Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju Kreasi Anak Muda Jaman Now

Resep Kue Sagu Kelapa Keju

Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju –¬†Kue lembut ini masih termasuk dalam kategori kue-kue tradisional Indonesia. Biasanya kue putih yang satu ini terbuat dari tepung sagu, versi aslinya biasanya sering disebut sagu atau satu kue sagu mencuat. Dan ada juga satu kue sagu kelapa dan satu kue dari tepung ketan.

Padahal sekarang tren kue kering terus berinovasi dan menjadi kreatif, mulai dari mengubah berbagai bentuk dan berbagai rasa dengan mencampurkan bahan-bahan lainnya. Seperti teh hijau, redvelvet, talas, pandan, daun suji, keju, cokelat, kacang dan satu kue kacang hijau.

Pada artikel Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju ini Akan saya bagikan Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju yang dapat anda lakukan di Rumah sendiri. Penasaran bagaimana Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju ? Simak Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju berikut ini

Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju

Resep Kue Sagu Kelapa Keju

Bahan untuk Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju

  • 150 gram sagu.
  • 50 gram kelapa bakar.
  • 75 gram gula rafinasi.
  • 35 gram keju chedar.
  • 1 kuning telur.
  • 30 ml SKM.
  • 100 gram mentega.
  • Chocochip yang cukup untuk toping.

Langkah dan Cara untuk Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju

  1. Panggang tepung sampai matang sekitar 10 menit, sehingga tepung terasa lebih ringan.
  2. Gunakan api kecil sambil diaduk sehingga matang dan sisihkan.
  3. Kocok mentega dan gula dengan wisk sampai tercampur rata.
  4. Jika Anda menggunakan mixer selama sekitar 2 menit, jika dicampur, jika terlalu lama, dapat dicampur saat dipanggang dan terlalu renyah.
  5. Tambahkan SKM, lalu aduk sampai rata.
  6. Masukkan kuning telur dan aduk lagi.
  7. Tambahkan kelapa panggang dan keju, aduk sampai rata, lalu tambahkan tepung panggang dan uapnya sudah hilang, sedikit demi sedikit.
  8. Cetak sesuai selera di atas wajan yang dilapisi tipis dengan mentega, tambahkan toping secukupnya.
  9. Panggang dalam oven dengan api sedang selama sekitar 20-30 menit.
  10. Saat uap panas hilang, masukkan wadah / wadah tertutup.
  11. Kue sagu keju kelapa siap disajikan.

Sagu Kelapa

Resep kue sagu kelapa ini adalah makanan yang dibuat dengan bahan-bahan baru, yaitu sagu dan kelapa. Sagu sendiri diolah yang diperoleh dari pengolahan teras batang jerami atau “pohon sagu”.

Tepung sagu ini memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Sagu adalah makanan pokok bagi orang-orang di Maluku dan Papua yang tinggal di pantai. Sagu dimakan dalam bentuk papeda atau semacam bubur atau bahan lainnya.

Sebagai sumber karbohidrat, sagu unik karena diproduksi di daerah rawa (habitat alami jerami). Sementara pohon kelapa ini, siapa yang tidak mengenalinya ? Pohon kelapa ini adalah pohon kelapa serbaguna untuk masyarakat tropis.

Bagian dari pohon kelapa ini dapat digunakan untuk berbagai jenis. Dan itu sebabnya pohon kelpa disebut pohon serbaguna. Sagu kelapa ini bisa dijadikan bahan untuk membuat kue. Kue yang dimaksud adalah kue sagu kelapa.

Sebagai sumber karbohidrat, sagu unik karena diproduksi di daerah rawa (habitat alami jerami). Kondisi ini memiliki keunggulan ekologisnya sendiri, meskipun secara ekonomi tidak menguntungkan (distribusi yang menyulitkan).

Manfaat Sagu Untuk Kesehatan

Manfaat Sagu Untuk Kesehatan

Sagu dijual dalam bentuk piring persegi. Sagu adalah tepung atau olahan yang diperoleh dari pengolahan teras batang jerami atau “pohon sagu”. Tepung sagu memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka.

Dalam resepnya, tepung sagu yang relatif sulit didapat sering diganti dengan tepung tapioka sehingga namanya sering dipertukarkan, padahal kedua tepung itu berbeda. Sagu adalah makanan pokok bagi orang-orang di Maluku dan Papua yang tinggal di pantai.

Tepung Sagu dimakan dalam bentuk papeda, sejenis bubur, atau dalam sediaan lainnya. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah dan dipadatkan serta dikemas dengan daun pisang. Selain itu, sagu juga sekarang diolah menjadi mie.

