Resep Kerang Hijau Saus Padang Yang lezat Dan Enak

Masakan kerang sudah menjadi makana yang sangat di minati oleh banyak orang dan harga dari kerang juga cukup terjangkau untuk semua kalangan,tidak hanya masakan ikan dan udang  saja yang banyak mengandung banyak vitamin buat tubuh kerang juga banyak mengandung vitamin.tidak hanya Resep Udang Saus Padang saja yang enak resep kerang hijau saus padang juga tidak kalah enaknya.

Resep  Kerang Hijau Saus Padang

Masakan Kerang Hijau Saus Padang

Kerang hijau adalah salah satu kerang yang paling sering kita jumpai. Kerang ini sering dijajakan, baik di restoran maupun di penjual kaki lima. Tekstur kenyal dengan banyaknya pilihan bumbu membuat kerang hijau menjadi salah satu makanan laut favorit. Bukan hanya enak di santap, ternyata manfaat kerang hijau bagi tubuh juga sangat banyak.

Bahan-Bahan:

  • 300 gr kerang hijau segar

Bumbu Rebus Kerang :

  • Serai 1 ruas geprak ujung nya
  • 1 ruas jahe memarkan/ geprak
  • Garam halus 1 sdm
  • 2 siung bawang putih geprak
  • Secukupnya air

Saus Padang/ Bumbu Halus :

  • 5 buah lombok merah besar
  • Cabe rawit 3 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • 3 siung bawang putih
  • Kunyit 1 ruas

Bumbu Lain :

  • Selera potongan tomat (dadu)
  • Seperlunya irisan nanas
  • Jahe geprak 1 ruas
  • Saos tiram 1 sdm
  • 1 sdt saos atau saos sambal
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • Garam bubuk 1/2 sdm
  • Kaldu bubuk 1/2 sdm
  • Gula pasir 1 sdm
  • 50 ml air
  • Jagung manis 1 buah (kerat bbrpa bagian)
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Cara Membuat Resep Kerang Hijau Saus Padang:

  1. Hilangi rambut/ kotoran kerang. Sikat cangkang kerang lalu Cuci bersih dibawah air yg mengalir.
  2. Cuci dan Siapkan semua bumbu
  3. Panaskan air lalu masukkan bumbu rebus dan kerang. Rebus hingga kerang terbuka cangkang nya
  4. Tiriskan kerang
  5. Blender semua bahan bumbu halus tambahkan 2 sdm minyak goreng supaya mudah dlm memblender
  6. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.
  7. Masukkan bumbu lain, jahe geprak, merica bubuk, kaldu bubuk, garam,gula, saos tiram, saos sambal. Tumis kembali sebentar.
  8. Tersus masukkan potongan nanas dan tomat
  9. Habis itu masukkan kerang
  10. ambahkan air. Kemudian aduk rata hingga tercampur (pelan pelan saja) atau goyang” teflon nya.
  11. Setelah tercampur rata, matikan kompor. Dan sajikan.

Manfaat Kerang Hijau Buat Tubuh

Manfaat Kerang Hijau Buat Tubuh

1. Mengurangi Gejala Yang Ditimbulkan Oleh Asma

Kerang hijau yang dikenal akan kaya nutrisi membuat sekelompok peneliti mencari tahu tenteng khasiatnya untuk kesehatan. Menurut para penelitian dari Emelyanov, dkk., kerang hijau terbukti bahwa bisa membantu melancarkan pernapasan dan mengurangi akan terjadinya gejala-gejala yang ditimbulkan dari asma.

2. Mengurangi Gejala Yang Ditimbulkan Osteoarthritis

Setidaknya kurang lebih ada empat penelitian yang mengamati efek dari kerang hijau pada pasien yang mengidap osteoarthritis. Pasien yang mengidap osteoarthritis akan merasakan nyeri di sendi akibatnya ada pembengkakan yang timbul karena ada gesekan antar ujung tulang penyusun sendi.

Semua penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa konsumsi kerang hijau untuk sebagai terapi pendamping di samping obat-obat osteoarthritis bisa mengurangi rasa sakit dan memberikan peningkatan fungsi sendi. Kerang hijau juga secara siginfikan dapat mengurangi efek tidak nyaman di bagian perut yang muncul dari penggunaan obat antinyeri yang biasa diberikan ke pada pasien osteoarthritis.

