Resep Sambal Pecel Lele Pinggir Jalan Yang Bisa Dicoba Sendiri

Resep Sambal Pecel Lele

Resep Sambal Pecel Lele-.Pecel lele adalah makanan yang di jual di warung warung makanan.Pecel lele banyak banyak di jual  pinggir jalan dan di warung warung makan.

Nah berikut adalah macam macam resep sambal pecel yang wajib kamu coba untuk varian sambal  makanan pecel lele, dan yang pertama akan saya baha adalah

Sejarah Asal Usul Pecel Lele

1.Pecel

Resep Sambal Pecel Lele

Pecel merupakan  makanan khas yang berasal dari Jawa Timur yang di dalamnya berisi sayur sayuran , dibalur dengan sambel kacang di atasnya dan biasanya disajikan di atas daun pisang.

Menurut sejarawan sekaligus ahli gastronomi dari Universitas Gadjah Mada,, Pecel diartikan sebagai “Dipecel” yg artinya daun-daunan yang direbus kemudian dibuang airnya dengan diperas.

Prof Murdijati menceritakan,  pada waktu itu di Tanah Jawi diceritakan saat siang  hari Sunan Kalijaga bertemu dengan Ki Gede Pamanahan di pinggir sungai.

Ki Gede Pamanahan menyajikan  sepiring sayuran yang  disebut Pecel,  dan nasi serta lauk pauk yang lainnya.

Sunan Kalijaga kemudian bertanya apa nama makanan itu?

Lalu dijawab oleh Ki Gede Pamanahan, “Puniko ron ingkang dipun pecel,” yang berarti, “Ini adalah dedaunan yang direbus dan diperas airnya.”

Pecel biasanya dijadikan sarapan dan makan siang karena diyakini memberi energi dan gizi yang baik untuk menjalani aktivitas seharian penuh.Pecel biasa disajikan di atas nasi atau lontong yang dipotong-potong.

Biasanya sayuran dipecel berupa bayam, kangkung, ubi jalar, daun ketela, daun beluntas, daun pegagan, kecombrang, polong, kacang panjang, kecipir, kecambah.

Bahkan, masyarakat di desa Jawa biasanya mengambil tanaman sayuran  yang ada di pekarangan, pinggir sawah, bahkan kadang tumbuh liar di tepi jalan untuk dijadikan Pecel.

Biasanya sayur sayuran dipecel adalah bayam, kangkung, kacang panjang , timun,Daun Kenikir ,Labu Siam, Kol, Kuncup kembang/bunga turi daun ketela, kecambah.

Kadang pecel juga berisi lontong yang di potong menjadi kubus dan sangat cocok apabila dimakan dengan  aneka gorengan, seperti , tempe goreng bakwan,tahu goreng.

2.Pecel LeleResep Sambal Pecel Lele

Pecel Lele yang saat ini tersebar luas di indonesia sebetulnya berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Pada dasarnya Pecel Lele Lamongan yang saat ini banyak di jual di pinggir jalan .Mempunyai nama asal “Pecek” yang berarti makanan yang dipenyet atau digeprek kemudian diberi sambal.

di atas atau di samping lauk itu. Pecek memang bermacam-macam. Ada pecek lele, pecek ayam atau pecek terong.Biasanya lauk yang dijadikan pecak adalah ikan air tawar salah satunya pula lele yang digoreng.

Cerita asal usul pecel lele ketika Sunan Giri III pergi untuk berdakwah menggunakan perahu menyusuri sungai  Bengawan Solo ke desa-desa.

Sesampainya di Lamongan, Sunan Giri  bertemu dengan mbok Rondo yang sedang menjahit dan ia mengajaknya berbincang hingga larut malam. Sampai suatu ketika ia berpamitan dan ternyata kerisnya tertinggal di rumahnya mbok rondo

Sunan Giri III mengutus Ki Bayapati dengan menggunakan ilmu sirep untuk mengambil keris yang tertinggal di gubuk mbok Rondo secara sembunyi-sembunyi, tetapi mbok Rondo mengira Ki Bayapati maling dan meneriakinya.

Dan akhirnya Ki Bayapati masuk ke dalam kolam untuk menghindari warga yang mengamuk. Tetapi tiba-tiba kolam itu dipenuhi oleh ikan lele di permukaannya sehingga keberadaan Bayapati tidak diketahui.

