Resep Kue Basah Tradisional Nikmat dan Melegenda

resep kue basah tradisional

Pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang resep kue basah tradisional nikamat yang melegenda

Kue di Indonesia dapat diartikan dengan segala macam yang dapat disantap dan dimakan di samping makanan utama nasi, lauk-pauk dan buah-buahan.

Disamping itu kue Indonesia juga dapat diartikan sebagai penganan atau makanan kecil yang terdapat di Indonesia.

Makanan kecil ini dapat dikonsumsi sebagai makanan hidangan pesta atau selamatan, dapat pula sebagai sajian kepada tamu

Berikut macam macam resep kue basah tradisonal nikmat dan melegenda

Kue Basah

 Kue Basah

Kue basah umumnya empuk, bertekstur lembut, dan tidak dapat bertahan lama (hanya bertahan beberapa hari atau kurang).

Hal ini karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga lekas basi.

Kue basah biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Kebanyakan kue tradisional Nusantara adalah kue basah, dan umumnya dapat ditemui di pasar tradisional di Indonesia.

Resep Kue Basah Tradisional Kukus Klepon

Klepon merupakan sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Hampir seluruh daerah di Indonesia memilikinya.

Berbentuk bulat dengan warna hijau dan gula merah ditengahnya. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih serta bisa dibuat dari umbi-umbian.

Resep Kue Basah Tradisional Kukus Klepon

BAHAN-BAHAN :

  • 50 gram tepung beras
  • 250 gram tepung ketan
  • sejumput garam
  • air pandan (hasil blender beberapa helai daun pandan dan air), secukupnya
  • gula aren, disisir secukupnya
  • kelapa setengah tua secukupnya, kupas, parut, lalu kukus 20 menit

RESEP KUE BASAH tradisional KUKUS KLEPON KENYAL :

  1. Campur tepung beras, tepung ketan, garam dan air pandan sampai adonan bisa dibentuk. Jangan sampai terlalu lembek.
  2. Bentuk adonan jadi bulat-bulat, beri isian gula aren secukupnya.
  3. Rebus air hingga mendidih, masukkan bulatan klepon.
  4. Bila klepon sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan dengan parutan kelapa.

Resep Kue Basah Tradisional Kipo

Kipo adalah nama salah satu warisan kuliner terkenal dari daerah Kotagede yang memiliki runtutan cerita sejarah dan etimologi bahwa pada masa lalu orang sering menanyakan mengenai jenis makanan yang langka namun rasanya sangat enak ini.

Kalimat tanya yang terucap dari masyarakat masa lalu itu adalah kalimat berbahasa Jawa; “Iki opo?” yang memiliki arti “Ini apa?

Dari kalimat tanya “iki opo,” tersebut, kemudian berkembang menjadi akronim kipo.  Memang pada penulisan seharusnya nama kipo itu dituliskan dengan kata “kipa” bukan kipo.

Sebuah makanan jajanan yang memiliki bentuk agak pipih dan memanjang, dan berwarna hijau, sementara ukurannya sebesar ibu jari.

Panganan Langka

Kipo ini dulu sempat menjadi panganan langka,  namun sejak tahun 1986 kipo dipopulerkan kembali oleh Paijem Djito Suhardjo, yaitu seorang warga Kotagede yang saat itu mengikuti sebuah lomba makanan dengan bahan pokok berupa tepung ketan.

Dan dari masakan yang resepnya diwarisi dari orangtuanya yang bernama Mangun Irono,  pada perlombaan memasak itu Bu Djito mendapatkan perhatian dari khalayak ramai.

Bu Djito selanjutnya memberdayakan jenis kuliner kue kipo sampai tahun 1991 yaitu ketika beliau meninggal, kemudian usahanya tetap dilanjutkan oleh anak-anaknya dengan lokasi yang  berada di Jalan Mondorakan, Kotagede, Yogyakarta.

Proses Pembuatan Kue Kipo

Ukuran kipo yang tak terlalu besar ternyata justru mlah membuat banyak orang semakin ketagihan karena memiliki rasa yang lezat. Kelezatan rasa ini tidak bisa lepas dari bahan alami yang digunakan dalam pembuatan kue kipo.

Diantaranya adalah campuran antara kelapa parut dengan gula merah, dan dilapisi oleh kulit yang dibuat dari olahan tepung ketan.

Adonan tepung ketan dibentuk sebagai kulit luarnya, sedangkan di dalam kulit ketan terdapat isi yang disebut dengan enten-enten, enten-enten ini terbuat dari parutan kelapa muda  dicampur dengan gula Jawa.

