Resep Masakan Rendang Padang Yang Enak Dan Sehat

Masakan rendang berawal dari provinsi Sumatra Barat yang berada di kota padang. Masakan rendang padang juga sudah terkenal ke seluruh dunia dan menjadi makanan terenak. Berikut resep masakan rendang padang.

Masakan Padang

Masakan Padang alias Minang merupakan masakan tradisional asli Sumatra Barat yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan populer di seluruh dunia. Salah satu masakan Padang yang paling disukai yaitu rendang.

Daging sapi yang gurih ini pernah meraih prestasi masakan paling enak di dunia selama 4 tahub berturut-turut dari CNN Travel. Cara masak rendang memang memerlukan kesabaran yang ekstra untuk mendapatkan rasa yang enak.

Resep Masakan Rendang Padang

Bahan Utama:

  • 2kg Daging Rendang
  • 3 lbr Daun Salam
  • 5 lbr Daun Jeruk
  • 4 btg Sereh
  • 150 g Omela
  • 1800 ml Air
  •  Minyak Goreng 5 sdm

Bumbu:

  • 25 siung Bawang Merah
  • 20 siung Bawang Putih
  • Cabai Merah 20 buah
  • 10 buah Cabai Merah Oranye
  • Jahe 4cm
  • 3 cm Lengkuas
  • Kunyit 4cm
  • 10 buah Kemiri
  • 4 buah Asam Kandis
  • Cengkeh 4butir
  • 5 butir Kapulaga Hijau India
  • Garam, Lada dan Gula

Cara Membuat Resep Masakan Rendang Padang:

  1. Larutkan Omela dengan air
  2. Haluskan semua bumbu, kecuali asam kandis dan tumis denganminyak goreng hingga harum
  3. Masukkan larutan Omela dengan air bersama daging yang sudah dipotong-potong
  4. Lalu masukkan asam kandis dan bumbu-bumbu kering
  5. Masak dengan api kecil hingga 2,5 jam hingga warna berubah cokelat, mengeluarkan minyak dan kering
  6. Hidangkan

Rendang Juga Tergolong Menjadi 2 Jenis Yaitu:

1. Rendang Kering

Rendang kering merupakan rendang sejati dalam sebuah tradisi memasak Minang. Rendang kering ini dimasak dengan waktu cukup lama hingga berjam-jam lamanya sampai santan dan bumbu terserap dengan sempurna. Rendang kering juga biasanya disajikan pada untuk perhelatan istimewa, seperti upacara adat, kenduri, atau juga menyambut tamu kehormatan.

Rendang kering biasanya memiliki warna lebih gelap agak cokelat kehitaman. Bila jika dimasak dengan tepat, rendang kering ini akan bisa tahan lama disimpan dalam suhu ruangan selama tiga sampai empat minggu, bahkan dapat bertahan hingga lebih dari sebulan bila disimpan di kulkas, dan enam bulan bila dibekukan.

Beberapa kalangan berpendapat bahwa cita rasa rendang asli Minang adalah yang paling lezat dan tiada dua jauh berbeda dengan rendang yang berada dikawasan Melayu lainnya

2. Rendang Basah Atau Kalio

Rendang basah, atau juga lebih tepatnya disebut kalio, merupakan rendang yang dimasak dengan waktu yang lebih singkat, santannya belum begitu mengering sempurna, dan dengan suhu ruangan hanya dapat bertahan dalam waktu kurang lebih satu minggu. Rendang basah memiliki warna cokelat terang keemasan dan terlihat lebih pucat.

Rendang juga terkenal di negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Rendang yang ditemukan di negara Malaysia lebih mirip seperti kalio, memiliki warna lebih pucat dan basah dengan cita rasa yang tidak begitu kuat. Rendang Malaysia juga disebut dengan rendang kelantan dan rendang negeri sembilan memiliki perbedaan dengan rendang Indonesia.