Sebagai sumber karbohidrat, sagu unik karena diproduksi di daerah rawa (habitat alami jerami). Kondisi ini memiliki keunggulan ekologisnya sendiri, meskipun secara ekonomi tidak menguntungkan (distribusi yang menyulitkan).

Apa kalian tahu apa saja manfaat sagu? Simak berikut ini untuk lebih jelasnya

Nutrisi dalam Sagu

Kandungan nutrisi dalam jagung bisa menjadi alternatif sebagai makanan pokok:

  1. 94 gr karbohidrat
  2. Memiliki sekitar 355 kalori / 100 gr
  3. Protein 0,2 gr
  4. 0,5 gr serat
  5. Kalsium 10 mg
  6. 1,2 mg zat besi

Kandungan lemak, karoten, dan asam kasbornat tersedia tetapi dalam jumlah kecil tetapi jangan khawatir karena ini tidak mempengaruhi sagu jika dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih. Dan kemudian dimakan bersama beberapa jenis ikan berprotein tinggi.

Berikut Manfaat Sagu untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat Sagu untuk Kesehatan Tubuh

1. Pencegahan Pembekuan Darah

Gumpalan darah di pembuluh darah yang biasanya mengakibatkan aliran darah ke jantung tersumbat. Kondisi ini akan mempengaruhi kinerja organ lain.

2. Bagus untuk Gula Darah

Dapat menghambat laju peningkatan kadar glukosa dalam darah, karena serat dan mineral fosfor terkandung dalam sagu.

Mampu menekan dan mengikat gula di dalam tubuh sehingga tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh dan mampu menghambat penumpukan gula dalam darah sehingga tidak membentuk kristal yang dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

3. Mencegah Masuk Angin

Dapat menyembuhkan rasa sakit di perut dan mencegah perut kembung dan masuk angin. Masuk angin yang dimaksud disebabkan oleh kelelahan, perjalanan jauh, perubahan iklim atau karena kurang tidur.

4. Sebagai Prebiotik

Serat dalam sagu mampu bertindak sebagai prebiotik, kemampuan untuk melindungi kondisi mikro flora usus.

Maka usus akan selalu terlindungi dari serangan bakteri untuk membahayakan dan menstabilkan enzim pencernaan agar selalu sehat.

Serat dalam sagu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka, radang pencernaan dan infeksi kulit.

5. Pencegahan Kanker

Serat dalam sagu dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di usus, dan di paru-paru karena zat prebiotik dalam sagu dapat menyehatkan sel-sel di usus dan paru-paru dan meningkatkan sirkulasi darah dan pembuluh darah di sekitar area usus dan paru-paru.

Sagu prebiotik dapat menghambat dan bahkan menghancurkan pertumbuhan sel kanker dan mengikatnya sehingga tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

6. Sumber Kalsium

Manfaat kalsium dalam sagu dapat menjaga kekuatan dan kepadatan kalsium pada tulang, persendian dan gigi pada orang dewasa dan orang tua.

Selain kalsium, ada zat mineral sekitar 13 mg fosfor dalam sagu yang dapat mencegah osteoporosis atau kerapuhan tulang.

Sagu dapat mempercepat pembentukan, pertumbuhan dan memadatkan kalsium di tulang, sehingga anak-anak tumbuh cepat menjadi tinggi dan sehat.

7. Kaya Akan Fosfor

Dapat memperbaiki dan mempertahankan struktur tulang untuk menghindari sakit, serangan rasa sakit atau patah tulang yang disebabkan oleh cedera pada orang tua.

Mineral fosfor dalam sagu dapat mengontrol dan mengikat dan sebagai unsur aktif dalam struktur tulang dan gigi yang sehat seiring bertambahnya usia seseorang.

8. Diabetes Alternatif

Dapat digunakan sebagai alternatif seperti makan orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes. Selain beras merah yang bebas dari gula, makanan yang terbuat dari sagu dapat menjaga stabilitas kadar glukosa dalam darah.

9. Menurunkan berat badan

Sagu memiliki manfaat karbohidrat lebih tinggi daripada nasi putih, gandum, jagung dan gandum. Meskipun karbohidratnya tinggi tetapi memiliki gula yang sangat sedikit dibandingkan dengan nasi putih.

Mungkin sekian dahulu artikel Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Resep Kue Sagu Kelapa yang Lezat Rasa dan Mudah Cara Membuatnya yang tentunya uenak banget. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.