Perpaduan ini diadoni dengan santan dan sedikit garam, kemudian dipanggang hingga menghasilkan rasa yang manis-manis gurih.

Oleh karenanya selain memang dari aroma bahan bakunya, kesedapan rasa kipo ini juga bergantung dari proses pemanggangan yang dilakukan di atas loyang ataupun cobek.

Kipo yang belum dipanggang umumnya diletakkan pada selembar daun pisang, dimana pada setiap satu lembar daun pisang biasanya diisi dengan susunan berjajar memanjang sebanyak 5 sampai 8 butir.

Susunan kipo mentah di atas daun itulah yang selanjutnya dipanggang di atas loyang berdurasi  2 hingga 3 menit.

Rasa dan Aroma Khas Kipo yang Alami

Aroma kue kipo dari perasan daun suji, kelapa, gula, dan daun pisang benar-benar menjadi aroma khas  yang alami. Rasa legit dan gurih yang berasal dari balutan adonan ketika dikunyah terasa kenyal, hal ini tentu saja memberikan efek yang sensasional dari jenis kuliner bernama kipo.

Kipo menjadi makanan unik yang direkomendasikan bagi Anda yang gemar dengan wisata kuliner Nusantara, karena harganya juga sangat terjangkau, yaitu Rp 1.500,- untuk satu kemasan yang berisi 5 kipo.

Hanya saja ada yang butuh diperhatikan, utamanya bagi Anda yang hendak menjadikannya sebagai oleh-oleh, disarankan agar segera dinikmati.

Pasalnya kipo termasuk jenis makanan alami tanpa bahan pengawet, sehingga tidak dapat bertahan lama, paling lama hanya 24 jam saja.

Resep Kue Basah Tradisional Kipo

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg tepung ketan.
  • 30 ml air sari dari daun pandan.
  • 150 ml santan kelapa yang telah dihangatkan.

Bahan isian :

  • 100 gram gula jawa (sisir halus).
  • 50 ml air matang.
  • 150 gram kelapa parut.
  • Garam halus secukupnya.

Resep Kue Basah Tradisional Kipo :

  1. Untuk membuat isi kue, mula-mula rebus air bersama gula jawa. Jika telah mendidih, masukkan kelapa parut serta garam halus secukupnya, kemudian Aduk hingga tercampur rata dan tiriskan.
  2. untuk membuat kulitnya, aduk tepung ketan bersama dengan air sari dari daun pandan, serta santan hangat yang dituangkan secara perlahan sambil diaduk hingga adonan dapat diuleni.
  3. Setelah itu, ambil kira-kira 1 sendok teh adonan kulit kemudian pipihkan. Lalu masukkan adonan isian gula jawwa dan kelapa tadi secukupnya kedalam adonan kulit.
  4. Tutup kembali adonan kulit yang sudah diberi bahan isian menjadi bentuk bulat atau sesuai selera anda. Lakukan hingga semua bahan habis.
  5. Selanjutnya, panggang adonan keu kipo hingga matang sambil ditekan-tekan bagian atas adonan tersebut.
  6. Terakhir, sajikan kue kipo diatas piring saji.

Resep Kue basah Tradisional  Putu Ayu

Kue putu ayu terbuat tepung terigu dan kelapa muda setengah tua yang diparut sebagai bahan utamanya, ditambah telur dan santan serta gula pasir.

Ada juga yang menambahkan vanili sebagai penguat aroma, pasta pandan sebagai pewarna dan kadang juga ada yang menggunakan pewarna alami seperti daun suji.

Kue putu ayu dimatangkan  dengan cara dikukus, dengan memakai pandan wangi pada air kukusannya.

BAHAN BAHAN

  • 200 gr tepung terigu
  • 200 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 200 gr kelapa parut
  • 200 ml air santan garam secukupnya
  • 1/2 sdt  (pengembang kue)
  • pasta pandan