Proses dari masakan rendang di Malaysia, lebih singkat dan melakukan pengentalan bumbu dengan dicampur kerisik (kelapa parut yang disangrai), dengan proses pemasakan menggunakan api kecil dalam waktu yang lama. Karena keterkaitan dari sejarah melalui kolonialisasi, rendang juga ditemukan di Belanda, dalam berbentuk kalio, tetapi umumnya disajikan sebagai salah satu bagian dari lauk-pauk

Daging Sapi

Daging sapi adalah merupakan daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya. Sebagai contoh has luar, daging iga dan T-Bone sangat umum digunakan di Eropa dan Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steik sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan. Akan tetapi, seperti di Indonesia dan berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti sup konro dan rendang.

Selain diolah menjadi rendang padang kamu bisa mengolah daging sapi menjadi sate madura, cara membuat sate daging sapi madura mudah saja.

Manfaat Daging Sapi

1. Kaya Protein Dan Zat Besi

Protein hewani yang terkandung dalam sebuah daging sapi yang bermanfaat memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga untuk meningkatkan fungsi otak. Sedangkan zat besi yang berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme tubuh, dan menjaga suhu badan tubuh agar tetap stabil.

2. Dapat Mencegah Stroke Dan Diabetes

Sel-sel syaraf dalam sebuah tubuh membutuhkan sangat banyak oksigen. Dengan mengonsumsi sebuah daging sapi secara rutin dan pengolahan yang tepat, kadar dari insulin bisa tercukupi, sehingga kita terhindar dari risiko diabetes.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Gizi dan nutrisi dalam daging sapi sangat baik semua orang, terutama yang aktif berkegiatan. Sebab, bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Daging sapi mengandung banyak protein. oleh sebab itu, memakan sebuah daging sangat disarankan untuk orang-orang yang lagi sedang diet, dikarenakan kalori bisa terbakar oleh protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menahan rasa lapar. Pilihlah sebuah daging sapi dengan lemak yang sangat sedikit atau non-lemak, agar diet lebih maksimal.

5. Mempercepat Peyembuhan Luka

Protein dalam sebuah daging sapi pun bisa mempercepat penyembuhan luka di tubuh. Salah satu penyebab luka infeksi yang paling umum adalah terhambatnya penyaluran oksigen ke seluruh jaringan yang rusak. Kekurangan mineral akan menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Mineral berperan penting dalam penyembuhan, dikarenakan berperan mendistribusikan oksigen lewat darah

6. Membantu Fungsi Jantung

Dengan porsi yang sangat tepat, daging sapi tanpa lemak akan sangat baik untuk kesehatan sebuah jantung. Memakan daging sapi dengan olahan yang sangat tepat, seperti direbus atau juga dipanggang, akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan mineral dan nutrisi dalam sebuah daging sapi bisa dapat membantu regenerasi kulit agar tidak kusam, menghilangkan noda hitam pada sebuah wajah, serta mencegah penuaan dini. Zat antikarsinogenik dalam sebuah daging sapi juga mampu mencegah pertumbuhan sebuah kanker, termasuk kanker kulit.

Ternyata, banyak ya manfaat daging sapi bagi kesehatan tubuh. Tapi ingat, jangan berlebihan juga mengonsumsinya, karena semua yang berlebihan berakhir tidak baik.

Cara Memilih Daging Sapi Di Pasar

Cara Memilih Daging Sapi Di Pasar

1. Perhatikan Warna Daging

Ketika kamu hendak membedakan apakah daging yang anda beli dalam keadaan baik atau busuk caranya yaitu dengan memperhatikan warna dari daging itu sendiri. Daging yang memiliki kualitas cukup baik biasanya memiliki warna merah yang masih sangat segar sekali serta tidak terlihat pucat atau kotor.

2. Cium Aroma Daging

Daging sapi yang masih dalam keadaan sangat segar biasanya akan mengeluarkan aroma daging yang segar, tidak tercium bau busuk atau bau amis. Ketika kamu akan membeli daging jangan tertipu dengan kata-kata pedagang daging itu sendiri. Meskipun pada saat itu kamu hanya tercium bau amis yang sedikit, akan lebih baiknya jika kamu mengurungkan niat anda untuk membelinya.

3. Lihat Tekstur Daging

Sebelum kamu ingin membeli daging, maka tidak akan ada salahnya apabila kamu melihat tekstur dari daging itu. Bila kamu mendapati tekstur daging yang kenyal serta posisinya ketika di tekan kembali lagi seperti semula, maka bisa dipastikan daging tersebut masih dalam keadaan segar atau baru. Sebaliknya, jika daging yang ditekan terasa lembek, maka kita harus menghindarinya karena dagingnya sudah tidak segar lagi.