3. Mengurangi Gejala Yang Ditimbulkan Rematik

Manfaat dari kerang hijau lainnya adalah bisa dapat mengurangi rasa sakit pada orang yang menderita rematik. Penyakit yang juga dikenal dengan rheumatoid arthritis ini terjadi karena adanya sebuah pembengkakan dibagian sendi yang jubisa menyebabkan sendi menjadi kaku.Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa kerang hijau bisa dapat untuk mengurangi kekakuan sendi pada orang yang memiliki penyakit rematik.

4. Menurunkan Resiko Peradangan

Selain ikan-ikanan yang terkenal dengan memiliki kandungan tinggi omega-3. Ternyata kerang hijau juga memiliki asam lemak esensial yang cukup banyak, seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), yang merupakan terbentuknya dari omega-3.

Dengan kamu mengonsumsi kerang hijau, maka kita bisa mempertahankan tingkat jaringan asam lemak omega-3 dalam tubuh yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa asupan omega-3 yang lebih tinggi dapat membantu menurunkan tingkat peradangan, termasuk pada pasien yang memiliki penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung Dan Otak

Selain mengandung asam lemak omega-3, kerang hijau juga memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi. Kedua zat tersebut juga dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian juga telah mengaitkan konsumsi asam lemak omega-3 dari kerang yang dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung.

Dengan nutrisi yang sama, yakni omega-3 dan vitamin B12, kerang juga sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan otak. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kekurangan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 berisiko bisa menyebabkan masalah dalam perkembangan otak. Dengan memenuhi kebutuhan kedua zat tersebut, kesehatan otak kita pun bisa terjaga.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat menangkal berbagai bakteri jahat yang membuat tubuh kamu mudah sakit. Kerang hijau mengandung sarat zinc yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Mineral ini juga diperlukan untuk mengembangkan sel-sel yang mendukung daya tahan tubuh, serta bertindak sebagai antioksidan yang bisa melindungi kerusakan sel tubuh bila terjadi peradangan.

7. Membantu Mencegah Terjadinya Anemia

Dalam kondisi anemia, seseorang yang mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat di dalam darahnya. Cara mengatasinya, kamu juga harus memastikan asupan nutrisi yang bisa dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Kerang hijau memiliki berbagai mikronutrien yang dapat mencegah terjadinya penyakit anemia, yaitu vitamin B12 dan juga zat besi. Zat besi ini sangat diperlukan juga untuk berbagai proses metabolisme dan untuk juga memainkan peran penting dalam transportasi oksigen didalam darah.

Jenis Jenis Kerang

Jenis Jenis Kerang

1.Kerang Dara

Pecinta kerang pasti tau dengan jenis kerang yang satu ini. Kerang dara bisa juga disebut dengan nama kerang darah, kerang dagu, atau juga bugur paling banyak ditemukan di berbagai daerah Asia. Jenis kerang ini juga bisa dimasak dengan cara dikukus, direbus, digoreng, atau juga dijadikan sate.

Kerang dara juga sangat mudah dikenali pada saat dibuka, adanya cairan merah seperti darah yang menjadikan ciri khasnya. Konon katanya di dalam cairan merah tersebut, adanya kandungan hemoglobin yang sangat bermanfaat untuk tubuh bagian dalam yang bisa menambah sel darah merah.

Tapi kamu harus ekstra hati-hati saat kamu memakan kerang dara dikarenakan jenis kerang ini termasuk dalam daftar 17 makanan yang paling berbahaya seperti yang ditulis di nytimes. Kerang ini bisa dianggap berbahaya dikarena mengandung sebuah virus dan bakteri, seperti hepatitis A, tifoid yang bisa menyebabkan tifus, dan disentri yang menyebabkan diare berdarah.

Namun kamu harus perlu tahu, kerang dara yang sangat berbahaya biasanya berasal dari perairan China, jadi sebelum mengonsumsi kerang tersebut, ada baiknya kamu  menanyakan terlebih dahulu dari perairan mana asal kerang tersebut.

2.Kerang Hijau

Siapa yang tdak doyan dengan kerang hijau? Jenis kerang yang satu ini kalau sudah dimasak dengan bumbu saus padang memang tidak ada obatnya aliasnya sangat enak banget. Maupun dimasak dengan saus tiram atau saus asam manis juga tidak kalah enaknya.

Tapi kamu harus berhati-hati juga dikarenakan, menurut Spesialis Gizi Klinis, dr Verawati Sudarma, SpGK, karena racun yang terkandung dalam kerang hijau itu lebih bahaya dari pada sianida. Ini berlaku juga untuk kerang hijau yang terdapat di daerah Teluk Jakarta.