 RESEP KUE BASAH Tradisional PUTU AYU

Toping Parutan Kelapa :
  1. Campurkan kelapa parut dan garam lalu kukus -+10 menit
  2. Olesi cetakan dengan minyak
  3. Isi cetakan kue putu  dengan kelapa parut yang sudah di kukus secukupnya lalu tekan2 padatkan
Adonan :
  1. Mixer dengan kecepatan tinggi telur, gula pasir dan pengembang kue sampai putih mengembang
  2. Masukan garam , tepung terigu dan air santan aduk sampai semua bahan  adonan tercampur rata
  3. Masukan pewarna makanan atau  pasta pandan, aduk kembali sampai tercampur rata
  4.  Siapkan cetakan kue putu  yang sudah di isi dengan kelapa parut tadi dan isi dengan adonan, jangan terlalu penuh cukup 3/4 cetakan nya ajah
  5. Kukus selama -+10 menit dan kukusan sudah di panaskan terlebih dahulu
  6. Sebelum di angkat tes tusuk kue putu terlebih dahulu, tusuk kue dengan lidi bersih kalo tidak lengket tandanya sudah matang
  7. Angkat dan keluarkan dari cetakan
  8. Kue putu ayu siap di sajikan

Resep Kue Basah Tradisional Apem

Kue Apem merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan juga santan. Bentuknya mirip seperti mangkok kecil dan tipis.

Selain di Indonesia, rupanya Apem juga populer di wilayah Asia Tenggara lainnya lho.

Perlu kamu ketahui bahwa seriap daerah memiliki ciri khas Apem nya masing-masing. Hal ini menjadi keunikan salah satu kue tradisonal yang ada diIndonesia ini.

BAHAN – BAHAN :

  • Tepung beras 250 gram
  • Tepung terigu 150 gram
  • Gula merah 250 gram disisir halus
  • Baking powder 2,5 sendok teh
  • Santan kental 300 ml sebaiknya gunakan santan asli bukan yang instan
  • Air kelapa 250 ml
  • Garam ½ sendok teh
  • Bumbu spekuk 1 sendok teh, dan
  • daun pandan 1 lembar
  • Siapkan juga kelapa parut sebagai hiasan.

CARA MEMBUAT RESEP KUE BASAH tradisional APEM :

  1. Panaskan air kelapa sampai mendidih, kemudian tambahkan garam, gula merah, dan daun pandan. Rebus hingga mendidih, angkat, lalu saring.
  2. Dinginkan campuran air kelapa dengan bahan-bahan yang lain, lalu tuangkan ke dalam tepung beras dan diaduk sampai merata.
  3. tuangkan santan, tepung terigu, bumbu, spekuk, dan baking powder ke dalam adonan. Aduk semua bahan sampai rata kemudian diamkan hingga agak mengembang.
  4. panaskan cetakan dan olesi dengan minyak goreng agar adonan tak lengket. Bila cetakan telah cukup panas tuangkan adonan sebanyak setengah dari tinggi cetakan
  5. Kukus adonan selama setengah jam.
  6. Bila adonan sudah matang sempurna segara angkat cetakan.
  7. Keluarkan kue apem dari cetakan, letakkan pada piring datar, dan hiasi bagian atasnya dengan taburan kelapa parut. Kue apem gula merah kukus Anda siap untuk dihidangkan

Resep Kue Basah Tradisional Kue Lumpur

Kue lumpur merupakan salah satu jajanan khas pasar berupa kue basah yang banyak digemari karena memiliki rasa yang begitu enak dan juga  lezat.

Jajanan kue lumpur ini terbuat dari bahan utama seperti kentang, tepung  terigu, telur yang kemudian dikombinasikan dengan bahan bahan yang lainnya untuk menghasilkan kue yang begitu istimewa.

Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga lumer, sehingga siapa saja yang menyantapnya akan merasa ketagihan. Aromanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda.

Dari banyaknya variasi kue lumpur, salah satu kue lumpur yang populer yaitu kue lumpur susu. Kue lumpur yang dikombinasikan dengan susu akan semakin spesial dan istimewa.

Kue lumpur sangat pas dijadikan sebagai cemilan untuk keluarga tercinta di rumah ataupun sebagai bekal buah hati ke sekolah.

Resep kue tradisional kue  lumpur susu cukup mudah dan sederhana, bahan bahannya praktis dan terjangkau.

BAHAN – BAHAN :

  • 3 buah kentang ukuran sedang.
  • 6 sdm gula pasir.
  • 10 sdm tepung terigu.
  • 1/4 sdt garam.
  • 1 sachet susu kental manis putih.
  • 3 sdm mentega.
  • 1 butir telur.
  • 50 ml air.
  • 1 sachet santan.