4. Hindari Membeli Daging Dalam Keadaan Beku

Masih terlihat banyak orang yang biasanya salah kaprah ketika untuk membeli daging. Dimana biasanya mereka menganggap bahwa daging yang dalam keadaan beku ialah daging yang cukup segar dan baik. Namun daging yang dibekukan memanglah baik, namun yang perlu kamu ketahui juga bahwa kesegaran daging akan kurang.

Namun, bila kamu sudah tidak ada lagi pilihan dan kamu harus membeli daging dalam keadaan yang beku, maka anda bisa memilih daging yang tidak terdapat bunga es, dikarenakan daging yang seperti itu merupakan daging yang sudah cukup lama

5. Hindari Memilih Daging Berair

Ketika kamu ingin membeli daging, tentu saja kamu melihat daging dengan posisi yang tergantung. Ketika itu, kamu harus memastikan bahwa kamu tidak salah memilih daging yang berair, dikarenakan bisa saja daging tersebut adalah daging glonggongan. Namun, jika menetes pada daging adalah darah, maka tidak masalah jika kamu membelinya, karena itu merupakan sari dari daging sapi tersebut.

Aneka Masakan Yang Menggunakan Daging Sapi

1. Cara Memasak Beef Teriyaki.

beef tariyaki

Bahan:

  • 300 gr daging sapi, cuci, fillet tipis sisihkan.
  • 1 buah paprika hijau, iris-iris panjang.
  • Bawang bombai 1 siung, iris-iris.
  • 2 sdm mentega
  • air secukpnya
  • garam gula pasir

Bumbu Rendaman:

  • 4 sdm saus teriyaki
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus cabai
  • 1 sdm saus tomat
  • Kecap manis 3 sdm

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • Merica 1 sdt

Cara Memasak Beef Teriyaki:

  1. Rendam daging dengan bumbu rendaman kurang lebih 1 jam, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dengan mentega sampai wangi, masukkan daging tambahkan garam, gula pasir secukupnya tambahkan air. Masak sampai daging matang dan bumbu meresap. Menjelang diangkat masukkan bawang bombai dan paprika. Tes rasa dan hidangkan.

2. Cara Memasak Lapis Daging Sapi.

Bahan:

  • 500 gr daging sapi tanpa lemak
  • 4 butir telur rebus kupas
  •  Lengkuas 1 ruas, geprek
  • Serai 1 batang
  • 3 lembar daun jeruk
  • Kayu manis 1 cm
  • 5 sdm kecap manis (sesuai selera)
  • 1 sdt garam
  • Gula 1/2
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 17 butir cabai rawit
  • Jahe 2 cm
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • Ketumbar bubuk 1/2 sdt
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt jinten bubuk

Cara Memasak Lapis Daging Sapi:

  1.  Iris pipih daging dengan memotong serat.
  2. Campur bumbu halus dan daging menjadi satu.
  3. Panaskan minyak sedikit, tumis daging sampai berubah warna, tambahkan air.
  4. Masukkan bumbu lengkuas, batang serai, daun jeruk, kayu manis, telur dan kecap.
  5. Masak sampai daging empuk, agar daging lebih empuk dan bumbu meresap.
  6. Tunggu sampai air berkurang. Tambahkan gula dan garam.
  7. Koreksi rasa, matikan api. Siap disajikan.

3.Cara Memasak Daging Sapi Kecap.

Bahan:

  • 750 g daging sapi
  • Bawang merah 5 siung iris tipis
  • 3 siung bawang putih iris tipis
  • 10 buah cabai rawit utuh
  • Cabai merah besar 3 buah potong-potong
  • 5 buah cabai hijau besar potong-potong
  • Daun salam 3 lembar
  • Serai 1 batang
  • Lengkuas 1 jempol
  • 1 jempol jahe
  • air rebusan daging
  • kecap manis secukupnya
  • gula garam dan kaldu bubuk

Cara Memasak Daging Sapi Kecap:

  1.  Rebus daging, tiriskan. Lalu potong-potong, air rebusan jangan dibuang
  2. Tumis bawang merah putih, daun salam, lengkuas, jahe sampai harum
  3. Masukkan cabai, batang serai, dan daging sapi didihkan. Tambahkan garam dan gula lalu koreksi rasa.
  4. Biarkan bumbu meresap sekitar 5-10 menit
  5. Angkat dan hidangkan.