Sejak saat itu warga Lamongan tidak boleh megomsumsi ikan lele. Tetapi seiiring berjalanya waktu warga Lamongan mulai memanfaatkan ikan lele untuk dijadikan makanan.

Nah dari sinilah makanan ikan lele mulai banyak olahanya contohnya pecel lele ini. Berikut adalah macam macam resep sambal pecel lele pinggir jalan untuk usaha

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Pecel Lele

Manfaat pecel lele

Selain makanan pecel lele ini enak dan sangat di gemari di Indonesia. Ternyata makanan pecel lele ini juga sangat banyak manfaat dan khasiatnya. Berikut manfaat makanan pecel lele dan khasiatnya.

 

1.Menambah Kesehatan Jantung

Pecel lele mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya, menambah kesehatan jantung. Kandungan senyawa di dalam makanan pecel lele ini bisa membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol di dalam tubuh.

Senyawa yang ada di dalam makanan pecel lele ini dapat menyerang senyawa jenis kolesterol buruk yang dapat menyebabkan resiko penyakit jantung.

2.Menambah Daya Ingat

Pecel lele mengandung omega 3 yang berperan penting di dalam perkembangan membran sel di sistem neurologis otak dan juga jalan sinyal. Secara medis senyawa tersebut bisa mengoptimalkan perkemabangan memori otak baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

3. Mengurangi Penyakit Stres

Kandungan senyawa yang ada di dalam pecel lele dapat membantu anda di dalam mengurangi masalah stress ringan. Kandungan tersebut dapat bekerja dengan mempengaruhi organ otak.

4.Mengatasi Sembelit

kandungan senyawa yang ada di dalam makanan  pecel lele dapat membantu anda di dalam proses pembuangan racun pada tubuh. Apabila terjadi sembelit, boleh mencoba mengatasinya dengan memakan pecel lele ini.

5.Mencegah Penyakit Kangker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, banyak peneliti mencari obat alternatif untuk mengobati kanker. Beberapa ahli menyebutkan bahwa kandungan yang ada di dalam makanan pecel lele dapat mencegah terjadinya penyakit  kanker.

6. Meningkatkan Energi

Membantu anda di dalam meningkatkan energi. Makanan ini memiliki kandungan protein yang sangat baik bagi tubuh. dengan kandungan protein yang ada di dalam makanan pecel lele akan membuat tubuh memiliki banyak energi yang bisa berperan untuk mendukung berbagai macam aktifitas sehari-hari

7.Menjaga Syaraf dan Otot

Maknanan Pecel lele mempunyai  senyawa fosfor yang dapat membantu fungsi saraf dan otot untuk bekerja secara optimal. Senyawa ini memiliki peranan besar di dalam menjaga kesehatan fungsi saraf dan otot di seluruh organ tubuh anda.

8.Menjaga Keseimbangan Hormon

Hormon yang berada di dalam tubuh manusia akan terjaga keseimbanganya dengan mengonsumsi pecel lele, hal ini disebabkan karena makanan ini memiliki kandungan fosfor.

Jika masuk di dalam tubuh manusia akan menjadi pengendali yang menjadikan hormon tetap seimbang.

9.Menurunkan Kolestrol Tinggi

Pecel lele di ketahui dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dalam hal ini senyawa yang ada di dalam makanan ini akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh manusia.

10.Antioksidan Yang Sangat Ampuh

Makanan Pecel lele juga dikenal sebagai antivirus dan bakteri, zat yang ada di dalam makanan ini dapat membantu anda untuk mencegah perkembangan jamur, bakteri, virus, ragi serta cacing di dalam tubuh.

Kandungan Gizi Pada Pecel Lele

Selain lezat makanan pecel lele juga mempunyai banyak kandungan gizi, berikut adalah kandungan gizi pada 1 porsi makanan pecel lele

  1. Kilojoule = 1222 kj
  2. Kalori= 292 kkal
  3. Lemak  = 17,22 g
  4. Kalium = 526 mg
  5. Sodium = 71 mg
  6. Serat = 1,6 g
  7. Gula = 9,67 g
  8. Karbohidrat = 11,9 g
  9. Protein = 23,06 g
  10. Kolesterol = 57 mg
  11. Lemak Jenuh = 3,242 g
  12. tak Jenuh Ganda = 4,417 g
  13. tak Jenuh Tunggal = 8,357 g

Ternyata banyak juga kandungan gizi  yang terdapat di dalam seporsi maknana pecel lele karena di buat dalam dengan lalapan  sayur sayuran yang masih segar.

