. Panaskan susu dan cheese spread, aduk hingga menyatu. Angkat. Tambahkan butter lalu kocok hingga rata. Sisihkan.
  5. Masukkan Bahan yang sudah dipanaskan tadi ke campuran Bahan yang sudah dikocok tadi, aduk balik hingga merata.
  6. Siapkan loyang (saya menggunakan loyang ukuran 18x18x5 cm) dan alasi dengan kertas roti.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang.
  8. Kukus selama 20-30 menit dengan api sedang sampai matang.
  9. Angkat dan dinginkan kue, baru keluarkan dari loyang.
  10. Olesi tipis kue dengan buttercream, lalu taburi dengan parutan keju.
  11. Siap disajikan.

Tips Membuat Resep Butter Cake Lembut

  1. Cheese spread bisa diganti dengan 150 gram keju cheddar parut yang dimasak bersama 100 ml susu hingga larut dan tercampur rata.
  2. Bungkus tutup panci dengan kain lap bersih supaya uap air tidak menetes ke kue.
  3. Topping bisa diganti dengan selai strawberry, blueberry atau lelehan coklat, sesuai selera.

Tips Menyimpan Resep Butter Cake Lembut

Siapa sih yang disini apabila makannya yang tidak habis akan dibuang / harus segera dihabiskan karena takut besok hari keras atau kasar ? tentu saja pasti semua orang masih ingin menyimpan makanannya yang tidak habis tersebut.

Tapi sahabat showcase pasti ragu , apakah makanan tersebut masih enak dimakan setelah didiamkan sampai esok hari? jawabannya adalah tentu saja masih enak jika cara menyimpan makanan tersebut benar. baiklah langsung saja saya akan membagikan Tips menyimpan Resep butter cake Kukus, 

ada 2 cara dalam  menyimpan Butter cake agar tahan lama yaitu :

1. Menyimpan Butter cake yang baru matang

  1. Setelah Butter cake  matang, hindari dari  cahaya apapun (cahaya matahari maupun cahaya lampu), panas, dan tempat yang (very moist) sangat lembab. Bawalah butter cake ke area kering, sejuk dan jauh dari sinar apapun.
  2. Letakkan dalam wadah dan ditata dengan rapi. Kemudian gunakanlah  plastik wrap untuk membungkus wadah tersebut. lalu Simpan  di suhu ruang / jika tidak ada gunakan  wadah yang kedap udara  sebelum difrosting atau dimakan, biasanya Butter cake hanya tahanan hingga 2 hari. dan perlu diingat kembali simpan di tempat sejuk dan jauh dari cahaya apapun
  3. anda juga bisa menyimpan menggunakan  freezer, tentu saja Butter cake masih harus diletakan pada wadah yang kedap udara / menggunakan plastik wrap untuk membungkus wadah yang tidak kedap udara. biasanya akan bertahan hingga 4 sampai 5 hari, yang penting yang harus sahabat perhatikan selalu menutup rapat wadah Butter cake.

2. Menyimpan Butter cake yang sudah difrosting

  1. Apabila ternyata Butter cake sudah terlanjur difrosting, maka masih boleh disimpan setelah 1 jam difrosting.
  2. seperti diatas, Letakkan dalam wadah dan ditata dengan rapi. Kemudian gunakanlah plastik wrap untuk membungkus wadah tersebut. lalu Simpan  di suhu ruang / jika tidak ada gunakan wadah yang kedap udara, biasanya Butter cake hanya tahanan hingga 2 hari. dan perlu diingat kembali simpan di tempat sejuk dan jauh dari cahaya apapun.
  3. seperti diatas kembali ,anda juga bisa menyimpan menggunakan  freezer. tentu saja Butter cake masih harus diletakan pada wadah yang kedap udara / menggunakan plastik wrap untuk membungkus wadah yang tidak kedap udara. biasanya akan bertahan hingga 4 sampai 5 hari. yang penting yang harus sahabat perhatikan selalu menutup rapat wadah Butter cake.

dalam membuat Butter cake ternyata bahan yang kita gunakan memiliki fungsi tersendiri  ternyata , simak pembahasannya berikut ini.

Fungsi Bahan-Bahan Dalam Resep Butter Cake Lembut

1. Telur

telur memiliki  fungsi mulai dari memberi nilai gizi, memberi warna,bersifat melembabkan, dan fungsi utama adalah membentuk struktur pada Butter cake.

2. Gula

gula fungsinya sebagai pemberi rasa manis  ,memberi warna pada kulit butter cake, membuat tekstur menjadi empuk, melembapkan, dan membuat adonan menjadi lemas. jenis gula yang digunakan ada banyak macamnya. baik itu gula pasir, gula halus, gula merah, ataupun gula palem. tetapi untuk butter cake, sebaiknya menggunakan  gula yang halus.

3. Tepung Terigu

sebenarnya bukan hanya tepung terigu yang dapat digunakan untuk membuat butter cake , tepung beras, tepung ketan, hingga tepung singkong pun bisa saja menjadi bahan butter cake. Tapi umumnya butter cake sibuat dari tepung terigu. Tepung yang dipakai yaitu tepung yang memiliki  protein berkadar 7 sampai 8,5 persen. Fungsi tepung juga untuk membentuk struktur butter cake, mengikat bahan lainnya, dan membuat tekstur menjadi baik.

4. Emulsifer ( TBM, SP, atau Ovalet)

Di kebanyakan toko, emulsifier sering disebut juga dengan TBM, SP, atau Ovalet. fungsi dari emulsifier bukan hanya mengembangkan butter cake tapi juga mengemulsi (zat untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air) bahan supaya mengembang dengan sempurna dan tercampur dengan baik.

Keuntungan menggunakan  emulsifier (bahan telur bisa dikurangi), adonan stabil walaupun dibiarkan lama saat ingin dimasukkan ke oven dan proses pengocokan dapat dialakukan dengan (cepat mengembang). Penggunaan emulsifier bisa  membuat lebih halus. Kerugiannya, butter cake  kurang enak dimakan, terutama jika menggunakan emulsifier terlalu banyak.

5. Garam

  • Garam memiliki fungsi memberi rasa gurih pada batter cake,juga
  • menciptakan cita rasa dan aroma bahan – bahan lainnya.
  • mengontrol aktivitas ragi pada proses fermentasi.
  • Membuat daya simpan roti.
  • Manfaat lain dari garam  yaitu dapat memperkecil pori-pori adonan, sebab garam juga memiliki sifat astringen(zat pengecil pori-pori).

Pemakaian garam yang berlebih yang berlebih dapat menyebabkan volume menjadi kecil. memakai garam pada adonan dalam keadaan normal berkisar 1,5% – 2%. pemakaian garam lebih rendah dari 1,5% membuat rasa menjadi hambar, dan penambahan garam lebih 2% akan melambatkan proses fermentasi.

Baiklah itulah tadi Resep Butter Cake Lembut yang Enak dan Sederhana Membuatnya, semoga informasi dari Penulis Lintasusaha.com tadi berguna untuk sahabat dirumah, dan tentunya Sahabat Tidak perlu repot pergi keluar rumah mencari dan membeli kue tersebut.

Ada Frosting butter Cake yang cocok kalian coba dirumah loh!,kalian bisa baca di Resep Butter Cake Yang Mudah Enak dan Lembut cobalah buat kue sendiri dirumah ,karena masakan rumah pasti mempunyai keistimewaan tersendiri sampai disini saya akhiri Assalamualaikum : )