4.Cara Memasak Oseng Mercon Daging Sapi

Bahan:

  • 500 gr daging sapi tetelan
  • 3 daun salam
  • Daun jeruk lembar
  • 2 batang serai
  • 5 rawit utuh
  • jahe geprek
  • lengkuas geprek
  • kldu jamur merang
  • gula merah

Bumbu Halus:

  • 8 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • Cabai merah keriting 8 buah
  • 16 cabai rawit

Cara Memasak Oseng Mercon Daging Sapi:

  1.  Rebus atau presto daging sampai empuk dan air kaldu dagingnya jangan dibuang
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan salam, serai, daun jeruk, lengkuas dan jahe.
  3. Masukkan potongan daging dan sedikit air kaldunya lalu oseng sampai bumbu meresap.
  4. Lalu beri kaldu jamur, garam, gula merah, rawit utuh dan tutup wajan, kemudian masak sampai air meresap.
  5. Tunggu hingga matang dan siap disajikan.

5. Cara Memasak Sup Sengkel Bening

Bahan:

  • 500 gram daging bagian sengkel, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Bawang merah 3 butir, haluskan
  • air secukupnya
  • garam dan penyedap rasa
  • lada bubuk
  • 2 sdt bawang merah goreng
  • Daun bawang 3 lembar potong kecil

Cara Memasak:

  1. Tumis bawang merah dan putih sampai kuning dan bawang
  2. Masukkan air secukupnya, tunggu sampai mendidih, masukkan daging sengkel.
  3. Tambahkan garam, penyedap dan lada bubuk,masak sampai daging sengkel empuk. Tes rasa.
  4. Sajikan bersama taburan bawang goreng dan daun bawang di atasnya.

6. Daging Sapi Asam Manis.

Bahan:

  • Daging sapibagian sengkel 500 gr potong-potong
  • 500 ml santan kental dicampur dengan air 1 liter
  • Gula merah 3 keping
  • 10 ml air asam jawa
  • 1 sdt bumbu kaldu jamur
  • 2 batang serai
  • 5 lembar daun salam
  • 3 ruas jari lengkuas, geprek

Bumbu Halus:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar bubuk

Cara Memasak Sup Sengkel Bening:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar.
  2. Rebus santan sampai mendidih dan masukkan bumbu halus, daging, parutan gula merah, air asam jawa, kaldu jamur, dan aduk rata. Masukkan serai, daun salam, dan lengkuas.
  3. Masak terus dalam api kecil sambil diaduk perlahan, masak terus sampai cairan menyusut, koreksi rasa.
  4. Beri taburan bawang goreng, nikmati selagi hangat.

7. Cara Masak Bistik Daging Sapi.

Bahan:

  • Daging sapi 500 gr
  • 500 ml air (untuk rebus daging)
  • 4 sdm kecap manis
  • Saus tiram 1 sdm
  • 1 sdt kecap asin
  • 2 sdm saus tomat/sambal
  • 1/2 buash bawang bombai, potong halus

Bumbu Halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Memasak Bistik Daging Sapi:

  1.  Rebus daging masak agak empuk. Sisihkan air kaldunya, kemudian potong-potong daging sesuai selera.
  2. Tumis bawang bombai, kemudian masukkan bumbu halus. Masak hingga tanak.
  3. Masukkan potongan daging, aduk. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, saus tomat dan aduk rata.
  4. Masukkan air kaldu masak hingga air mengental dan daging empuk.
  5. Tes rasa dan hidangkan.

Demikian pembahasan mengenai tentang cara masak rendang padang yang enak.Kamu bisa membuatnya di rumah.Sehingga kamu bisa memasak rendang yang sangat sehat dan enak. Jadi cukup mudahkan cara masak rendang padang yang kalian inginkan semoga bermanfaat. Kamu juga bisa mengolah daging sapi menjadi sapi panggang yang di proses di panggangan sosis.