TABURAN :

  • Coklat secukupnya.
  • Keju secukupnya.
  • Meses secukupnya.

resepkue tradisional KUE LUMPUR :

  1. Potong kentang dan kukus hingga lembek. Setela itu hancurkan.
  2. Campur gula, mentega dan telur hingga mengembang.
  3. Masukan kentang, air, santan, skm, tepung terigu, dan garam ke adonan mentega.
  4. Kocok dengan mixer kecepatan rendah.
  5. Masukkan santan dan air, kocok dengan kecepatan rendah.
  6. Panaskan teflon kue lumpur, beri olesan mentega.
  7. Masak adonan dengan api kecil. Lalu tutup.
  8. Selanjutnya apabila sudah setengah matang, tambahkan taburan.
  9. Tunggu hingga pinggiran berubah warna dan bagian tengah matang.
  10. Terakhir sajikan.

Resep Kue Basah Tradisonal Kue Lapis

Kue lapis adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan rasanya yang khas. Kue lapis ini memiliki tekstur kenyal yang biasanya memiliki warna menarik dan berbeda yang disusun berlapis-lapis.

Makanan ini dibuat dengan campuran bahan, dengan bahan utama adalah tepung beras.

Kue berlapis tepung beras ini cocok untuk dihidangkan di berbagai acara atau untuk camilan di sore hari. Manisnya kue ini akan selalu siap untuk memanjakan lidah  keluarga Anda

Kue lapis merupakan makanan khas indonesia yang dibuat dari dua warna yang ditumpuk berlapis-lapis, sehingga sering disebut kue lapis.

Biasanya Kue lapis dibuat dengan tepungberas, tepung terigu,atau tepung kanji. Kue ini mudah ditemukan di hampir setiap daerah di Indonesia.

Rasanya kenyal, legit dan manis membuat kue ini tetap disukai oleh semua kalangan.

Bahan bahan :

  • 400 gram putih telur
  • 180 gram gula pasir
  • 1 sendok makan emulsifier
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 75 gram santan kental instan
  • 5 tetes pewarna merah muda
  • 3 tetes pewarna hijau muda
  • 1/2 sendok teh cokelat pasta

resep kue basah Tradisional kue lapis pelangi :

  1. Kocok putih telur, gula pasir, emulsifier, garam, dan vanili bubuk sampai mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan bergantian dengan santan.
  3. Bagi 4 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau muda, dan satu bagian tambahkan cokelat pasta.
  4. Tuang adonan putih dalam loyang 22x22x7cm yang dialas plastik dan dioles tipis minyak. Kukus 10 menit di atas api sedang.
  5. Tuang adonan merah muda. Kukus 10 menit di atas api sedang.
  6. Tuang adonan cokelat. Kukus 10 menit di atas api sedang.
  7. Terakhir tuang adonan hijau. Kukus 15 menit di atas api sedang sampai matang.

Resep Kue Basah Tradisional kue Cenil

Bahan-Bahan :

  • Siapkan 400 gram tepung kanji, larutkan dg 60 ml air
  • 215 ml air
  • 1 sdt garam
  • pewarna makanan
  • 2000 ml air untuk merebus
  • 8 – 10 lembar daun pandan, potong-potong
  • ½ butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
  • 1 sdt garam
  • 6 sdm gula pasir

Resep  Kue Basah Tradisional kue Cenil :

  1. Pertama-tama didihkan air dan garam di atas api yang sedang. Masukkan larutan tepung kanji sambil diaduk hingga adonan mengental, lalu diangkat.
  2. Aduk terus hingga adonan mengental dengan merata dan agak dingin, lalu campurkan sisa tepung kanji sedikit demi sedikit ke dalam adonan.
  3. Setelah itu uleni hingga merata, lalu bagi adonan menjadi 3 bagian dan masing2nya diberi warna yang berbeda.
  4. Setelah itu ambil 1 sdm adonan setiap warna lalu rekatkan menjadi satu bagian, lalu gulung bentuk panjang sebesar kelingking lalu potong-potong menjadi sebuah bagian.
  5. Kemudian masak air dan daun pandan hingga air mendidih.
  6. Kemudian kecilkan api lalu tutup dengan menggunakan panci, masak hingga aroma pandan meresap dan harum.
  7. Lalu buang daun pandan, masukkan adonan yang sudah dipotong-potong, masak hingga mengapung (kurang lebih 5 menit), angkat.
  8. Gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dicampurkan dengan garam, hidangkan dengan taburan gula pasir.

Itu tadi ulasan tentang resep kue basah tradisional nikmat dan melegenda semoga bermanfaat dan bagi anda yang ingin mangetahui resep kue lapis lembut, kenyal dan mudah dibuat silahkan di cek..

Sekian terimakasih 🙂