Manfaat Sambal Bagi Kesehatan

Resep Sambal Pecel Lele

Sebuah studi yang dilakukan di China dan dipublikasikan di jurnal BMJ Inggris, menyartakan bahwa  orang yang sering  mengonsumsi makanan pedas 6-7 hari seminggu memiliki penurunan risiko kematian sekitar 14 persen.

Menurut studi yang dilakukan di cina ,dibandingkan cabai kering, saus cabai dan minyak cabai. cabai segar memiliki perlindungan paling baik.

Rasa pedas yang berada pada cabai muncul karena adanya zat capsaicin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Manfaat tersebut antara lain menurunkan nafsu makan, menghambat obesitas, hingga mengurangi risiko kanker.

kandungan senyawa yang berada didalam cabai juga dapat membunuh bakteri yang dapat  merugikan di dalam pencernanaan.

selain itu cabai juga dapat melonggarkan penyumbatan lendir yang berada  pada hidung dan tenggorokan, serta meningkatkan temperatur tubuh hingga seseorang berkeringat setelah mengonsumsinya.

cabai mengandung antioksidan vitamin C dan betakarotenbaik untuk tubuh. meskipun makanan pedas itu banyak manfaatnya tapi tidak diajurkan mengonsumsi makanan pedas berlebihan karena dapat mengakibatkan iritasi pada lambung dan usus.

Untuk mendapatkan manfaat dari makanan pedas sebaiknya membatasi mengonsumsi makanan pedas. agar tetap aman.

Cara Pembuatan Pecel Lele Goreng

Resep Sambal Pecel lele

 

bahan bahan yang di butuhkan

  • 1 atau 2 ekor Ikan Lele, cuci berih

Bumbu Lele Goreng

  • 2 siung Bawang Putih
  • 1 sdt Ketumbar
  • 2 sdt Garam
  • Secukupnya Kunyit

Bumbu Sambal

  • 2 buah Tomat
  • 3 buah Cabai Merah Cabai Rawit,sesuai selera 
  • 5 siung Bawang Merah
  • Terasi, Gula dan Garam secukupnya
  • jeruk nipis

Pelengkap

  • Tahu dan tempe goreng
  • Daun kemangi

cara pembuatan

  1. bersihkan ikan lele
  2. Uleg bumbu ikan lele sampai halus.Masukkan lele ke dalam bumbu. Pastikan seluruh bagian lele terlumuri bumbu.
  3. setelah bumbu meresap goreng ikan lele hingga matang
  4. Goreng bumbu sambal. Masukkan bawang merah dan tomat goreng hingga matang
  5. uleg Gula, Garam dan terasi. Masukkan bumbu yang sudah di goreng. Uleg kasar jangan terlalu lembut,
  6. masukkan perasan  jeruk. Sedikit peras lalu campur rata disambalnya
  7. siapkan piring, taruh ikan lele nasi dan sambalnya jangan lupa  pelengkapnya juga di masukan
  8. pecel lele sederhana siap di sajikan

Macam Macam Resep Sambal Pecel Lele

1.Resep Sambal Pecel Lele lamongan

Resep Sambel Pecel Lele

 

Bahan bahan resep sambal pecel lele lamongan

  • 15 buah cabe Rawit
  • 2 buah cabe keriting (sesuai selera)
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 tomat merah ukuran sedang
  • 5 buah kemiri
  • 1/2 sdt terasi bakar (dihaluskan)
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdm gula merah
  • Penyedap makanan

Pelengkap

    • Tahu dan tempe goreng
    • Daun kemangi
    • Mentimun

cara pembuatan resep sambal pecel lele lamongan

  1. Goreng bahan bahan sambal sampai dengan matang, kecuali terasi
  2. Ulek bahan yang sudah matang ,beri garam secukupnya, penyedap maknan & gula merah
  3. Boleh di tumis lagi hingga harum
  4. Sambal siap di sajingan dengan pecel lele dan jangan lupa di beri pelengkap saat penyajian agar lebih nikmat