Lantas apakah yang kita harus berhenti untuk mengonsumsi kerang ini? Tenang saja, menurut Spesialis Gizi beliau, kandungan dari racunnya sangat kecil dan efek dari keracunan kerang hijau hanya akan menimbul saat kita mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Jadi perlu kamu ingat, bahwa janganlah terlalu sering dan terlalu banyak bila makan kerang hijau.

3.Kerang Simping

Kerang simping biasanya juga dikenal dengan nama scallop atau juga kerang kampak. Bentuknya cantik seperti kipas yang dimerekah. Konon katanya kerang ini juga merupakan salah satu kerang yang jago berenang dan menyelamatkan diri pemangsa. Mungkin karena adanya sebuah mata yang mencapai 100 buah tersebar yang berada di cangkangnya. Jenis kerang ini sangat banyak digemari karena tinggi protein, rendah lemak dan kalori.

Sangat disayangkan, nama dari kerang simping sempat tercemar karena pada tahun 2014 sempat ada 4 orang yang meninggal dunia di sebabkan mengonsumsi kerang ini. Hal ini juga disebabkan karena asal kerang yang dikonsumsi diambil dari perairan yang pencemarannya tinggi. Karena kerang simping memiliki kemampuan untuk mengakumulasi pencemaran air dalam tubuhnya.

Jadi bisa kamu bayangkan racun dari logam berat yang terkandung di air secara otomatis diakumulasi pada tubuhnya, kemudian dimakan manusia. Untuk menghindarinya, janganlah lupa untuk selalu bertanya dari mana asal kerang simping atau scallop yang kamu makan .

4.Kerang Tiram

Pecinta makanan dari kerang pasti tak asing dengan kerang tiram atau oyster. Jenis kerang ini sangat enak disantap mentah-mentah dengan perasa lemon, lumuran dari mayonnaise dan cocolan saus sambal. Terbayang kan nikmatnya?

Kalau kamu hobi memakan kerang tiram dengan cara tersebut harus berhati-hati. Ada sebuah kasus orang meninggal setelah makan tiram mentah, salah satunya wanita yang berasal dari Texas. Para dokter menjelaskan bahwa kalau di dalam kerang tiram mentah terdapat bakteri vibrio vulnificus bila tertelan manusia bisa mengancam jiwa, terutama saat dimakan dalam kuantitas yang terlalu banyak.

5.Kerang Bulu

Ada yang sudah pernah mendengar tentang kerang bulu? Untuk mengenali kerang jenis ini tidak sulit. Warna dasar dari cangkang kerang bulu ini sebenarnya berwarna putih, namun tertutup dengan bulu berwarna hitam yang mendominasi di permukaan cangkang kerang.

Umumnya, kerang bulu sangat aman dikonsumsi, namun kamu harus perlu tahu asal kerang tersebut dari mana. Tercatat bahwa pada tahun 2016 lalu, kurang lebih ada 60 orang dari kabupaten Jeneponto, Makassar mengalami keracunan setelah mengongsumsi kerang bulu. Ternyata, perairan kerang tersebut mengandung sebuah bakteri dan bahan kimiawi yang bisa meracuni manusia.

6.Kerang Kijing

Kerang kijing merupakan kerang yang berasal dari perairan air tawar. Kerang ini juga banyak ditemukan mengendap di sungai. Sampai saat ini masih belum ada berita tentang yang mencatat adanya korban yang mengalami gangguan kesehatan setelah memakan kerang kijing.

Justru, jenis kerang ini dikenal dengan menjadi alternatif pengobatan tradisional China karena memiliki sebuah kandungan magnesium yang tinggi, omega 3, kalium, yodium, dan masih banyak lagi.

7.Kerang Bambu

Seperti dengan namanya, jenis kerang yang satu ini panjang dan lurus, mirip dengan sebilah bambu. Cukup sangat beda penampilannya dengan kerang jenis lain yang berbentuk lonjong atau oval. Buat penggemar kerang bambu, kamu bisa berbahagia karena sampai saat ini belum ada catatan yang sakit atau tewas akibat memakan kerang bambu.

Yang terpenting, selalu membatasi diri saat mengonsumsi kerang bambu dan hindari makan kerang bambu yang sudah memiliki berbau amis karena itu tandanya kondisi kerang tersebut sudah tidak segar lagi.