2.Resep Sambal Pecel Lele Ala Pedagang Kaki Lima

Resep Sambel Pecel Lele

 

Bahan bahan resep sambal pecel lele ala pedagang kaki lima

  • 8 siung bawang merah
  • 1 ons cabe keriting
  • 2 buah tomat merah
  • cabai rawit sesui selera
  • cabai merah keriting
  • gula jawa secukupnya
  • terasi yg sudah di goreng
  • garam secukupnya
  • 1 buah jeruk limau

Pelengkap

    • Tahu dan tempe goreng
    • Daun kemangi
    • Mentimun

cara pembuatan resep sambal pecel lele ala pedagang kaki lima

  1. goreng semua bahan terlebih dahulu hingga baunya harum
  2. haluskan sambal dengan cara di ulek
  3. terakhir beri perasaan jeruk limau diatas sambalnya
  4. Dan jangan lupa di beri pelengkap saat penyajian agar lebih nikmat

3. Resep Sambal Pecel Lele Sambal Bawang

Resep Sambel Pecel Lele

bahan bahan resep sambal pecel lele sambal bawang

  • Cabai merah keriting secukupnya
  • Cabai rawit
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 3 sendok makan Minyak goreng atau / secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap rasa

Pelengkap

    • Tahu dan tempe goreng
    • Daun kemangi
    • Mentimun

cara pembuatan resep sambal pecel lele sambal bawang

  1. Goreng semua bahan bahan  cabai dan bawang hingga tercium bau harum
  2. setelah itu,uleg kasar bawang dan cabainya kemudian tambahkan garam gula dan penyedap rasa secukupnya
  3. Siram sisa minyak goreng yang  panas sedikit saja. kemudian aduk hingga aduk rata
  4. sambal bawang siap di sajikan dengan pecel lele dan jangan lupa di beri pelengkap saat penyajian agar lebih nikmat

5.Resep Sambal Pecel Lele Sambal Jeruk Limau 

Resep Sambel Pecel Lele

bahan bahan resep sambal pecel lele sambal jeruk limau

  • Jeruk limau
  • 2 siung bawang merah
  • Tomat merah
  • cabe kriting secukupnya
  • 13 cabe rawit
  • Terasi bakar
  • garam halus

Pelengkap

    • Tahu dan tempe goreng
    • Daun kemangi
    • Mentimun

Cara Pembuatan Resep Sambal Pecel lele Sambal Jeruk Limau

  • Goreng semua bumbu sampai baunya harum kecuali jeruk limau
  • Ulek bumbu hingga kasar jangan terlalu halus agar terasa bumbunya, tambahkan gula, garam, penyedap rasa sesuai selera

Masukan air perasan jeruk limau, aduk rata, sambal jadii.

6. Resep Sambal Pecel Lele Sambal Kacang

Resep Sambel Pecel Lele

Bahan Bahan Resep Sambal Pecel Lele Sambal jeruk limau

  • Lele
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • jeruk nipis (peras)
  • air
  • kacang tanah(goreng)
  • cabe merah sesuai  selera
  • cabe rawit
  • bawang putih
  • bawang merah
  • 1 batang sereh (ambil putihnya)
  • tomat
  • jahe

Pelengkap

  • Tahu dan tempe goreng
  • Daun kemangi
  • Mentimun

Cara Pembuatan Resep Sambal Pecel lele Sambal kacang

  1. Lumuri lele dengan garam,lada dan air perasan jeruk nipis. lalu goreng hingga kering
  2. Haluskan bumbu
  3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan hingga harum. Masukan daun jeruk,daun salam
  4. Masukan lele Masak sampai bumbu  meresap ke dalam ikan lele
  5. jadi sambalnya langsung di campur saat proses masak
  6. sajikan pecel lele sambal kacang dan jangan lupa di beri pelengkap saat penyajian agar lebih nikmat

Itu tadi resep sambal pecel lele yang dapat saya bagikan dan jangan lupa untuk membaca juga artikel tantang macam macam gorengan terlaris  

semoga bermanfaat Terimakasih