8.Kerang Kepah

Sekilas terlihat, jenis kerang kepah ini bentuknya seperti batu karena permukaan cangkangnya licin dan cantik. oleh karena itu, kerang ini biasa ditemukan di area Mangrove atau juga disungai besar karena mereka hidup didalam lumpur. Rasanya sangat enak saat dimasak dengan saus tiram, saus padang, atau juga saus sambal super pedas.

kamu Jangan takut buat kamu yang suka dengan kerang kepah karena belum ada yang menyebutkan bahaya kerang ini saat dimakan dalam jumlah yang sewajarnya.

9.Kerang Macan

Jenis kerang ini yang mungkin sudah kamu tunggu-tunggu, yaitu kerang macan. Bentuk kerang macanini seperti keong, dengan corak seperti macan diseluruh cangkangnya. Cita rasa yang tersimpan didalam cangkang kerang ini memang tak ada duanya, kenyal dan gurih. Biasanya jenis kerang macan dimasak dengan bumbu tauco, saus padang, atau saus asam manis. Kandungan dari kerang macan terlihat tidak berbahaya, asal kita tidak terlalu banyak

Apa sudah jelas bukan jenis kerang yang mana yang bahaya dan yang aman? Sebenarnya segala risiko negatif akibat makan kerang bisa dihindari dengan cara membatasi jumlah kerang yang ingin dimakan, selalu memilih kerang yang dimasak matang, dan selalu cari tahu asal dari kerang yang akan kalian santap.

Aneka Masakan Kerang

1. Cara Memasak Kerang Dara Pedas.

Bahan-Bahan:

  • 200 gram kerang dara rebus
  • 1 batang daun bawang, iris
  • Tomat 1 buah, iris
  • Garam 1 sdt
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 13 cabai rawit, iris
  • 150 ml air
  •  3 sdm saus tiram
  •  5 siung bawang putih, iris tipis
  •  7 siung bawang merah, iris tipis

Cara Memasak Kerang Dara Pedas:

  1. Panaskan sedikit minyak. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat. Tumis sampai harum.
  2. Masukkan kerang. Tambahkan air, gula, dan garam. Aduk rata.
  3. Tambahkan saus tiram dan daun bawang. Masak sampai bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

2. Oseng Kerang Dara.

Bahan-Bahan:

  • 2 kg kerang dara, sikat dan cuci bersih

Bumbu:

  • Bawang bombay 1 buah, iris tipis
  • Gula pasir 1 sdm
  • Margarin 1 buah
  • Saus cabai 1 sdm
  • 1 sdmSaus tiram
  • Kecap asin 1 sdt
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai keriting

Cara Memasak Oseng Kerang Dara:

  1. Rebus kerang dara hingga terbuka, tanda ia sudah matang. Tiriskan dan kupas sebagian.
  2. Tumis bawang bombay hingga agak layu. Haluskan bawang putih dan semua cabai, masukkan dan tumis hingga harum. Masukkan margarin, oseng hingga matang bumbu matang.
  3. Masukkan semua bumbu saus dan aduk rata. Masukkan kerang dara dengan sedikit air, masak hingga kuah berkurang dan bumbunya masuk ke kerang dara.

3. Cara Memasak Kerang Dara Saus Padang.

Bahan-Bahan:

  • Kerang dara 1 kg, cuci bersih
  • Bawang bombay 1 buah, cincang
  • 1 cm jahe, parut
  • 2 lembar daun jeruk
  • Daun salam 2 lembar
  • Saus sambal 2 sdm
  • 3 sdm saus tiram
  • 1/2 sdm saus tomat
  • Cincang 2 siung bawang putih,
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • Air secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya

Cara Memasak Kerang Dara Saus Padang:

  1. Rebus sebentar kerang dara hingga terbuka, tiriskan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan daun jeruk dan daun salam, tumis sebentar.
  3. Tuang semua bumbu dan aduk rata. Masukkan kerang dara dan tuang air secukupnya. Masak hingga mendidih dan bumbu mengental, kerang dara saus padang siap sajikan.

Demikian pembahasan mengenai tentang cara masak kerang hijau saus padang yang lezat.Kamu bisa membuatnya di rumah.Sehingga kamu bisa memasak kerang yang sangat enak dan sehat. Jadi cukup mudahkan cara masak kerang hijau saus padang yang kalian inginkan semoga bermanfaat. Kamu juga bisa mengolah kerang menggunakan panggangan sosis.